Velicya ellen garneta

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Kesadaran Komunikasi Antarbudaya di Era Digital

Kesadaran Komunikasi Antarbudaya di Era Digital

Kesadaran Komunikasi Antarbudaya di Era Digital

Oleh : Velicya Ellen garneta

 Perkembangan teknologi memang sangat diperlukan untuk inovasi sesuatu yang diciptakan guna memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Perkembangan teknologi memberikan banyak perkembangan pada saat ini, dan juga memudahkan para pengguna kecanggihan teknologi, tidak hanya itu teknologi dapat memudahkan para pelajar pada saat dua tahun tidak memasuki sekolah karena adanya pandemi. Namun apakah teknologi hanya memberikan dampak positif ??... Tentunya tidak karena setiap hal yang memberikan dampak positif di kehidupan kita pasti ada dampak negatif nya. Apalagi Kemajuan teknologi merupakan sesuatu yang tidak bisa dihindari dari kehidupan kita karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan.

Di era yang semakin canggih ini, banyak kegiatan manusia yang digantikan oleh sebuah mesin, Huhhh... Sepertinya sebentar lagi semua hal yang biasanya di lakukan oleh manusia akan di lakukan oleh mesin, dan orang – orang akan semakin malas dalam melakukan sesuatu, bisa jadi semua hal akan di lakukan oleh mesin-mesin canggih. Menunjukkan bahwa semakin berkembangnya pemikiran manusia sehingga mampu menciptakan alat yang canggih dan modern. Semakin tinggi pengetahuan manusia akan ilmu pengetahuan, maka akan semakin tinggi pula perkembangan kecanggihan teknologi yang akan di ciptakan oleh tangan manusia. Kecanggihan teknologi secara langsung maupun tidak langsung dapat mempengaruhi perkembangan moral. Seseorang dapat berperilaku buruk akibat penggunaan teknologi yang tidak pada tempatnya, contohnya seperti Menghilangnya norma dan nilai serta sopan santun yang ada di masyarakat akibat Globalisasi membuat generasi muda tidak lagi mengindahkan aturan.

Efek dari teknologi sangat berpengaruh bagi kita. Bagi para pelajar kecanggihan teknologi ini juga memiliki dampak yang sangat baik, karena dapat menambah wawasan melalui internet yang dapat diakses melalui smartphone yang canggih dan gadget lainnya. Pelajar dapat dengan mudah menemukan informasi-informasi yang penting untuk diketahui bagi mereka. Internet memiliki manfaat yang sangat besar, tinggal kita yang memilih untuk memanfaatkan dan membawa internet kepada dampak yang positif ataupun negatif. Internet memberikan kepada kita kekuatan daya imajinasi, kreasi, inovasi dan teknologi komunikasi yang memungkinkan tersebarnya informasi dalam kualitas yang hampir sempurna dalam waktu yang sangat cepat.

Dampak kecanggihan teknologi ini dapat dirasakan oleh semua kalangan, bukan hanya orang dewasa, orang kaya, pengusaha ataupun orang-orang yang ahli dalam bidang teknologi saja, melainkan dari kalangan remaja, anak-anak, orang yang awalnya tidak mengerti akan teknologi, bahkan anak-anak yang masih di bawah umur juga dapat merasakan dampak kecanggihan ini. Semua kalangan dapat mengakses internet dengan mudahnya, karena semakin canggih teknologi maka perusahaan smartphone juga berlomba-lomba untuk menawarkan harga yang paling murah dengan kecanggihan yang sama.

 Bagi para pelajar tentu mereka tidak asing dengan kata Facebook dan Twitter, mereka merasa gaul jika memiliki dua akun sosial media tersebut. Dengan adanya kemajuan teknologi juga membuat pelajar menjadi pemalas membuang waktu percuma di hadapan komputer hanya untuk chatting, atau facebook, hal tersebut bisa membuat perkembangan sosialisasi khususnya remaja tidak baik, enggan berkomunikasi langsung dengan orang lain, akan menimbulkan keegoisan dan individualis tidak mau bekerja sama dengan orang lain.

Pada saat mereka mengakses internet, mereka terlalu banyak membuka situs sosial media, para pelajar sekarang jarang sekali yang membuka internet untuk keperluan yang lebih bermanfaat dan menambah wawasan mereka, padahal di internet kita bisa banyak menemui informasi-informasi yang penting dan bermakna yang belum pernah di ketahui sebelumnya, diantara-Nya informasi di bidang pendidikan yang memuat tentang pelajaran-pelajaran sehari-hari disekolah, misalnya tentang rumus-rumus matematika, fisika dan kimia dan juga latihan soal-soal, informasi beasiswa daTidakpara pelajar yang menggunakan jaringan internet yang tidak mengakses sesuatu hal yang sewajarnya, mereka telah memanfaatkan internet dengan menyalah gunakan kecanggihan teknologi dengan mengakses situs-situs yang mengandung unsur pornografi baik berupa gambar maupun video yang semuanya itu sangat tidak wajar untuk ditampilkan dan disebarluaskan bagi para pengguna internet, khususnya para pelajar untuk memanfaatkan dengan menyaksikan tayangan-tayangan serta gambar-gambar budaya asing yang tidak normatif, Padahal situs-situs seperti ini bisa membahayakan seorang pelajar. Hal ini sangat mempengaruhi moral para pelajar yang sangat menurun drastis, jika dilihat dari segi dampaknya ke moral itu lebih cenderung banyak yang negatif daripada yang positif.

Profil penulis

Velicya Ellen Garneta lahir di Jember pada 18 Desember 2009. Siswi MTSN 2 JEMBER.

Memiliki hobi membaca dan menulis. Cita citanya menjadi penulis hebat yang bermanfaat bagi Nusa dan bangsa.

Dia dapat dihubungi melalui nomor WA 085707596334 atau e-mail [email protected].

Profil guru pembimbing

Heny retna anggraeny, S.S. dia seorang guru mata pelajaran bahasa Indonesia, tepatnya di sekolah MTSN 2 JEMBER

Dia dapat di hubungi melalui nomor WA 0813-3454-0308 atau melalui email [email protected].

 

 

 

 

 

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post