Theresa Siregar

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Mengenyam Pendidikan Mempertajam Kecerdasanku

Mengenyam Pendidikan Mempertajam Kecerdasanku

Mengenyam Pendidikan Mempertajam Kecerdasanku

(Oleh : Theresa R. A Siregar)

Perjalanan dalam dunia pendidikan sejak saya dalam kandungan ibu hingga saat ini telah membentuk diri sebagai anak yang memiliki pribadi. Kini statusku duduk di sekolah menengah pertama dan telah banyak ilmu pengetahuan yang kuperoleh. Saya semakin termotivasi mengikuti pendidikan di SMP karena banyak hal-hal yang tadinya tidak kupahami berangsur-angsur semakin bertambah. Materi yang kupelajari sedikit demi sedikit lama-lama menggunung. Melalui pendidikan pertumbuhan iman dan karakter pun semakin terbentuk. Banyak ajaran, pesan moral dari setiap mata pelajaran yang sangat bermanfaat hingga mendewasakan pribadiku. Kualitas pendidikan itu memuat pengetahuan berkelas karena mengajarkan cara berpikir, cara berbicara yang sopan, menyelesaikan masalah lebih mudah. Ketrampilan dalam menyampaikan pendapat saat diskusi juga semakin terlatih dan sanagt menguntungkan.

Begitu juga cara mengerjakan soal pada setiap tugas yang diberikan guru. Bisa diselesaikan melalui materi pendidikan yang mencakup tentang literasi. Dalam pergaulan bisa saya lalui berkat pendidikan yang diperoleh di sekolah walaupun di rumah Orang tua tetaplah mengajari dan menasehati saya bagaimana berteman yang baik. Tetapi teknik-tekniknya lebih luas dan keren diperoleh melalui Pendidikan di sekolah. Setelah saya belajar tentang Penguatan Projek Profil Pancasila (P5), siswa sisiwa diarahkan guru untuk menerima dan menghargai keberagaman yang dimiliki setiap teman yang terdapat di negara Indonesia. Apa saja itu? Contoh bahasa, adat istiadat, pakaian, lagu, jenis-jenis makanan tradisional. Masih banyak lagi keberagaman yang telah menambah pengalaman. Sebagai siswa yang telah mengetahui tentang keberagaman itu hendaknya terbuka dalam menghargai bahkan bangga menjadi warga Indonesia. Pendidikan memberikan cara dalam mewujudkan impian sebagai generasi yang sehat, memiliki masa depan, yang berjiwa nasional, mampu melewati hambatan atau kesulitan yang menghadang. Kesempatan saat ini untuk mengenyam pendidikan saya akan manfaatkan dengan serius dan konsentrasi agar tidak tertindas oleh kebodohan.

Saya akan merusaha melakukan metode belajar yang benar untuk meraih kesuksesan dengan mempertajam kecerdasan dan melakukan berbagai hal. Dari pendidikan tersebut, saya bisa mendapatkan banyak hal. Bagaimana mungkin? Ya, hal itu bisa terjadi karena kecerdasan diperoleh melalui belajar. Artinya pengetahuan dan pemahaman yang diperoleh pasti semakin bertambah.Untuk mendapatkan kecerdasan atau pengetahuan tersebut haruslah rajin belajar dan mendengar. Kita ambil contoh dalam pelajaran Matematika. Saya terus belajar materi-materi Matematika, mau susah atau tidak, tetap saya pelajari. Hal tersebut berbuah pengetahuan, yang sebelumnya saya tidak paham dengan materi tersebut. Setelah itu menjadi paham hingga di luar kepala. Begitu pun pada situasi yang berbeda.

Selain mendapatkan pengetahuan dan pemahaman, manfaat pendidikan juga penting bagi orang sekitar. Maksudnya bagaimana? Maksudnya dari pemahaman pribadi itu sendiri, dapat kita bagi ke teman-teman. Contoh pada pelajaran Matematika, ada satu teman yang kurang memahami, saya sendiri yang sudah paham berinisiatif untuk mengajarinya, memberi tahu cara mengerjakannya juga mata pelajaran lainnya. Berbagi itu bagus dan indah!

Oiya teman-teman, fokus terhadap pendidikan juga tidak mudah lho! Pasti banyak halangan-halangannya, entah karena malas, lingkungan sekitar, dan lain-lain. Maka dari itu, kita sudah harus mulai memiliki prinsip sendiri, mindset yang berbeda, dan tentunya metode belajar yang lebih efektif. Banyak sekali siswa-siswi belajar dengan metode SKS (system kebut semalam), itu cara yang salah ya menurutku. Saya setiap hari berusaha mempertajam atau meningkatkan kecerdasan dengan belajar setiap hari dengan efektif, mendengar pelatihan di you tube, mengasah otak dengan latihan mengerjakan soal-soal. Belajar dari jauh hari adalah cara yang benar. Dengan ini, tidak perlu susah-susah untuk memahami semua materi karena pembahasannya yang tidak terlalu menumpuk. Yuk mulai menempuh pendidikan dengan cara yang lebih serius tapi santai, denagn mengurangi bermain gadget. Selamat hari Pendidikan Nasional, teman-teman!

Jalan-jalan ke rumah Bu Puan

Pulangnya menonton acara ramalan

Mari mengenyam Pendidikan

Agar menambah kecerdasan

Biologi mempelajari zat adiktif

Melakukan praktek di dalam kelas

Metode belajar yang ekektif

Membuat pemahaman lebih luas

Profil penulis

Nama lengkap : Theresa Rahmawati Adinda Siregar

Tempat, tanggal lahir : Jakarta 14-Juli-2009

Usia : 13 tahun

Sekolah : SMP SANTA MARIA FATIMA

Hobi : melukis, mengedit video, membaca dan menulis.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post