TIARA RAHMA KHAIRUNNISA

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
CARA JITU HINDARI PERGAULAN BEBAS AGAR MASA DEPAN TIDAK TERAMPAS

CARA JITU HINDARI PERGAULAN BEBAS AGAR MASA DEPAN TIDAK TERAMPAS

CARA JITU HINDARI PERGAULAN BEBAS

AGAR MASA DEPAN TIDAK TERAMPAS

Penulis: Tiara Rahma Khairunnisa

Bergaul merupakan bentuk dari perilaku sosial namun bergaul secara bebas yang biasa dikenal dengan istilah pergaulan bebas merupakan perilaku sosial yang menyimpang dikarenakan keluar dari aturan dan norma dalam bergaul yang sesuai norma-norma yang berlaku dalam masyarakat. Media sosial memiliki peran sangat besar dalam peningkatan pergaulan bebas terutama didaerah pinggiran. Ketidaksiapan mereka dalam menerima kehadiran media sosial menjadikan masyarakat terutama mereka yang tinggal di daerah pinggiran terjebak dalam tontonan yang disajikan oleh media sosial. Sering kali mereka tidak memfilterisasi tontonan yang disajikan oleh media sosial, justru sebaliknya mereka malah mencontoh dan mengimplementasikan apa yang mereka tonton dalam pergaulan nyata.

Dalam bergaul setidaknya kita tetap berpegang teguh pada norma-norma yang berlaku agar kita tidak terjerumus dalam pergaulan bebas. Memilih teman yang baik setidaknya menjadi langkah pencegahan agar tidak terjebak dalam pergaulan bebas. Salah memilih teman bisa menjadi kesalahan yang fatal karena bisa berdampak terjerumusnya kita dalam pergaulan bebas. Terjerumusnya kita dalam pergaulan bebas dapat mengakibatkan hancurnya sebuah masa depan. Pergaulan yang salah akan berdampak gagalnya sebuah cita-cita di masa depan yang akan kita raih, agar kita tidak terjebak dalam pergaulan bebas maka Langkah yang harus kita ambil diawal adalah berpikir cerdas, hindari pergaulan bebas, tegas menolak pergaulan bebas.

Berpikir cerdas berarti kita dapat membedakan mana yang baik dan mana yang tidak baik serta pekah pada setiap perilaku orang disekitar kita yang terindikisi membawa kita pada perilaku pergaulan bebas. Dalam bergaul banyak anak terjebak dalam pergaulan bebas dikarenakan lemahnya kepekaan terhadap perilaku orang lain serta minimnya pengetahuan dan wawasan akan dampak buruk dari pergaulan bebas. Agar kita mampu berfikir cerdas tentunya kita harus membekali diri dengan ilmu pengetahuan yang luas. Dengan banyak membaca buku-buku pengetahuan dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan kita

Menghindar merupakan Langkah paling tepat untuk mencegah kita terjerumus dengan pergaulan bebas, kita dapat melakukan Langkah antisipasi menghindar secara pelan-pelan atau menghindar dengan cantik. Menghindar dengan cantik disini maksudnya dengan baik-baik, jangan sampai membuat mereka tersinggung yang pada akhirnya justru mereka menjebak kita karena tersinggung dengan Tindakan kita.

Kita dapat menghindari pergaulan bebas dengan cara selektif dalam memilih teman, pilihlah teman yang baik terutama yang baik akhlaknya serta rajin ibadahnya karena orang yang menjaga akhlaknya dan rajin ibadahnya dapat dipastikan baik juga segala perilakunya.

Tegas menolak merupakan tindakan yang sulit dilakukan karena dengan kita tegas menolak pasti akan ada konsekwensi yang akan kita terima baik berupa hujatan ejekan maupun kata-kata yang kurang pantas yang akan terucap dari orang yang kita tolak. Namun demi sebuah masa depan maka kita jangan pernah takut untuk menolak jika ada yang mengajak kita kearah perilaku pergaulan bebas. Tapi juga ingat jika kita menolak upayakan jangan sampai membuat mereka tersinggung. Dengan berani menolak maka kita telah menyelamatkan masa depan kita.

Maka dari itu dengan segala upaya untuk menganstisipasi, mencegah, dan menangkal resiko maraknya perilaku pergaulan bebas dilingkungan sekitar kita yang bisa saja sewaktu-waktu menghampiri kita maka alangkah baiknya kita selektif dalam bergaul mengingat dampak pergaulan bebas adalah hilangnya sebuah masa depan. Maka dari itu kita bekali diri kita dengan agama yang kuat, patuh terhadap norma yang berlaku, berpikir cerdas, menghindar dan menolak pergaulan secara bebas. Hilangnya sebuah masa depan adalah sebuah tandah suramnya kehidupan kita dimasa depan.

Identitas penulis :

Namaku adalah Tiara Rahma Khairunnisa, lahir di Jember pada tanggal 27 M aret 2010. Aku bersekolah di MTSn 1 Jember. Alamat rumahku di Dusun Rowo Pakusari-Mayang Kabupaten Jember. Email : [email protected]

No wa : 085230574249. Di sini aku mengungkapkan pendapat atau cerita mengenai tema karya “ Stop Pergaulan Bebas ”.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post