Syahida Amalina A'la

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Tips Membuat Cerita yang Menarik #3 || Menambah Kosakata Baru

Tips Membuat Cerita yang Menarik #3 || Menambah Kosakata Baru

Lanjut gak yah? Lanjut dong..

Jadi yang ke tiga, kalian harus memperbanyak kosakata kalian. Maksudnya gimana? Maksudnya adalah kalian harus mencari agar bisa memdapatkan kosakata baru yang mungkin belum kalian ketahui. Caranya, bisa dengan sering membaca buku, buka-buka kamus, atau membaca koran dan majalah. Biasanya buku, koran, dan majalah punya banyak tulisan dan cerita yang bisa kita baca. Dan di cerita atau tulisan itu kalian akan bisa menemukan kosakata baru. Supaya kalian gak lupa sama kosakata baru itu, tulis di kertas atau buku. Setelah itu kaliam bisa cari di kamus arti dari kosakata baru itu.

Oh iya!

Kamus juga bisa memberi kita kosakata baru lhoo! Mau coba? Buktiin aja sendiri. Hehe ><.

Dengan menambah kosakata, kalian tidak hanya bisa menggunakannya dalam tulisan kalian saja. Tapi bisa kaliam praktikkan di kehidupan sehari-hari. Aku pernah loo ngalamin. Kira-kira 9 bulan yang lalu. Saat aku masih kelas 6 semester pertama. Aku ceritain dikit aja ya...

Jadi cerita nya gini. Waktu itu aku lagi zoom untuk persiapan Leadchamps ( Salah satu kegiatan wajib di penghujung sekolah dasar di Insantama ). Aku masuk di Tim Dokumentasi yang bertugas menyampaikan reportase, merekam video, memotret kegiatan, dan lain-lain. Waktu itu ada sebuah PPT yang ditampilkan di layar yang membahas tentang Apa yang dimaksud dengan Tim Dokumentasi.

"Kita, Tim Dokumentasi itu adalah orang yang... Yang.. Apa yah namanya yah?" Kata guruku kebingungan mencari kata.

Aku yang udah gatel pengen buka microfon, langsung aja menjawab "meng-abadikan".

"Ya, betul. Meng-abadikan. Lalu apa tugas kita? Tugas kita adalah menyusuri setiap kegiatan yang akan di... Di..."

"Skenariokan" Aku menjawab.

"Oke lah. Di skenariokan dalam kegiatan Leadchamps. Nanti kalian akan dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok akan dibagi menjadi 2 orang. Nah, kelompok itu nanti harus bekerja sama atau... Atau..."

"Berkolaborasi." Kataku lagi.

"Berkolaborasi. Bagus juga. Ada calon penulis nih disini."

Dalem hati aku ketawa sendiri. Mencari kata yang tepat kadang emang agak susah yah. Tapi itu semua bisa kita latih dengan cara terus menambah kosakata baru. Kalau aku bisa, kalian juga pasti bisa! Semangat yah.

Oh iya. Kalian tentunya pernah mendengar dengan kalimat ini : "Supaya tidak lupa, caranya adalah dengan mencatatnya di Buku catatan." setidaknya sekali kan? Tapi emangnya bener yah, kalimat itu? Jawabannya tentu saja benat dong. Karena "Ikatlah Ilmu dengan Menulis". Begitu kan? Tapi memang ada beberapa orang yang justru kalau ditulis itu malah menyulitkan mereka untuk mengerti. Atau kalau kalian tipe orang yang males nyatet atau males nulis, kalian gak perlu nulis setiap kosakata baru yang kalian dapat. Aku juga begitu. Asalkan kosakata itu diulang dalam satu konteks kalimat yang sejenis, aku akan bisa mengerti maksud atau arti dari kosakata tersebut.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Sory yah, singkat dulu ><

24 Aug
Balas

Gpp kak,Ide kak Syahida memang cakep deh!

24 Aug

Aaa... Makasih, Ayesh ♥

24 Aug



search

New Post