Syifaaul Adzimah

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Menjaga Kesehatan untuk Terus Berkarya
Tubuh Sehat, Karya Meningkat

Menjaga Kesehatan untuk Terus Berkarya

Menjaga Kesehatan untuk Terus Berkarya

Kesehatan memiliki arti bahwa kondisi dimana tubuh seseorang berada dalam keadaan sehat dan bugar, maka menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh merupakan hal yang sangat penting. Hal ini karena dengan memiliki tubuh yang sehat dan bugar dapat mencegah tubuh terserang penyakit sehingga kita dapat tetap menjalankan aktifitas sehari-hari.

Ada pepatah yang mengatakan makna istilah “Bersih Pangkal Sehat”, bahwa lingkungan dan perilaku bersih akan membawa seseorang pada gaya hidup yang sehat. Kebersihan adalah upaya manusia untuk memelihara lingkungannya dari berbagai sampah dalam rangka mewujudkan kehidupan yang sehat dan nyaman.

Berikut adalah beberapa cara menjaga kesehatan tubuh yang sedikit saya ketahui.

1. Makan makanan yang bergizi, sejak kecil kita sudah dikenalkan dengan pola makan 4 sehat 5 sempurna. Jadi, pastikan tubuh kamu selalu menerima asupan nutrisi yang seimbang.

2. Olahraga secara rutin, saat berolahraga, tubuh akan lebih bebas bergerak. Hal ini akan memicu proses metabolisme dan sirkulasi darah menjadi lebih lancar. Maka dengan berolahraga dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.

3. Perbanyak minum air putih, kebutuhan cairan tiap orang berbeda-beda. Pada orang dewasa, konsumsi air putih yang disarankan yaitu sekitar delapan gelas berukuran 230 ml per hari atau total 2 liter.

4. Tidur yang cukup, dengan waktu yang cukup atau normal, yaitu sekitar 7-8 jam sehari. Tidur yang cukup dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat dan fit untuk beraktivitas keesokan harinya. Kekurangan tidur akan membuat seseorang mudah lemah, sulit mengendalikan emosi, dan bahaya bagi mereka yang sering berkendara.

5. Mengelola stres, yaitu bagaimana kita melakukan suatu tindakan dengan melibatkan aktivitas berpikir, emosi, rencana atau jadwal pelaksanaan, dan cara penyelesaian masalah.

Selain cara-cara diatas, ada hal lain yang harus kita hindari agar tubuh tetap sehat dan bugar yaitu pemakaian narkoba. Narkoba singkatan dari narkotika, psikotropika, dan obat terlarang. Narkotika merupakan zat buatan ataupun yang berasal dari tanaman yang memberikan efek halusinasi menurunnya kesadaran, serta menyebabkan kecanduan. Obat-obatan tersebut dapat menimbulkan kecanduan jika pemakaiannya berlebihan. Penyalahgunaan narkoba ini dijerat dengan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009. Narkoba berhubungan erat dengan masalah sosial di Indonesia. Berawal dari narkoba timbul kejahatan lain seperti penjarahan,kerusuhan, perkelahian, dan tindakan jahat lainnya. Badan Narkotika Nasional (BNN) mencatat sebagian besar pengguna narkoba adalah anak muda. Pengaruh narkoba pada generasi muda tentu akan merusak generasi bangsa.

Sebagai upaya mengatasi masalah tersebut, seluruh elemen mulai dari tingkat keluarga hingga negara harus bersama memerangi narkoba. Pemuda harus beraktivitas pada hal-hal positif salah satunya membuat video dengan konten-konten kreatif. Aktivitas positif secara otomatis akan menjauhkan dari narkoba. Selain itu, peran ulama dan tokoh agama sangat dibutuhkan dalam upaya pemberantasan narkoba. Persoalan narkoba tidak cukup diberi sanksi namun juga perlu pendekatan agama. Kamu sebagai pelajar hendaknya menjauhi narkoba agar masa depanmu tetap terjaga.

Ketika sudah merubah pola hidup untuk menjaga kesehatan tubuh dengan cara-cara tersebut, maka sudah seharusnya kita sebagai generasi penerus bangsa melakukan segala usaha dan kemampuannya untuk berkarya. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata karya adalah pekerjaan. Berkarya merupakan proses mencipta untuk melahirkan sesuatu, mengekspresikan sebuah ide, gagasan maupun kegelisahan yang dituangkan dalam sebuah karya seni. Berkarya juga bisa disebut sebagai orang yang kreatif. Mampu mencoba hal baru dengan meluangkan waktu dan tenaga untuk mencari dan mengembangkan pengetahuan yang ada. Di era yang serba modern, jangan sampai kita tertinggal dengan segala macam hal baru yang luar biasa disana. Bersaing dengan berbagai macam kemampuan orang memang tidak mudah, maka harus percaya diri bahwa kita juga bisa berkarya sesuai bidang yang di minati.

Contohnya seperti saya, mengikuti lomba menulis di program mediaguru ini. Ini adalah sebuah pengalaman pertama saya mencoba seberapa kemampuan diri saya dalam berkarya di bidang Bahasa Indonesia. Saya bangga terhadap pencapaian dan semua karya saya yang tertuang dalam sebuah tulisan. Untuk pertama kalinya, saya memang sedikit ragu dan tidak yakin dengan kemampuan saya dalam hal menulis. Tetapi berkat dukungan guru, teman-teman, dan keluarga, saya menyakinkan diri untuk bisa membuat karya tulis ini menarik dan terus mengembangkannya.

Ketika kita senantiasa semangat merubah diri dengan menggali potensi diri, maka kita dapat mampu mengatasi masalah dan meraih keuntungan.

Biografi Penulis

Assalamu'alaikum! Haloo semuanya. Perkenalkan nama saya Syifaaul Adzimah, kalian bisa panggil saya Syifa. Saya lahir di Banyuwangi pada tanggal 6 November 2008. Sekarang saya masih berusia 14 tahun. Saat ini, saya duduk di bangku kelas 3 MTs Negeri 1 Jember.

Semoga karya-karya saya seterusnya dapat menjadikan inspirasi dan bermanfaat untuk kita semua.

Ingin lebih mengenal diri saya? hubungi whatsapp: 0858 5367 5381, dan email: [email protected]. Juga jangan lupa mampir dan follow instagram: @syfzthanrcc dan tiktok: @syfzthanrcc. Terima kasih, Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post