WASHILATUL AINI

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
AYO BERKREASI MENGGUNAKAN TEKNOLOGI

AYO BERKREASI MENGGUNAKAN TEKNOLOGI

AYO BERKREASI MENGGUNAKAN TEKNOLOGI

“Kring..kring..kring..” bunyi bel sepeda Nila.

“Ibu, Nila berangkat dulu ya”. Ujar Nila kepada ibunya.

“ Iya nak hati-hati ya”. Pesan Ibu kepada Nila.

Setiap hari dengan sepedanya, Nila berangkat sekolah dari rumahnya pukul 06.00 pagi. Jarak rumah yang cukup jauh membuat Nila berangkat lebih pagi dari teman-temannya yang lain. Nila paling tidak suka terlambat, dia lebih baik berada di sekolah lebih awal sambil membaca buku atau buka-buka laptop daripada terlambat datang. Pantas saja, Nila adalah siswa yang berprestasi di sekolahnya.

Nila adalah salah satu sahabatku. Kami siswa kelas 7 SMPN 1 Pamekasan. Di sekolah kami mengambil jurusan IT, jurusan yang menjadi alasan kami berdua mendaftarkan diri ke SMP 1 karena sekolah tersebut adalah sekolah yang terkenal dalam bidang IT nya.

Sejak berusia lima tahun, Nila sudah diperkenalkan dengan teknologi oleh ayahnya. Ayahnya adalah seorang dosen IT di salah satu universitas di Pamekasan. Ayahnya banyak mengajarkan Nila tentang membuat gambar animasi dari lap top, membuat kartun dan masih banyak yang lainnya. Aku sangat mengagumi Nila, karena memang di antara kami semua, Nila yang paling unggul dalam hal teknologi.

Nila berasal dari keluarga yang sederhana, walaupun begitu, untuk pendidikan apalagi teknologi, dia tidak pernah ketinggalan. Bahkan beberapa kali dia mendapatkan juara lomba membuat gambar animasi baik di tingkat kabupaten sampai tingkat nasional. Gak salah kan aku mengaguminya?

Di sekolah Nila menjadi siswa teladan, melalui prestasinya sebagai juara membuat gambar animasi, teman-teman termotivasi untuk mengikuti jejak Nila. Atas bimbingan guru-guru di sekolah, kami membentuk group kelas IT yang diberi nama “Selancar” ( Selasa Berselancar). Setiap hari Selasa, guru IT kami Pak Firdaus mengumpulkan teman-teman tak terkecuali Nila di ruang Laboratorium Komputer untuk membuat gambar animasi bersama-sama. Nila pun diberikan kesempatan untuk berbagi ilmunya kepada kami semua. Tak jarang juga, di luar jam sekolah kami sering berkelompok bersama. Kata guru kami, anak-anak yang mempunyai keahlian dalam bidang apapun harus bisa menyebarkan budaya positif. Dan itu benar-benar kami rasakan manfaatnya, kami semakin bersemangat untuk mengembangkan ilmu IT kami. Dari kelas IT ini alhamdulillah kami berhasil membuat media pembelajaran dengan model game yang unik dan menyenangkan.

Suatu ketika, saat itu sekolah harus di tutup karena peristiwa mewabahnya virus Covid-19. Dengan kecanggihan teknologi saat ini, kami para siswa tetap bisa bersekolah dan belajar seperti biasanya walaupun di lakukan secara online.. Semua kegiatan pembelajaran harus dilakukan secara online, sehingga kami tetap tidak ketinggalan pelajaran. Pemanfaatan teknologi saat itu sangat kami rasakan manfaatnya. Setiap harinya guru bersama siswa mengadakan zoom meeting sesuai dengan jadwal pelajaran yang sudah di susun oleh sekolah. Permainan interaktif juga tak jarang dilakukan. Kami para murid merasa sangat senang walaupun selama kurang lebih dua tahun, kami harus belajar di rumah sampai virus Covid-19 berakhir.

Perkembangan teknologi saat ini sangat beragam. Kita disuguhkan dengan teknologi yang semakin lama semakin canggih. Handphone salah satunya. Handphone saat ini tidak hanya bermanfaat sebagai alat komunikasi dua arah yang dapat mengirimkan pesan suara saja, tetapi melalui handphone kita bisa mengetahui perkembangan teknologi terkini, melakukan transaksi jual beli, belanja online, transfer antar bank, bahkan bermain game. Dengan handpone semua yang kita lakukan semakin mudah.

Tetapi jika kita tidak menggunakan handphone secara bijak, handphone akan banyak memberikan kita kerugian, di antaranya adalah peggunaan handphone yang terlalu lama akan merusak mata, membuat kita malas, dan parahnya membuat kita kecanduan. Kita tidak mau melakukan aktivitas lainnya tanpa handphone.

Oleh karena itu ayo kita manfaatkan perkembangan teknologi yang semakin canggih ini dengan sebaik-baiknya. Manfaatkan untuk berkreasi sesuai dengan bakat kita masing-masing. Salah satu contohnya seperti temanku Nila tadi, dia pandai memanfaatkan teknologi dengan membuat gambar animasi, bahkan bisa mengajak teman-temannya yang lain untuk berprestasi seperti dia. Wow, luar biasa.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post