Syifa' Adewiyah G.

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Perpustakaan Bukan Sekadar Gudang Buku

Mendengar kata perpustakaan, maka gambaran spontan yang muncul dalam pikiran kita adalah sebuah ruangan atau gedung yang dipakai untuk menyimpan buku. Gambaran seperti itu tidaklah salah, karena kata pustaka memang berarti buku..Buku adalah jendela dunia yang mampu membuat kita mengenal berbagai hal. Dengan buku, kita bisa menyerap berbagai disiplin ilmu dan pengetahuan yang akan sangat berguna bagi hidup kita. Perpustakaan berkaitan erat dengan kegiatan membaca buku, budaya membaca maupun minat baca masyarakat. Ketika kita mendengar kata perpustakaan, dalam benak kita langsung terbayang sederetan buku-buku yang tersusun rapi di dalam rak sebuah ruangan.

Perpustakaan tidak hanya berkaitan dengan gedung dan buku saja, namun juga sistem penyimpanan, pemeliharaan, penggunaan dan bagaimana cara menggunakan atau memanfaatkannya. Tidak dapat disangkal lagi bahwa keberadaan perpustakaan sangat penting dalam peningkatan kualitas suatu bangsa dalam dalam dunia pendidikan. Perpustakaan memberikan peranan penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan motivasi bagi guru dalam pembelajaran, siswa dalam mengembangkan kreativitas, dan wawasan keilmuan dan masyarakat secara umum.

Perpustakaan pada hakikatnya adalah pusat sumber belajar dan sumber informasi bagi pemakainya. Perpustakaan adalah sebuah tempat yang digunakan untuk menyimpan informasi baik berupa cetak (buku, koran, jurnal, majalah, karya tulis, karya lukisan) ataupun elektronik (pita kaset, film, slide,) yang biasanya disimpan menurut tatanan tertentu yang digunakan pengunjung untuk dibaca atau dipinjam dan bukan untuk dijual.

Dunia pendidikan tidak lepas dari keberadaan koleksi bahan pustaka yang dimiliki. Konsep yang menganggap bahwa perpustakaan sama dengan gudang buku yang tugasnya hanya untuk mengumpulkan, merawat dan menyediakan buku harus sudah ditinggalkan jika ingin mengikuti irama perkembangan ilmu pengetahuan. Namun, perpustakaan tidak hanya berkaitan dengan gudang buku saja, tetapi juga sistem penyimpanan, pemeliharaan dan pemustaka selaku pengguna.

Perpustakaan merupakan jembatan menuju penguasaan ilmu pengetahuan, dapat memberikan kontribusi penting bagi terbukanya akses informasi, serta menyediakan data yang akurat bagi proses pengambilan sumber-sumber referensi bagi pengembangkan ilmu pengetahuan. Perpustakaan menyediakan bahan pendidikan ilmu pengatahuan; ilmu sosial, ilmu alam, matematika, dan disiplin ilmu yang lain.

Perpustakaan menjadi pilihan untuk belajar berpikir analitis dan mengkritisi permasalahan dari wacana yang dibaca. Buku-buku memberikan pengertian mengenai suatu masalah dari sudut pandang yang berbeda-beda. Perpustakaan tidak menyajikan bahan pustaka dan informasi yang langsung dapat dikonsumsi, namun pengunjung harus mencari sendiri apa yang ia butuhkan, membaca sendiri, menggali sendiri informasi yang didapat.

Pada dasarnya perpustakaan merupakan sumber belajar dan informasi. Berbagai ragam ilmu dapat diperoleh melalui koleksi-koleksi buku yang disimpan dan ditatausahakan oleh pustakawan. Koleksi perpustakaan dapat dibaca, dipelajari, diteliti, dan dikaji, serta dikembangkan secara kreatif, kemudian dipergunakan sebagai landasan penuntun untuk memecahkan persoalan dan merencanakan kehidupan yang lebih baik.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post