Syifaaul Adzimah

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Dengan Teknologi, Tingkatkan Prestasi!
Bijak Berteknologi, Tingkatkan Prestasi

Dengan Teknologi, Tingkatkan Prestasi!

Dengan Teknologi, Tingkatkan Prestasi!

Teknologi didefinisikan sebagai penggunaan pengetahuan terkait dengan alat-alat, teknik, serta metode atau sistem yang nantinya akan menghasilkan sesuatu. Teknologi memiliki peran sentral dalam kehidupan masyarakat, sehingga kemajuannya merupakan hal yang paling penting bagi masyarakat. Tak dapat dipungkiri jika kemajuan teknologi pada zaman ini berkembang sangat pesat. Ya mungkin, karena terdapat beragam manfaat di dalamnya dan mengikuti perubahan zaman, sehingga masyarakat menjadi sangat ketergantungan dengan adanya teknologi. Betapa kita telah dimanjakan dengan kemajuan teknologi ini. Teknologi tidak hanya membantu di bidang pemerintahan maupun ekonomi, melainkan juga dalam bidang pendidikan. Dengan kemajuan teknologi ini, setiap instansi pendidikan, sekolah maupun universitas dapat memanfaatkan untuk meningkatkan mutu pendidikan.

Inilah hal-hal yang saya peroleh dalam kemajuan teknologi yaitu selama pandemi COVID-19 yang terjadi tahun-tahun lalu, dan menjadikan para pelajar untuk belajar dari rumah. Salah satunya yang pertama yaitu, saya menggunakan alat teknologi berupa televisi yang menjadikan satu channel khusus untuk pembelajaran pelajar SD selama pandemi. Saya mengikuti beberapa kegiatan pembelajarannya sampai saya lulus SD dan sekarang sudah duduk di bangku kelas 2 MTs Negeri 1 Jember.

Kemudian pada saat pertengahan kelas 7, saya mencoba mendaftarkan diri untuk mengikuti bimbel online di aplikasi Ruangguru. Nah! yang kedua ini, saya menggunakan alat teknologi berupa handphone. Dengan saya mengikuti bimbel online tersebut, saya berhasil mendapatkan suatu pencapaian yang baru pertama kali saya rasakan terhadap adanya perkembangan teknologi yaitu, saya bisa berada di peringkat kelas pada 5 besar kemudian hingga ke 3 besar dan mendapatkan nilai-nilai yang baik, sebelum-sebelumnya saya masih di 10 besar pada saat di SD. Pada saat itu saya sangat bersyukur sekali dan merasa belum percaya, tetapi sekarang memang itu adalah kenyataannya.

Berikut ini beberapa pengakuan Nadiem Makarim mengenai pentingnya teknologi pendidikan di era pandemi COVID-19 yang telah lalu. Nadiem memaparkan masalah utama yang dihadapi adalah kesenjangan teknologi yang menyebabkan tidak meratanya akses pendidikan di Indonesia serta terdapat pemahaman berbeda mengenai literasi digital di antara para guru pada beberapa daerah yang harus belajar cepat untuk menggunakan teknologi dan bagaimana beradaptasi dengan pandemi untuk proses belajar mengajar. Namun disisi lain, menurut Nadiem Makarim, pandemi juga dapat memberikan suatu peluang ke arah yang lebih baik. Misalnya adopsi inovasi teknologi pendidikan dan guru, jadi belajar menggunakan platform belajar yang baru. Adapun orang tua jadi lebih menyadari pentingnya sekolah dan sehingga orang tua lebih berinteraksi dalam kegiatan akademik anak. Begitu pula dengan guru, akan menjadi lebih terdorong untuk memahami teknologi dalam belajar mengajar.

Internet merupakan salah satu teknologi informasi yang membawa banyak sekali manfaat, apalagi dalam bidang pendidikan. Bagi para pendidik yaitu untuk tambahan referensi materi yang akan diajarkan kepada para anak didiknya. Lalu para pelajar dapat memanfaatkan internet yaitu untuk mencari referensi, membaca artikel ilmiah, dan membaca berita terkini untuk bahan belajar atau sebagainya. Untuk mengetahui berbagai informasi sudah terbuka lebar, hanya saja kita harus memanfaatkan teknologi yang ada dengan baik dan bijak.

Kini, yang saya sering ketahui rata-rata para pemuda Indonesia memakai internet kurang bijak hingga berdampak buruk yaitu seringnya bermain game online hingga minat belajar turun, menjadi anti sosial, perubahan mental dan perilaku, plagiasi, melakukan pelecehan seksual atau Cyber Bullying, halusinasi, serta emosi yang tidak seimbang. Maka dari itu, kita harus bisa lebih bijaksana dan pintar-pintar dalam memilih kegunaan teknologi yang baik dan maksimal. Mari kita senantiasa menggunakan teknologi dengan hal-hal yang baik, salah satunya untuk mengembangkan potensi dan prestasi yang ada dalam diri kita masing-masing.

Biografi Penulis

Assalamu'alaikum! Haloo semuanya. Perkenalkan nama saya Syifaaul Adzimah, kalian bisa panggil saya Syifa. Saya lahir di Banyuwangi pada tanggal 6 November 2008. Sekarang saya masih berusia 14 tahun. Saat ini, saya duduk di bangku kelas 2 MTs Negeri 1 Jember.

Ini adalah karya tulis pertama saya, semoga bisa menginspirasi dan bermanfaat untuk kalian semua. Ingin lebih mengenal diri saya? hubungi whatsapp: 0858 5367 5381, dan email: [email protected]. Juga jangan lupa mampir dan follow instagram: @syfzthanrcc dan tiktok: @syfzthanrcc. Terima kasih, Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post