vina kusdiyanti

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
PENDIDIKAN, DIMANA SAJA DAN KAPAN SAJA

PENDIDIKAN, DIMANA SAJA DAN KAPAN SAJA

PENDIDIKAN, DIMANA SAJA DAN KAPAN SAJA

Karya : Vina Kusdiyanti

Pendidikan merupakan upaya bangsa untuk menanggulangi kebodohan dan kemiskinan yang terjadi di Indonesia, dan itu sebabnya pendidikan sangatlah penting bagi bangsa kita. Setelah proklamasi kemerdekaan di umumkan, sudah menjadi kewajiban kita sebagai pemuda bangsa untuk mengisi kemerdekaan dengan hal-hal positif. Sehingga kita bisa menjadi kunci utama untuk perubahan masyarakat di Indonesia yang lebih baik. Hal paling utama yang harus kita lakukan yaitu dengan memberikan pendidikan kepada diri kita sendiri. Karena saat kita terdidik maka, kita akan sadar betapa pentingnya meneruskan perjuangan bangsa demi banyak orang. Seperti yang kita ketahui bahwasanya dengan seseorang mengenyam bangku sekolah maka, orang tersebut telah mengetahui berbagai hal yang ada di dunia ini.

Namun belajar bisa dimana saja dan kapan saja. Oleh karena itu, kita seharusnya bisa menyadari bahwa kita memiliki banyak peluang untuk mendapatkan pendidikan mulai dari ayunan sampai ke liang lahat. Belajar itu tidak hanya di lembaga formal saja tetapi juga non formal. Belajar tidak hanya disekolah tetapi juga di lingkungan kita sendiri juga bisa belajar. Banyak media pendidikan yang ada di lingkungan sekitar kita, salah satunya dan yang paling populer adalah buku. Buku bisa dibaca dimana saja dan kapan saja. Dan saat ini juga ada media belajar yang lebih praktis yang bisa kita akses melalui internet. Banyak informasi dan ilmu pengetahuan yang ada di jejaring sosial. Saat kita menemukan dampak negatif dari jejaring sosial, kita juga bisa belajar untuk mengolahnya menjadi dampak positif.

Pendidikan pertama yang kita dapatkan juga termasuk pendidikan yang ada di lingkungan kita yaitu, pendidikan dari anggota keluarga. Kita mendapatkan pendidikan itu dari kedua orang tua kita yang berharapan, saat kita sudah menginjak masa-masa remaja hingga dewasa kita bisa memberikan ilmu yang kita dapatkan kepada banyak orang. Seperti yang dikatakan Nelson Mandela bahwa Pendidikan adalah senjata yang paling ampuh, yang bisa anda gunakan untuk mengubah dunia.

Belajar itu tergantung waktu dan tempat. Belajar itu dimana dan kapan saja. Jangan pernah terpaku pada satu tempat, karena kita masih harus menjelajahi semua tempat. Ingatlah betapa malang orang yang sudah bersekolah tinggi, tetapi tak mau belajar lagi karena merasa ilmunya sudah tinggi. Sebaliknya, sangat beruntunglah orang yang bersekolah rendah namun selalu kehausan akan ilmu pengetahuan. Jangan sia-siakan perjuangan tokoh pendiri pendidikan nasional, dengan hanya bermalas-malasan. Karena bangsa Indonesia membutuhkan anak muda yang berkualitas bukan anak muda yang sok tau. Selaras dengan filosofi Ki Hanjar Dewantara yang dikenal sebagai bapak pendidikan nasional dimana beliau mengatakan, “Jadikan setiap tempat sebagai sekolah dan jadikan setiap orang sebagai guru.”

Namaku Vina Kusdiyanti. Aku dilahirkan di ciamis pada hari sabtu, 11 maret pada tahun 2006. Aku bersekolah di SMAN 2 Banjar. Dan sekarang aku duduk di bangku kelas 11 Bahasa. Rumahku berada di dusun Cikawung, desa Cintaratu, kecamatan Lakbok, kabupaten Ciamis, provinsi Jawa Barat. Kritik dan saran bisa melalui email [email protected] atau di nomor wa ku 083116723345.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post