Syafara queno reynata

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Membuka Jendela Dunia Dengan Senyuman

MEMBUKA JENDELA DUNIA DENGAN SENYUMAN

“Buku adalah Jendela Dunia” ,hal itulah yang membuat mengapa kita harus banyak membaca buku.Seiring kemajuan teknologi dengan berbagai aplikasi gadget dapat membantu kita membaca buku dimanapun berada. Kemajuan teknologi diawali dengan pengetahuan dan pembelajaran. Darimana kita bisa memahami hal tersebut jika tidak dengan membaca?

Membaca bagi seorang siswa merupakan sesuatu kegiatan yang sudah biasa dilakukan setiap hari, namun kebiasaan itu membawa pada kondisi bahwa membaca hanya sebagai perantara mendapat ilmu dan mengerjakan tugas serta mengikuti ujian.

Bahkan kalau kita mengamati fonomena yang ada disetiap sekolah dan madrasah pada jam-jam istirahat cukup menarik, begitu bel istirahat berbunyi hampir seluruh siswa menyerbu kantin sekolah dengan beraneka ragam jajanan dan minuman.

Kantin penuh sesak siswa, tetapi suasana ini berbeda dengan salah satu ruangan dengan fasilitas yang diberikan mampu menginspirasi dan memotivasi hanya beberapa yang menyukai.........itulah perpustakaan yang seharusnya dapat menjadi pintu penjelajah dunia. Meski disaat waktu tertentu pimpinan Madrasah selalu menyampaikan tentang pentingnya perpustakaan, namun minat mengunjungi perpustakaan tidak banyak. Akhirnya banyak tindakan yang dilakukan untuk meningkatkan minat baca dikalangan siswa mulai dari donasi buku, membuat mading kelas,menulis cerita,pidato 3 bahasa untuk menumbuhkan gerakan literasi. Dibutuhkan adanya keterlibatan peran orang tua, karena membaca dimulai dari keluarga dimana anak mudah mengakses buku dirumah,buku mudah terjangkau, buku lebih sering terlihat daripada televisi.

Pembiasaan membaca buku harus dilakukan sedini mungkin,dengan membaca menumbuhkan rasa percaya diri dan wawasan perlahan akan meningkat.

Membaca buku dapat meningkatkan intelektualitas dan daya imajinasi yang bisa dituangkan, salah satu langkah kecil yang ditempuh yakni dengan berkarya seperti menulis, menggambar, bercerita,puisi, dan mempertajam didalam suatu informasi untuk menghasilkan hubungan yang baik dan gaya hidup yang bermanfaat. Akan menjadi kebanggaan juga rasa puas seandanya bisa menjadi motivasi banyak orang betapa pentingnya menjadi” orang yang berbeda” dan berkolaborasi, untuk menjadi lebih bersinar “Empower yourself and enrich your life”

Buku adalah keajaiban portabel yang unik seperti yang dikatakan Spehen King “membaca membuka kita kedunia imajinasi dan meningkatkan kreativitas”.Bagi sebagian penikmat buku, membaca untuk hobi atau hiburan dapat mendorong penggunaan waktu yang menyenangkan namun kegiatan membaca untuk menghasilkan sebuah tulisan memerlukan energi dan konsentrasi yang lebih dibandingkan dengan membaca hanya untuk mendapatkan informasi. Anak-anak yang mengerti akan pentingnya membaca, berperilaku dan befikir lebih baik pada berbagai kegiatan sekolah serta komunikasi lancar karena kosakata yang luas. Membaca adalah proses paling penting dalam menulis, disadari atau tidak dengan membaca buku pelajaran sekolah beberapa jam yang berisi tentang tokoh pahlawan, membuat kita mendapat pengalaman dan merangkum isi cerita untuk mempermudah kita mempelajari dan menyampaikan dalam bentuk cerita,puisi,pidato,.................luar biasa bukan??

Mulailah dari secarik kertas untuk dibaca dan tuangkan segala macam ide dan imajinasi menjadi sebuah tulisan yang menghasilkan karya yang kreatif,cerdas,dan bermanfaat. Kebiasaan membaca buku dapat memahami segala macam ilmu pengetahuan,menumbuhkan empati,menjadi pribadi yang lebih baik dan kita benar-benar mampu membuka jendela dunia. “Siapapun yang terhibur dengan buku-buku, kebahagiaan tak akan sirna dari dirinya” (Ali Bin Abi Thalib).

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post