Tsaqif Bahtiar Sugiyanto

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Semua yang kamu Terima itu yang kamu Perbuat

Semua yang kamu Terima itu yang kamu Perbuat

Teknologi saat ini sudah berkembang sangat pesat. Dulu teknologi hanya bisa dipakai beberapa orang saja, tidak semua mempunyai teknologi. Teknologi yang sekarang paling berkembang pesat dan sering di gunakan masyarakat adalah Handphone. Dengan Handphone kalian bisa mengakses apa saja.

Tetapi semakin berkembangnya handphone, semakin banyak akses di dalam handphone ,hal itu membuat banyak sekali penyalahgunaan handphone. Salah satu cara orang menyalahgunakan handphone adalah membuka situs yang tidak sesuai umur mereka dan melihat sesuatu yang tidak sesuai umur.

Hal itu membuat banyak sekali generasi muda rusak karena hal tersebut. Meskipun begitu banyak orang juga yang menggunakan handphone untuk kebaikan mereka untuk meningkatkan prestasi mereka. Mereka yang menggunakan handphone secara baik adalah orang yang menghargai kesempatan yang di berikan kepada mereka.

Handphone memiliki dampak positif dan memiliki dampak negatif. Banyak dampak negatif dan positif tergantung bagaimana cara mereka menggunakan handphonenya. Jika mereka menggunakan dengan baik maka mereka akan mendapat banyak dampak positif sedangkan jika menggunakan handphone dengan tidak baik maka banyak dampak negatif yang di dapatkan.

Beberapa contoh dampak positif penggunaan Handphone:

1.Menerima informasi dengan cepat.

Perkembangan teknologi secara pesat sangat berpengaruh bagi masyarakat, salah satunya adalah masyakarat dapat berita atau informasi secara cepat. Hal itu disebabkan terdapat alat elektronik dan internet yang dapat menyiarkan atau mengirim berita secara langsung, tanpa adanya keterlambatan. Dengan hal itu masyarakat tidak perlu menunggu selama seminggu untuk mendapatkan berita dari koran. Kini mereka bisa membuka televisi dan handphone untuk mendapatkan berita atau informasi terbaru.

2. Mengenal daerah lain tanpa di kunjungi.

Sekarang kita dapat mengenal suatu daerah tanpa harus kita kunjungi. Hal itu di sebabkan karena para konten kreator. Banyak konten kreator yang pergi suatu daerah dan berkuliner atau berkeliling. Mereka melakukan itu untuk di video dan di masukkan dalam channelnya. Mereka yang menonton video tersebut akan tau suatu daerah meskipun belum mengunjunginya.

3. Mengurangi stress dengan bermain game

Mengapa bisa begitu? Hal tersebut disebabkan ketika bermain game, kita melupakan masalah yang kita alami dan hanya fokus bermain. Game dibuat untuk hal tersebut. Game dibuat untuk mereka bersenang senang di waktu luang mereka atau sebagai istirahat saat banyak masalah.

Dampak negatif Penggunaan handphone

1.Membuat mata rusak Jika terlalu lama bermain handphone

Saat bermain handphone, kita harus selalu mengatur waktu dan mengetuk bagaimana cara penggunaannya. Bermain handphone juga memiliki aturan. Jika tidak mematuhi aturan maka kita bisa menerima akibatnya. Salah satunya adalah kerusakan mata yang di sebabkan pancaran radiasi handphone secara terus menerus. Hal itu dikarenakan bermain handphone dengan menatap layar secara dekat dan bermain tanpa mengenal waktu.

2.Menjadi orang pemalas

Kenapa bisa jadi pemalas? Hal itu terjadi di karenakan keasyikan bermain handphone sehingga melupakan tanggung jawab mereka, contohnya mengerjakan PR, membantu orang tua, belajar dan lain lain

gizi

Bermain handphone tanpa mengenal waktu sangat besar dampaknya. Kekurangan gizi termasuk dampak bermain handphone secara terus menerus. Hal itu terjadi dikarenakan mereka yang selalu bermain handphone akan melupakan jam makan mereka, sehingga membuat pola makannya menjadi tidak teratur. Jika pola makan sudah tidak teratur gizi dalam anak akan berkurang yang akan membuat seorang anak mudah terserang penyakit.

Itulah beberapa contoh dampak negatif dan positif penggunaan handphone.

Banyak generasi muda rusak karena handphone tetapi banyak juga generasi muda yang sukses karena handphone. Mereka yang rusak karena handphone dikarenakan tidak memakai handphone mereka secara baik dan benar, mereka menggunakan handphone mereka hanya untuk bermain game atau bersenang-senang. Sedangkan mereka yang sukses karena handphone adalah orang yang menggunakan kesempatan yang telah diberikan dengan secara sebaik-baiknya.

Mereka yang sukses hanya bermodal handphone, menggunakan handphone mereka untuk menambah pengetahuan atau ilmu untuk bersekolah dengan baik. Mereka menggunakan handphone mereka untuk menghasilkan uang, caranya adalah dengan mereka membuat channel YouTube dan mengupload video sehingga mendapatkan adsense (gaji) dari YouTube. Mereka juga bisa membuat akun Tik Tok dan mengupload video-video menarik di akunnya sehingga memiliki banyak pengkikut, jika sudah memiliki banyak pengikut pasti banyak orang ingin mengendors( mengiklankan) barang mereka di akun tersebut, dari situlah kita mendapat uang.

Ada juga orang yang berlangganan dengan suatu aplikasi yang sudah disediakan dalam handphone. Salah satu aplikasi berlangganan adalah ruang guru. Dalam aplikasi ruang guru sangat membantu bagi orang yang sedang menuntut ilmu. Di dalam aplikasi ruang guru memiliki banyak penjelasan materi atau pembahasan soal. Karena adanya sistem ruang guru tersebut kita dapat mempelajari materi yang kita belum paham di sekolah dengan aplikasi ruang guru.

Dampak negatif dan positif handphone sangatlah besar akan tetapi yang menentukan akan mendapatkan dampak positif lebih besar atau negatif adalah diri sendiri. Oleh sebab itu bijaklah dalam menggunakan handphone. Gunakanlah dengan baik dan benar jangan sampai menyalah gunakan handphone.

Penulis Tsaqif Bahtiar Sugiyanto bisa dipanggil Bahtiar saya lahir di Situbondo 26 November 2008 saat ini saya bersekolah di MTsN 2 Jember, Jika sahabat sekalian ingin menghubungi saya bisa lewat WhatsApp (089507316578) atau juga bisa lewat Email ([email protected])

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post