Vina Dzakiyyatun Nisa'

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Aku dan Lingkunganku dengan Cinta

Aku dan Lingkunganku dengan Cinta

Aku dan Lingkunganku dengan Cinta

(Microgreens, Vertikultur, Hidroponik, Tabulampot, Aeroponik)

Oleh: Vina Dzakiyyatun Nisa’

MTs. Negeri 9 Jember, Jawa Timur

Pandemik telah membawaku pada dunia baru. Sehingga aku memiliki kebiasaan baru. Kebiasaan itu kulakukan secara rutin pagi dan sore hari. Hal itu kulakukan untuk mengurangi kejenuhanku selama sekolah dari rumah. Kebiasaan itu terinspirasi dari ibuku yang cinta akan tanaman yang sedang booming saat ini. Seringnya melihat indahnya tanaman bunga yang dirawat oleh ibu, membuatku menjadi nyaman dan tenang. Apalagi usai disiram.

Lingkungan perlu dirawat dan dijaga. Kita juga harus bijak terhadap lingkungan. Karena lingkungan merupakan tempat tinggal kita yang dapat memberikan kehidupan bagi kita. Bila lingkungan rusak, maka makhluk hidup yang ada di muka bumi juga rusak. Banyak kita jumpai banjir bandang dan longsor. Selain terjadi karena ketentuan Tuhan, kejadian tersebut terjadi karena ulah dari manusianya. Seperti halnya; membuang sampah di sembarang tempat, menebang kayu secara berlebihan, serta penggundulan hutan.

Nah, bagaimana caranya agar lingkungan kita terhindar dari bencana tersebut? Tentunya sedini mungkin kita mencegahnya, dengan cara; membuang sampah pada tempat sampah, menanam pohon berbatang besar di sekitar rumah, dan masih banyak yang lainnya.

Seperti halnya yang aku lakukan selama pandemik. Menciptakan lingkungan agar tetap bersih dan indah, dengan menanam bunga dan sayur di sekitar rumah. Memanfaatkan lahan sempit menjadi bermanfaat. Menyiram dan memupuknya dengan teratur. Sehingga menghasilkan tanaman bunga menjadi indah, dan tanaman sayur menjadi subur. Kapanpun kita memerlukan sayur, telah tersedia di sekitar rumah kita. Apabila lahan di sekitar rumah kita sempit, kita dapat menanamnya di polibek, pot, atau barang bekas yang dapat kita manfaatkan untuk bertanam. Dengan banyaknya tanaman di sekitar rumah, akan menyeimbangkan udara agar terhindar dari polusi.

Beberapa cara bertanam di sekitar rumah agar lingkungan menjadi sejuk dan sehat, dapat dilakukan dengan cinta (Microgreens, Vertikultur, Hidroponik, Tabulampot, Aeroponik).

Microgreens

Microgreens merupakan cocok tanam di dalam rumah. Harus dipastikan, tempatnya harus cerah untuk meletakkan tanaman ini. Umumnya microgreens ini berupa tanaman sayuran mini seperti; lobk, sawi, brokoli, selada, dll. Medianya menggunakan wadah yang dangkal untuk menanamnya.

Vertikultur

Metode tanam ini berguna untuk budidaya tanaman yang umurnya tidak panjang. Seperti; sawi, kangkung, seledri, pakcoi, dll. Model menanamnya; dapat digantung, tempel, atau bersusun di rak. Medianya dapat menggunakan bahan bekas, tidak harus beli.

Hidroponik

Hidroponik merupakan menanam tanaman tanpa menggunakan media tanah. Seperti; botol plastik, pipa paralon, net pot, rockwool, bak plastik, sterofom, dan lain-lain.

Tabulampot

Tambulampot merupakan tanaman buah dalam pot. Media yang digunakan, yang dapat menyimpan air dan bisa digunakan sebagai pemasok nutrisi pada tanaman. Media tersebut adalah tanah yang dicampur dengan kompos dan sekam. Kebanyakan yang digunakan oleh masyarakt adalah sekam bakar. Pot yang baik untuk media ini adalah pot yang terbuat dari tanah.

Aeroponik

Aeroponik merupakan cara bertanam menggunakan media yang akarnya menggantung di udara, tidak menggunakan tanah. Metode ini menggunakan nutrisi berupa zat hara yang disemprotkan ke akar tanaman secara langsung. Metode ini memiliki kualitas yang bagus, karena tanaman yang dihasilkan lebih segar dan cita rasanya pun lezat.

PROFIL PENULIS

VINA DZAKIYYATUN NISA’, adalah anak perempuan yang lahir di Kabupaten Jember pada tanggal 14 April 2008. Dia adalah anak bungsu dari dua bersaudara. Dia putri dari ayah Masudi dan Ibu Ummi Royhana.

Kini, dia duduk di bangku kelas VII pada MTs. Negeri 09 Jember. Dia meraih prestasi juara 1 lomba catur tingkat kecamatan Balung tahun 2019. Juara 2 tingkat kabupaten Jember tahun 2019. Beberapa antologi bersama pemenang lomba menulis, Aku Cinta Buku dan Yuk Membuka Dunia dengan Buku.

Dia dapat dihubungi melalui WA 085334597651/085336180394. E-mail [email protected]. FB Vina Dzakiyyatun Nisa’.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post