Vina Dzakiyyatun Nisa'

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Kunjung Perpustakaan Sekolah, Menambah Literasiku

Kunjung Perpustakaan Sekolah, Menambah Literasiku

Kunjung Perpustakaan Sekolah, Menambah Literasiku

Oleh: Vina Dzakiyyatun Nisa’

MTs. Negeri 9 Jember, Jawa Timur

Memulai merupakan sesuatu yang sulit untuk dilakukan, daripada melanjutkan. Begitulah, hal yang selama ini saya rasakan. Suatu kegiatan yang tidak dirutinitaskan akan berdampak pada kemalasan. Seperti halnya membaca. Apabila tidak dibiasakan dan dipaksakan, maka sulit untuk tumbuh rasa cinta membaca.

Menurut KBBI V, perpustakaan merupakaan koleksi buku, majalah, dan bahan kepustakaan lain yang disimpan untuk dibaca, dipelajari, dan dibicarakan. Ketersediaan buku sebagai bahan bacaan guna memfasilitasi masyarakat yang ingin selalu mengupdate pengetahuan, sebagai referensi, dan menambah wawasan.

Selama Pandemik, semua dilakukan secara daring. Namun, tidak memupuskan semangat untuk tetap belajar. Perkembangan teknologi saat ini, memudahkan kita menemukan informasi yang dibutuhkan. Namun, dalam penggunaan teknologi tersebut, memiliki dampak positif dan negatif. Tergantung pada individunya, apakah dia bijak dalam menggunakannya. Namun, yang paling tampak dampaknya selama Pandemik adalah tidak adanya kegiatan kunjung perpustakaan di sekolah. Hal tersebut dikarenakan pembelajaran dilakukan dari rumah melalui daring (online). Nah, disitulah teknologi berperan. Kita dapat membaca melalui perpustakaan online. Ketik apa yang ingin dibaca di kolom google, kemudian klik search. Maka, banyak tampilan serupa yang dimaksud. Kita tinggal pilih dengan mengklik pada judul yang ingin kita baca.

Dengan mudahnya layanan yang disediakan oleh teknologi informasi, terkadang semua dianggap sepele. Cukup dengan copy paste, segala tugas yang diberikan cepat selesai dikerjakannya. Hal tersebut mengakibatkan minimnya cinta membaca. Sehingga, pengetahuan yang didapat pun terbatas. Disitulah literasi digital mendominasi literasi baca.

Dokumentasi Pribadi: Perpustakaan MTs Negeri 9 Jember

Dokumentasi Pribadi: Perpustakaan MTs Negeri 9 Jember

Semenjak Jember, Jawa Timur, berada di level 2, saya menyempatkan untuk berkunjung di perpustakan sekolah. Hal ini dilakukan karena beberapa hal. Pertama, memeringati hari kunjung perpustakaan yang diperingati setiap tanggal 14 September. Saya menyempatkan diri untuk kujung perpustakaan di MTs Negeri 9 Jember dan MAN 3 Jember. Dengan berkunjung di perpustakaan yang berbeda, pengetahuan saya pun bertambah. Perbedaan tersebut diantara; desain dan penataan ruang, layanan pada pengunjung, ketersediaan bahan bacaan, dan tata tertib bagi pengunjung atau peminjam. Kedua, menambah wawasan dengan membaca beberapa buku yang tersedia di perpustakaan. Ketiga, mengobati rasa rindu yang mendalam pada sekolah. Keempat, menikmati suasana dan tempat membaca yang berbeda dengan di rumah, serta dapat bersua dengan Bapak dan Ibu guru di sekolah. Kunjungan ke perpustakaan sekolah tersebut, tentunya menggunakan protokol kesehatan, tidak dalam keadaan sakit, dan telah vaksin.

Dokumentasi Pribadi: Perpustakaan MAN 3 Jember

Saat berkunjung ke perpustakaan sekolah, mendapat dukungan penuh dari Bapak-Ibu Guru dan khususnya Bapak Kepala Madrasah, Bapak Drs. Mohammad Iskak, M.Pd.I. Pesan beliau, dengan membaca akan terbuka cakrawala pengetahuan, dengan membaca wawasan pun bertambah, dengan membaca ilmu akan melekat pada ingatan kita, sehingga kita dapat mengeksplorasi dan mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Dokumentasi Pribadi: Bersama Kepala MTs N 9 Jember, (kanan) dan Kepala Perpustakaan MTs N 9 Jember (kiri)

PROFIL PENULIS

VINA DZAKIYYATUN NISA’, adalah anak perempuan yang lahir di Kabupaten Jember pada tanggal 14 April 2008. Dia adalah anak bungsu dari dua bersaudara. Dia putri dari ayah Masudi dan Ibu Ummi Royhana.

Kini, dia duduk di bangku kelas VII pada MTs. Negeri 09 Jember. Dia meraih prestasi juara 1 lomba catur tingkat kecamatan Balung tahun 2019. Juara 2 tingkat kabupaten Jember tahun 2019. Beberapa antologi bersama pemenang lomba menulis, Anak Indonesia Cinta Buku, Yuk Membuka Dunia dengan Buku, Aku Cinta Lingkunganku, dan Bapak-Ibu Guru, Kami Rindu Bersua.

Dia dapat dihubungi melalui WA 085334597651/085336180394. E-mail [email protected]. FB Vina Dzakiyyatun Nisa’.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post