Umi kulsum wardani

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Proses menuju kesuksesan

Proses menuju kesuksesan

Hai perkenalkan nama saya umi kulsum wardani kerab di panggil warda di sini saya akan menceritakan pengalaman saya tentang proses saya untuk pencapaian prestasi yang saya ingin kan.

Sebelum saya menceritakan pengalaman saya tentang bagaimana langkah/proses saya untuk mencapai prestasi saya akan menjelaskan atau memberi tau tentang pentingnya pendidikan. Apakah penting pendidikan bagi setiap individu/orang? Yups jelas sangat penting karena setiap orang atau individu pasti nya memiliki bakat atau kemampuan di berbagai bidang yang arti nya setiap kemampuan orang berbeda-beda dan tidak bisa di paksa kan. Lalu apa kah pendidikan itu berimbas kepada lingkungan atau pun negara? Jelas itu sangat berimbas apa lagi kita adalah generasi muda penerus bangsa,karena. Selain itu, pendidikan juga dapat dijadikan sebagai salah satu keberhasilan kemajuan negara yang dapat menumbuhkan kepribadian bangsa, memperkuat identitas nasional maupun memperkuat jati diri suatu bangsa.

Pada saat saya berada di sekolah dasar (SD) saya ingin sekali menjadi seorang juara olimpiade,tapi itu hanya lah mimpi bagi saya yang tak akan terwujud. Karena dulu saya memiliki sifat pemalas bahkan untuk belajar saya sangat malas dan tidak tertarik sama sekali,sampai orang tua saya selalu mengingat kan belajar setiap hari. Tapi saya selalu mengabaikan hal itu dan awal nya saya merasa buat apa sih belajar, hingga suatu hari ada temen saya yang selalu memenangkan olimpiade matematika hingga setiap hari Senin namanya selalu terpanggil. Saya yang melihat itu pun merasa iri karena saya juga memiliki keinginan untuk menjadi sang juara tapi belum pernah kesampaian.

Hingga pada saat pulang sekolah pun saya di jemput oleh mama dan selama perjalanan saya bercerita kepada mama bahwa ada teman saya yang sering sekali memenangkan berbagai kompetisi di berbagai tingkat mulai dari tingkat kota hingga nasional. Dan saya berkata kepada mama saya "maa aku juga pengen jadi juara menang lomba terus,dapet nilai bagus kayak temen ku. Aku kapan ya?" Lalu mama ku berucap "kamu pengen jadi seorang juara tapi hanya dalam perkataan saja dan tidak ada aksi ya percuma nak,ya setidaknya kamu lebih rajin lagi belajar. Gak perlu lama yang penting kamu konsisten" dan kata kata itu lah yang tergian-giang di pikiran ku,dan mulai hari itu aku mulai belajar lebih giat dan juga mengikuti beberapa bimbel(les). 

Setelah beberapa bulan saya mengikuti berbagai bimbel akhirnya saya mencoba mengikuti perlombaan di tingkat kabupaten/kota,karena ini masih pertama kali saya sangat Nervous dan minder karena di situ saya bener bener sendirian dan tidak ada 1 pun orang yang saya kenal. Tapi saya berusaha bersikap biasa saja karena jika saya semakin grogi dan minder maka saya tida bisa fokus apa yang saya kerjakan.

Setelah 1 Minggu menunggu hasil lomba akhir nya keluar juga pengumuman,tapi sayangnya saya tidak bisa masuk ke babak selanjutnya karena nilai saya kurang dari rata rata di situ saya sedih tapi mama ku berkata "gak papa menang atau pun kalah dalam perlombaan adalah hal yang biasa,yang penting kamu sudah berusaha dan berani tampil" 

Setelah gagal dari perlombaan itu saya terus mencoba mengikuti berbagai perlombaan dan Alhamdulillah ada kemajuan karena perlombaan pertama saya mengikuti bidang matematika saya gagal jadi saya mencoba lagi di bidang yang lain dan Alhamdulillah saat di bidang IPA saya ada kemajuan,dan selain itu juga ada pengalaman baru yang banyak sekali saya dapat kan juga mengenal banyak teman dari berbagai sekolah bahkan berbagai kot. Sejak saat itu lah saya semakin semang untuk belajar lebih giat lagi meskipun belum meraih juara tapi setidaknya ada kemajuan dan kemauan

Tepat pada akhir tahun 2019 saya mengikuti lomba IPA di salah satu SDK di Pamekasan bagi saya ini bukan lah perlombaan pertama kali jadi lebih santai, Alhamdulillah selama pengerjaan saya tidak mengalami kesulitan. Setelah mengerjakan soal soal yang di berikan,semua peserta di berikan piagam dan juga piala,pada perlombaan kali ini saya sangat berharap semoga saya bisa melanjutkan ke babak selanjutnya. Setelah menunggu 3 hari hasil pengumuman lomba pun keluar saya ingin sekali melihat hasil lomba tapi saya takut saya tidak lolos,dari pada saya penasaran alhasil saya memutuskan untuk melihat nya saja dan Alhamdulillah saya bisa melanjutkan ke babak final.

Pada awal bulan februari 2020 saya melanjutkan final di SDK Santa Maria Sidoarjo,ini adalah pertama kali nya keluar kota untuk berlomba. Saat hari h saya sangat grogi karena saya merasa kurang percaya diri,tapi ku singkirkan rasa grogi itu dan mulai mengerjakan soal-soal yang tersedia. Setelah mengerjakan soal-soal semua peserta di suruh menunggu beberapa jam untuk hasil pengumuman,setelah menunggu beberapa jam saat nya pengumuman semua peserta berkumpul di aula 1/1 nama sudah di baca kan oleh panitia dan saat ini penentuan di bidang IPA. Setelah mendengar pengumuman perasaan saya campur aduk senang+sedih. Karena saya menduduki peringkat ke 11 dari 400 peserta tapi sayang nya yang di ambil untuk juara hanya lah 10 orang tapi tidak papa di sini saya sangat senang telah memiliki pengalaman baru dan mendapatkan pengetahuan lebih banyak.

Selang beberapa bulan dari perlombaan ini semua sekolah di Indonesia di liburkan selama 2 Minggu,awal nya saya sangat senang akhir nya liburan yg ku nanti tiba tapi setelah 2 Minggu libur sekolah ini di lanjutkan bahkan bukan libur sekolah tapi homeschooling kita belajar dari rumah. Saat pembelajaran di laksanakan sekarang online semakin hari saya semakin merasa bosan dan malas belajar karena ya belajar nya pada saat itu kita harus menonton tvri,dan saya berpikir bahwa perlombaan kemarin adalah perlombaan terakhir di saat saya berada di sekolah dasar saya sedih di saat perlombaan terakhir saya masih belum bisa mendapatkan gelar juara. Hal itu lah yang membuat ku galau dan putus asa,akan tetapi tak lama dari itu saya menerima informasi dari guru pembina saya bahwa ada beberapa perlombaan yang di lakukan secara offline tetapi dengan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Setelah saya mendapatkan informasi itu saya segera mendaftar kan diri karena ini adalah perlombaan terakhir saya di bangku sekolah dasar karena sebentar lagi saya sudah akan lulus jadi saya sangat berharap agar bisa menjadi juara, dan Alhamdulillah saya bisa melanjutkan ke babak selanjutnya (final) saya sangat senang tapi babak final itu terpaksa di tunda terlebih dahulu karena pada saat itu kasus covid-19 di Indonesia sangat tinggi. Saya sangat senang bisa lolos di perlombaan ini karena perlombaan ini tingka SE Jawa-Bali dan final di laksanakan di malang tetapi meskipun begitu aku selalu menunggu keberangkatan ku ke final namun nihil harapan ku harus hilang begitu saja dan mimpi ku harus ku kubur secara cuma cuma karena final tersebut di batal kan karena kasus covid-19 semakin melonjak. Meskipun perlombaan nya sudah sangat amat lama ya bisa di hitung sudah 3 tahun lalu tapi saya selalu berandai-andai bagaimana jika final tidak di batalkan?pasti nya saya sudah berada di malang untuk mengikuti final,tapi yasudah la itu pun sudah berlalu jadi saya memfokuskan diri lagi untuk persiapan di sekolah menengah pertama (SMP)

Pada tahun 2021 saya resmi menjadi murid SMPN 5 Pamekasan awal masuk saya sangat excited karena saya akan bertemu teman baru dan juga mempelajari hal baru atau materi baru ya contoh seperti IPS PPKn MTK dll karena pada saat SD dulu semua pelajaran di gabung menjadi 1, tapi sayang seribu sayang harapan itu kembali pupus karena kondisi saat itu tidak mendukung hingga pembelajaran harus di lakukan secara dari 

Selama pembelajaran berlangsung melalui online saya juga sudah sangat malas dan rasa malas belajar pun kembali karena waktu itu pembelajaran online sangat tidak menyenangkan sebab kita hanya di suruh mendengar video atau membaca materi menurut saya itu adalah hal yang membosankan jadi saya berusaha keras bagaimana agar saya tidak bosan dan malas. Jadi mulai saat itu lah saya mengubah gaya belajar saya agar lebih bersemangat lagi. 

Setelah berbulan-bulan kita,akhir nya pembelajaran di lakukan secara offline atau tatap muka tetapi di lakukan secara bersesi 1 hari masuk dan 1 hari daring. Setelah mulai aktif saya lebih fokus di pembelajaran di sekolah di bandingkan ikut lomba karena saya kembali merasa minder karena sudah cukup lama tidak mengikuti kompetisi jadi mungkin saya tidak dapat bersaing lagi di perlombaan di karena kan ke tidak percaya diri saya (minder) sebab sudah cukup lama tidak mengasah kemampuan jadi mungkin saya mengalami penurunan drastis yang awal nya paham dan tau mulai lupa.

Setelah cukup lama sekitar 1 tahun saya tidak mengikuti perlombaan-perlombaan,pada saat saya sedang berada di rumah (belajar melalui jarak jauh) tiba-tiba ada salah satu guru yang menghubungi saya dan meminta saya untuk hadir ke sekolah pukul 09.00 wib,sesampai nya di sekolah saya langsung bertemu dengan ibu ju. Dan setelah saya berbicara dengan Bu Ju saya di minta datang ke sekolah untuk bimbingan IPS. Awal nya saya kaget kenapa saya bisa terpilih mengikuti bimbingan IPS karena saya rasa,saya tidak begitu mampu di bidang IPS tapi tidak apa saya mencoba mengikuti bimbingan di sana saya belajar banyak juga di sana lah berkenalan dengan banyak teman baru.

Selama di SMPN 5 Pamekasan di arah kan ke bidang IPS dan kemarin adalah bimbingan pertama saya,dari awal bimbingan saya mulai menyukai IPS jadi saya menekuni IPS dan mengikuti bimbingan tapi bimbingan itu sempat terputus karena bimbingan itu di fokus kan kepada OSN 2021 jadi selama beberapa bulan saya tidak mengikuti bimbingan karena saya tidak terpilih OSN IPS. Setelah menunggu beberapa bulan saat hampir kenaikan kelas 8(2 SMP) saya mendapatkan informasi bahwa pembinaan IPS dapat di mulai seperti sedia kala,saya sangat senang karena bisa mengikuti bimbingan seperti dulu lagi. Selama di bimbingan ini saya sangat enjoy karena pembelajaran ini tidak seperti di kelas bimbingan ini sangat seruu materi dan cara penjelasan nya sangat lah jelas dan santai jadi siswa/i tidak merasa tegang. 

Setelah saya mengikuti pembinaan yang cukup lama saya memutuskan mengikuti perlombaan di bidang IPS,ini ada lah kali pertama saya mengikuti lomba di bidang IPS tapi ya nama nya proses tidak ada yang instanm tapi saya terus berusaha dan mengikuti berbagai perlombaan mulai dari tingkat kota/kabupaten hingga nasional. Tapi saya kecewa dengan hasil nya gagal tapi ya setiap perlombaan ada peningkatan. 

Di sela sela kegiatan perlombaan saya memutuskan untuk bergabung di berbagai organisasi saya karena saya juga ingin berprestasi di bidang non akademik juga,selama saya di SMPN 5 Pamekasan saya mengikuti berbagai organisasi. Saat saya mengikuti organisasi banyak sekali pengalaman, Alhamdulillah setelah mengikuti berbagai organisasi saya juga sudah bisa tampil di depan umum tanpa grogi/takut seperti dulu. Ini juga termasuk prestasi bagi diri saya karena saya sudah berani mengalahkan rasa takut. 

Saat saya sibuk dengan organisasi dan kegiatan lain nya saya mendapat informasi bahwa SMPN 5 Pamekasan mengikuti literasi jadi setiap bukan nya kita akan ada perlombaan untuk membuat sebuah cerita,awal nya saya biasa saja dan tidak tertarik tapi melihat teman teman saya banyak yang mengikuti literasi dan sudah banyak yang juara saya memutuskan untuk ikut literasi karena saya ingin mencoba dan mencari pengalaman baru. Awal saya mengikuti lomba literasi pada bulan Januari 2023 itu ada lah pertama kali saya membuat cerita dan mengikuti perlombaan ini,jujur saya tidak berharap banyak di literasi ini karena ini adalah pertama kali tak mungkin aku bisa menang. Karena saingan sangat banyak dan ini tingkat nasional, setelah menunggu beberapa Minggu akhir nya pengumuman pemenang literasi pun sudah keluar saya membaca hasil nya saya sangat kaget dan senang karena saya bisa menjadi salah satu pemenang literasi.

Pada Januari dan Februari saya mengikuti lomba literasi dan Alhamdulillah bisa menjadi salah satu pemenang tapi pada saat bulan Maret saya ingin mengikuti lagi tapi saya jenuh dan tidak memiliki ide akan menulis apa karena hal yang paling bikin males saat saya mengikuti literasi adalah saya menyetor kan hasil tulisan karena setiap membuka sasisabu saya selalu kehilangan akun hingga harus membuat akun baru lagi dan lagi. Jadi pada bulan Maret saya istirahat sejenak dari literasi dan fokus pada berlombaan IPS di bukan April.

Saat 16 April 2023 saya mengikuti lomba opn (olimpiade pelajar nasional) di bidang IPS dan ini di tingkat nasional karena lomba ini di laksanakan secara online jadi saya mengerjakan soal-soal ini di rumah setelah mengerjakan soal-soal saya segera mengunggah jawaban saya. Setelah itu saya menunggu selama 2 hari untuk pengumuman saat pengumuman saya sangat senang setelah sekian lama saya menginginkan menjadi juara akhir nya terwujud karena di opn kali ini saya meraih medali perak. Setelah saya membaca hasil pengumuman saya segera menghubungi mama dan memberi tau hasil nya karena pada saat itu saya sedang berada di sekolah. Saya sangat berterima kasih kepada guru pembimbing dan guru mapel khususnya IPS karena telah mengajarkan banyak sekali materi materi kepada saya karena tanpa mereka mungkin saya tidak bisa meraih dan mewujudkan gelar juara. 

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post