Syahida Amalina A'la

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Tips Membuat Cerita yang Menarik #7 || TAMAT || Alur yang Tak Terduga

Tips Membuat Cerita yang Menarik #7 || TAMAT || Alur yang Tak Terduga

Terakhir nih, mungkin yang paling susah. Yaitu buat agar cerita kalian itu tidak terduga ujungnya. Dibutuhkan latihan untuk bisa membuat Cerita yang alurnya sama sekali tidak terduga. Aku sendiripun kadang masih kesusahan kalau mau buat cerita yang kayak gini. Tapi gak papa kok. Asalkan kita berusaha, kita pasti bisa!!!

Disini aku gak bisa kasih contoh yang mendetail yah. Tapi aku akan kasih tau salah satu judul buku yang menurutku alur cerita nya susah ditebak.

Nama judulnya adalah Bowl Of Happiness ( Mangkuk Kebahagiaan ). Buku ini menceritakan tentang seorang gadis bernama Helen yang sangat ingin dan berbakat menjadi seorang penyanyi. Tapi mama dan papa nya tidak memperbolehkan Helen untuk menggapai impiannya menjadi penyanyi. Berhubung Mama dan Papa Helen adalah dokter hebat dan terkenal, mereka ingin agar Helen juga menjadi dokter. Suatu ketika, Helen melarikan diri dari Les Kedokterannya dan pergi ke salah satu stasiun TV terkenal di kota itu. Helen berkompetisi menjadi penyanyi dengan sangat baik. Para juri yang menilai juga terkagum-kagum. Helen juga sangat senang Karena mendapatkan tiket emas untuk tampil di acara TV dan panggung ternama.

Tapi sayangnya, Mama dan Papa Helen berhasil menemukan keberadaan Helen. Saat Helen menunjukkan tiket emasnya dengan bangga, Mama merampasnya daru tangan kecil Helen dan merobeknya menjadi potongan-potongan kecil yang berserakan di lantai. Helen menjerit karena sedih dan kecewa. Dikumpulkannya potongan-potongan tiket emasnya dengan tangan gemetar. Sejak saat itu, Helen menjadi trauma menjadi penyanyi. Tapi impian dan cita-citanya masih kuat terpendam. Helen disekolahkan di sekolah kedokteran. Tapi ia tidak bisa lanjut ke jenjang pendidikan yang lebib tinggi karena nilainya yang kurang dari rata-rata. Alhasil, Mama sangat marah dan mencarikan sekolah lain untuk memlerbaiki nilai Helen. Tante Helen, adik kandung Mama menawarkan untuk menyekolahkan Helen di sekolah yang dikelolanya. Mama mengiyakan.

Di sekolah barunya, Helen menjadi sangat tertutup. Tapi pada suatu ketika, Helen berkenalan dengan Lulu. Gadis yang sudah 2 kali tidak naik kelas. Lulu sangat baik dan periang. Lulu berusaha membuat Helen menjadi senang. Helen juga diperkenalkan pada sahabat karib Lulu dengan cara yang unik. Lulu adalah pemimpin anggota klub mangkuk kebahagiaan. Cara kerja klub ini adalah meletakkan 4 buah mangkuk kecil setiap pagi di depan sekolah. Murid yang melihatnya, akan memasukkan sebagian uang jajan merema kesitu. Uang yang nanti sudah terkumpul, akan disumbangkan ke acara-acara amal.

Helen mengikuti salah satunya. Ia ikut dengan Lulu ke sebuah panti yang akan diberikan sumbangan. Helen menyanyikan lagu untuk anak-anak disana. Suaranya indah dan merdu. Mengalir bagaikan air yang menganak sungai. Suaranya juga jernih dan enaj di dengar. Semua kagum dengan bakat Helen yang telah lama ia pendam. Tapi Helen merasa ada yang aneh dengan Lulu. Ia seperti menyembunyikan sesuatu. Sampai akhirnya Helen tau kalau Lulu mengidap pengakit kanker yang sangat parah dan masih berjuang melawan kematian. Helen jadi sedih. Diceritakannya perasaannya itu pada Tantenya. Tapi, Mama tak mengizinkan Helen berteman dengab Lulu dengan alasan karena Lulu tidak naik kelas 2 kali.

Suatu hari, anggota Klub mangkuk kebahagiaan berkumpul di ruangan mereka. Helen membuat sebuah pesawat kertas. Lulu juga ikut membuat sama baiknya dengan Helen. Saat Lulu sudah tidak bisa lagi ke sekolah karena kanker yang dideritanya, Helen menghadiahinya pesawat kertas. Lulu mengaku ia juga senang membuat pesawat kertas. Lalu pada suatu hari, Lulu mengirimkan sebuah album yang membuat ia bisa berjuang melawan kankernya. Semua anggota klub mangkuk kebahagiaan berkumpul dan membuka album itu. Tak lama, mengalunlah sebuah nada yang terurai indah dari bibir seorang gadis kecil. Gadis itu adalah, Helen!

Lulu sangat terkesan dengan suara Helen yang indah. Lagu yang Helen nyanyikan menceritakan tentang pesawat kertas dan impiannya menjelajah dunia. Sejak saat itu, Lulu jadi termotivasi dan senang membuat Pesawat kertas. Lulu ingin agar Helen bisa bersekolah di sekolah penyanyi ternama. Bukan di sebuah sekolah kec di pinggiran kota.

Mama menjadi semakin marah saat mengetahui hubungan pertemanan Helen dengan Lulu yang kian hari kian akrab. Mama manampar Helen dengan keras. Tante berusaha membela Helen. Tapi ia sendiripun tak mampu melawan kemarahan kakaknya. Jadi pada suatu siang, Tante menceritakan kisah Lulu yang paling tersembunyi. Lulu tidak naik kelas bukan karena ia bodoh. Melainkan karena ia sering tak masuk kelas karena kanker yang dideritanya. Bunda Lulu sangat sayang pada Lulu sehingga mau mengabulkan permintaan Lulu untuk bersekolah sebagaimana anak-anak lainnya. Karena mendengar lagu Helen di hari ketika tiket emasnya di sobek, Lulu menjadi semangat melawan kankernya. Padahal para dokter telah memvonisnya tidak akan selamat. Tapi ternyata Lulu berjuang sangat keras. Para dokter pun menjadi keheranan. San sejak itu, Lulu sangat ingin berteman dengan Helen. Lulu juga mengajak Helen dan semua anggota Klub mangkuk kebahagiaan untuk mengikuti panggung penyanyi terkenal.

Setelah mama mendengar semuanya, akhirnya ia mengizinkan Helen untuk menjadi penyanyi dan tidak memaksanya lagi untuk menjadi dokter atau bersekolah di sekolah dokter. Helen diizinkan untuk mengikuti kontes penyanyi yang manapun juga. Helen juga diizinkan untuk menuruti keinginan Lulu membawanya ke sebuah Panggung terkenal dan menyinyi untuk semua penonton yang hadir. Kontesnya berjalan lancar dan kini Helen sudah diterima sebagai seorang Penyanyi.

Yaah... Kira-kira begitulah yah. Kalian udah pernah baca bukunya? Kasih tau aku yaah.

Bonus nih. Kalau kalian mau buat tokoh untuk cerita kalian, buatlah tokoh unik yang akan terus terngiang di benak para pembaca. Contohnya seperti karakter Upin dan Ipin, Tayo The Little Bus, Nussa Rarra, dan masih banyak lagi. Selamat mencoba.

Okey, segitu aja tips yang bisa aku bagikan buat kalian. Aku harap dengan ini bisa membantu kalian yaah... Dadaaahh~

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post