Theresa Siregar

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Makanan Sumatera Yang Juara

Makanan Sumatera Yang Juara

Makanan Sumatera yang juara

(By : Theresa. R.A.Siregar)

Di setiap provinsi pasti memiliki kepopulerannya masing-masing. Entah makanan, kesenian, dan lain-lain. Salah satunya makanan populer dari provinsi Sumatera Utara, adalah Arsik. Mungkin masih banyak yang belum tahu, apa itu arsik ? Makanan dengan nama lengkap “ Dekke Na Niarsik “ adalah sebuah ikan yang di lumuri bumbu kuning yang sangat enak. Makanan ini memiliki keunikan sisik ikan yang tidak dibuang, tetap dimakan. Jangan khawatir, makanan ini tetap enak dan nikmat di lidah. Arsik memiliki simbol karunia dan syukur kehidupan. Maka dari itu, Arsik dapat dihidangkan dalam acara syukuran lahiran, syukuran turut senang, pernikahan, dan lain-lain.

Arsik juga pasti memiliki nilai filosofi yang sangat dalam. Warna Emas pada tubuh “Ikan Mas” melambangkan kekayaan dan kemakmuran. Jadi dianggap simbol keberuntungan yang melimpah. Bahan-bahan yang dibutuhan untuk memasak makanan ini juga mudah ditemukan. Seperti ikan mas segar, kunyit,jahe, cabe merah rawit dan besar, bawang merah dan putih, serai, kecombrang, asam kandis, lengkuas, garam, dan merica. Oiya, bisa juga ditambah bumbu Andaliman. Kombinasi yang sangat nikmat, lho! Bagi yang tidak tahu Andaliman, Andaliman adalah bumbu masak yang terbuat dari bagian jeruk. Aromanya lembut, wangi, dan rasa yang pedas menggit lidah. Sering disebut Merica Batak. Sangat jarang ditemukan di daerah lain.

Selain Arsik, ada Sayur/Daun Singkong. Sebenarnya Daun Singkong bukan makanan yang berasal dari Sumatera Utara. Tetapi sangat terkenal dan banyak ditemukan di provinsi tersebut. Daun Singkong merupakan Hidangan sayuran singkong yang cara pembuatannya ditumbuk Secara tradisional menggunakan cobek dan ulekan. Bahan-bahan yang dibutuhkan juga mudah ditemukan. Seperti cabai, lengkuas, jahe, serai, santan, bawang merah dan putih. Daun Singkong menggambarkan kesederhanaan. Karena bahan yang dibutuhkan murah. Selain dua makanan ini, ada juga Mie Gomak. Siapa yang tidak tahu dengan mie? Bahan makanan yang terbuat dari tepung yang dapat diracik menjadi makanan yang baru dan rasanya yang berbeda. Salah satunya adalah Mie Gomak. Mie ini semacam spaghetti, namun bedanya dari tanah Batak. Sering disebut juga spaghetti Batak.

Makanan ini banyak ditemukan di kota Balige hingga Tapanuli Utara. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah Mie lidi, minyak goreng, santan, irisan daun bawang, serai, Bumbu Andaliman, kunyit yang dihaluskan, kemiri yang dihaluskan. Jahe, Daun salam dan jeruk, garam ( bumu penyedap lainnya) lengkuas yang digeprek, dan labu yang dipotong. Arsik dan Daun Singkong jika dimakan secara Bersama, sangat nikmat. Begitupun dengan Mie Gomak sendiri. Apalagi jika ditambah sambal atau bumbu andaliman. Arsik, Daun Singkong, Mie Gomak, dan Bumbu Andaliman dapat dibuat di rumah loh! Kalian bisa melihat tutorial di Google atau Youtube. Jangan lupa mencobanya ya! Pasti ketagihan

Profil penulis

Nama lengkap : Theresa Rahmawati Adinda Siregar

Tempat, tanggal lahir : Jakarta 14-Juli-2009

Usia : 13 tahun

Sekolah : SMP SANTA MARIA FATIMA

Hobi : melukis, mengedit video, membaca dan menulis.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post