Wahid Zein Abubakar

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Mari Bijak Menggunakan Teknologi

Mari Bijak Menggunakan Teknologi

Penulis : Wahid Zein Abubakar

Saat ini teknologi sudah mengalami beberapa generasi, dari nenek moyang kita dari zaman batu yang berkomunikasi menggunakan bahasa isyarat, dengan alat yang sangat sederhana, yg bisa menimbulkan suara sebagai isyarat. Seperti kentongan contohnya. Terkadang juga menggunakan asap. Jadi sama sekali belum mengenal apa yang dimaksud teknologi. Seiring bertambahnya waktu, alat komunikasi jarak jauh telah ditemukan. Untuk komunikasi jarak dekat, menggunakan bahasa untuk berkomunkasi. Sedangkan untuk komunikasi jarak yang jauh, biasanya mereka menggunakan surat. Untuk mengirimnya menggunakan jasa burung, seperti merpati. Sampai dengan adanya kantor pos untuk mengirim surat. Setelah itu, Michael Faraday menemukan listrik. Setelah ditemukannya listrik, para ilmuwan memanfaatkan listrik tersebut dan menemukan sebuah teknologi seperti, lampu yang ditemukan oleh Thomas Alfa Edison, Alessandro Volta penemu baterai, hingga ditemukannya handphone oleh Eric Tigerstedt dan dikembangkan oleh Martin Cooper.

Dengan semakin bertambahnya zaman, teknologi juga ikut berkembang, sehingga dapat meringankan pekerjaan manusia. Contohnya, handphone, kulkas, mobil, dan lainnya. Semua teknologi tersebut masih sangat sederhana. Dengan kecerdasan penemu alat itu, serta dikembangkan, teknologi yang awalnya sederhana menjadi canggih dan lebih praktis.

Saat ini, teknologi semakin canggih. Banyak alat – alat yang semula mustahil ada, kemudian terwujud saat ini. Seperti robot contohnya. Ketika itu, orang tua kita hanya melihat robot didalam film. Dalam dunia khayal dan seperti mustahil ada. Terciptalah robot. Dan saat ini banyak diaplikasikan dalam banyak hal. Robot –robot itu dapat membantu pekerjaan manusia. Banyak bidang telah menggunakan teknologi robotik. Medis, pertanian, otomotiv hingga dunia militer. Robot – robot tersebut bahkan bisa mengerjakan pekerjaan yang mustahil dikerjakan manusia. Bisa jadi, robot akan bisa mengganti tenaga manusia atau minimal meringankan pekerjaan manusia tersebut.

Lalu apa yang disebut dengan teknologi? Teknologi merupakan sarana untuk mempermudah memenuhi segala kebutuhan yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Teknologi memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari – hari. Karena pada dasarnya, manusia ingin segala sesuatu itu bisa dikerjakan dengan mudah. Karena itu terciptalah teknologi. Banyak hal positif yang bisa kita peroleh dengan memanfaatkan teknologi.

Namun, banyak dampak negatif dari teknologi jika tidak bijak menggunakannya. Seperti dua sisi mata uang, teknologi memiliki dua sisi yang berbeda. Hal baik dan kebalikannya. Dampak buruk turut mengiringi kemajuannya apabila kita tidak bijak menggunakannya.. Tidak hanya sedikit, melainkan juga hampir sama banyaknya dengan manfaatnya. Berikut pengaruh yang kurang baik dari teknologi atau gadget :

Menurunkan prestasi di sekolah.

Kecanduan bermain gadget seperti game dan medsos.

Menurunkan kinerja otak.

Merusak mata.

Dan masih banyak lainnya.

Itulah beberapa dampak kurang baik dari gawai apabila digunakan dengan tidak bijak. Kecanduan handphone itu sangat berbahaya bagi pelajar. Karena, saat belajar di sekolah, pikiran akan terganggu dan akibatnya tidak fokus. Selain itu, prestasi akan menurun jika terlalu banyak menggunakan handphone dengan tidak bijak. Saat kita bermain handphone seperti game atau media sosial tanpa kita sadari mata kita akan fokus melihat handphone tesebut, saking fokusnya, mata sampai tidak berkedip dan itu dapat merusak mata.

Anak muda jaman sekarang sudah canggih terhadap teknologi tetapi tidak bijak menggunakannya. Bahkan, anak kecil sudah pro kalau soal game, kalau ditanya “apa rank ML mu?” dengan mudah dia menjawab,“ rank ku sudah Mytical Glory”. Kemudian, jika ditanya, “kamu di sekolah peringkat berapa wahai anak kecil?” Daia akan menjawab, “peringkat 1”. Dari sini kita belajar bahwa prestasi dapat turun disebabkan karena bermain game yang terlalu berlebihan dan tidak dapat mengatur waktu dan berakibatkan turunnya prestasi. Bermain game boleh tetapi dapat mengatur waktu dan lebih mengutamakan belajar yang dapat meningkatkan prestasi.

Bahaya handphone salah satunya adalah radiasi. Paparan radiasi dari telepon selular dapat menyebabkan kerusakan pada sel otak karena gelombang elektromaknetik mudah menembus ke otak, dengan rusaknya sel sel otak akan meningkatkan resiko terjangkitnya berbagai jenis penyakit seperti seperti tumor otak, alzheimer, autism, dan masalah pada perilaku.

Efek pada radiasi telepon selular pada anak adalah menggangu kinerja otak. Radiasi gelombang radio dari hp memiliki dampak pada terbentuknya kelainan jaringan dan metabolisme sel sel saraf di otak. Selain itu, memungkinkan anak mengalami kesulitan mempelajari hal hal baru atau fokus dengan benar.

Selain efek radiasi dari telepon selular yang berbahaya, penggunaan handphone yang berlebihan dapat berefek pada kesehatan, antara lain, sakit kepala, kelelahan, sulit tidur, masalah pendengaran, dan masih banyak lagi. Untuk itu, kita harus membatasi penggunaan gawai seperti handphone dan tab. Berikut ini tips agar terhindar dari kecanduan gadget:

Batasi penggunaan gadget

Tetapkan wilayah bebas gadget

Melakukan aktivitas di luar rumah

Ganti gadget dengan buku

Perbanyak bersoliasisasi

Belajar menyeimbangkan waktu

Itulah tips – tips agar terhindar dari kecanduan gawai. Dianjurkan dalam penggunaan gawai cukup 1 ( satu ) sampai 2 (dua) jam perhari. Untuk pelajar, lebihkan waktu belajarmu dan kurangi gawai mu. Jika kamu dapat mengendalikan waktu dalam penggunaan gawai mu dan rajin belajar, maka kamu adalah orang yang beruntung. Jika kamu rajin belajar, dapat menyeimbangkan waktu belajar dan bermain, patuh terhadap guru, dan orang tua, maka InsyaaAllah peringkat yang sangat memuaskan didalam kelas akan menunggumu.

Begitulah kurang lebihnya, sejarah terciptanya teknologi dalam kehidupan manusia. Dari zaman batu sampai dengan sekarang. Zaman yang serba canggih dan praktis. Namun, sering disalahgunakan oleh manusia contoh, penggunaan gadget yang berlebih sampai digunakan menjadi kriminalitas seperti, penipuan, ancaman penculikan, sampai munculnya Hacker yang dapat merugikan masyarakat. Ayo, teman – teman semua, lebih bijak dalam menggunakan gawai kita. Selalu ingat nasihat orang tua kita. Segala sesuatu yang berlebihan tidak baik.

Biodata Penulis

Wahid Zein Abubakar, kelas 7F MTsN 1 Jember. Lahir di Jember pada tanggal 19 november 2009. Alamat email saya : [email protected]. Untuk nomor WhatsApp aktif saya adalah 081336193467.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post