Sunny Hinata

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

IQ rata-rata Masyarakat Indonesia | Pluss cara tingkatin IQ

Hai, hai, hai, teman-teman Sasisabu!!!

Kuulangi, namaku Sunny Hinata. Panggil saja, Sunny, ya? Ini nama Penaku sih... Nama asliku masih rahasia, Qiqiqi. Yang tahu cuma... Shofiya Syamal, dan Mayla Edellyn. Itu saja sih. Karena memang, dia teman sekelasku (maksudku sekolah), Xixixi.

Sudah, sudah. Nama Pena atau Nama Asli bisa menunggu. Eh, maksudku, bisa nanti-nanti.

Kalian tau IQ gak?

Nah, yang belum tau apa itu IQ, kukasih tahu yaa... IQ tuh kepanjangannya Intelligence Quotient. Atau dalam bahasa Indonesia, sebut saja, Kecerdasan Intelektual atau Kecerdasan Otak. Nah, kalian tau gak, bahwa selama 1 abad (100 tahun), dunia menganggap bahwa IQ-lah yang menjadi penentu kesuksesan. Makanya, kalau kita mau masuk sekolah, pasti ada Ujian dulu, kan? SD iya, TK iya, SMP iya, semuanya iya.

Nah, aku nanya nih, sama kalian. Jawab yang cepat, ya. JAWAB YANG CEPAT. 5 detik saja!

7 x 8 berapa?? satu...dua...empat...lima! berapa nih jawabannya?

Tanggal berapa Indonesia merdeka?? Hayooo, apa?

Kalian bisa jawab gak, sih? Nah, waktu kalian jawab pertanyaan itu, maka sesungguhnya yang kalian gunakan itu kecerdasan Intelektual.

Siapa yang menemukan IQ? Yang menemukan itu Alferd Binet. Tau, siapa Alferd Binet itu? Yaaa,,, cari di Google, ya, xixixi. Nah, waktu AIQ ini udah ditemuin, Perangkat ini dibawa ke Amrik (Amerika maksudnya) untunk ngetes semua tentara Amerika. Lalu, IQ dibawa keseluruh dunia, ya tujuannya untuk ngetes kecerdasan kita-kita ini.

Nah, Itutuh penjelasan yang baru kudapat dari buku ESQ For Teens 1. Ini baru buku 1 nya, ya. Belum buku 2, 3, nya.. Dari buku karya Ary Ginanjar Agustian dan Ridwan Mukri ini, aku akhirnya dapat inspirasi buat artikel ini. Akhirnya, aku nyari-nyari di Internet, semua tentang IQ (Idihh, lebay, deh ya?).

Kalian tau Negara paling Pintar didunia, eh, maksudku Negara yang rata-rata IQ masyarakatnya paling tinggi? Negara yang paling tinggi itu, ya, negara tetangga kita. Tau? Yup! Singapore. Walau negaranya kecil, IQ penduduknya tuh rata-rata 108 lohhh. 108??!! Yeah. Dari wikipedia, IQ 108 itu, berarti bahwa dia Normal Bright. Nah, ini kalau rata-rata. Belum lagi kalau orang paling pintarnya, Mungkinkah 128? Cerdas? Ataukah 130? Sangat Cerdas? Widihhh... Hebat dong, ya, kalau kita IQ nya 108 atau mmungkin, 300?! Kayak William James Sidis? Orang terpintar di dunia? Aamiin...

Kalau penduduk Indonesia IQ-nya rata-rata berapa? Hiks, ternyata Indonesia posisi IQ nya berada di posisi 70, dengan IQ rata-rata 84. IQ 84 berarti apa? Berarti Lambat... |~|

Kalian sedih, gak, IQ kita rendah? Posisi ke tujuh? Kalau Kalian IQ berapa? Kudoakan, IQ kita 200, Aamiin...

Nah, menurut beberapa sumber yang kubaca, seperti Alodokter, atau WikiHow (sumber yang paling kupercayai, tempatku bertanya apapun. Cari saja, id.wikihow.com atau download Apknya), mereka menyebutkan, bahwa ada cara loh, biar IQ kita tinggi. Hmm,, apaan ya?

Kalian mau tau? Aku gak maksa kok, kalau kaliang gak mau tau. Bagi yang mau tahu, yuks, lanjutin baca artikelku yang satu ini!

1. Ubah Rutinitasmu!

- Meditasi. Coba, deh, kalian Meditasi. Tau Apa itu Meditasi? Kalau nggak tau, yuks, pinjam buku Yoga atau buku Meditasiku di rumah. Xixixi, kuikhlaskan. Baik, to the point. Banyak riset mengatakan, bahwa Meditasi nggak cuma bagus untuk suasana hati, dan stress. Tapi juga, untuk Fungsi Otak. Coba deh, kalian Meditasi 30 menit setiap hari. Kayak aku, aku biasanya sehabis Olahraga (jogging, aerobik, dll) Meditasi (sembunyi-sembunyi sih). Kalian bisa kok Meditasi waktu bangun tidur, setelah olahraga, atau sebelum Tidur.

- Olahraga Rutin

Iya dong, Olahraga perlu. Olahraga dapat meningkatkan daya ingat, dan menjag aaliran darah di otak tetap lancar, sehingga sel saraf dan jaringan otak tetap sehat. Kalian bisa olahraga minimal 3x dalam seminggu, selama 30 menit setiap harinya.

2. Melatih Otak Lewat Permainan.

Wahhh, ternyata, main itu juga bisa meningkatkan IQ kita, lohhh! Tapi... Eits, Main nya ya, Permainan yang khusus. Masa', karena tau kalo Main bisa meningkatkan IQ, kita main terus? Sebentar-sebentar, "Maaaa, main Petak Umpet, yaaaa!". Dikit-dikit, "kita main bekel, yuk". Waktu ditanya, kok main terus, eeehhh, kita malah jawab, "Kan main itu meningkatkan kecerdasan, Maa." Lahhh?

Nah, permainannya khsus, dong. Misalnya, nih, main Puzzle, TTS, sudoku, Catur, Asah Otak (bisa juga Brain Out, dan Lumosity) Candy Crush, dll. Itutuh yg bermanfaat... Kalo aku lebih senang main TTS dan Brain Out.

3. Bermain Alat Musik

Widihhh, hebat banget dong, teman-teman yang bisa main Musik. Adakah yang bisa bermain Piano? Biola? Gitar? Suling? Angkat tangan yukk, yang bisa.

Nah, main Musik itu juga bisa ningkatin IQ. Menurut penelitian, main alat musik dapat melatih kemampuan sensoris dan berpikir, koordinasi fisik & daya ingat! Waduhhh, manfaatnya buanyakkk banget, ya??

4. Belajar Bahasa Asing

Wah, wah, wah. Yg bisa bahasa asing disini siapaaa??? Inggris? Jepang? Prancis? Katanya Alodokter, belajar asing tuh gak cuma memudahkan kita waktu keluar negeri, liburan, denger lagu, baca buku! Org yg belajar asing sejak dini tuh, dapat mendukung perkembangan otak dan meningkatkan kecerdasan nya!

(Aku sih belum. Bisa dikit-dikit. Cuma... malu kalau bicara Inggris dirumah. Bisa bicara Inggrisnya ditempat Kursus, Xixixi. Jangan ikutin aku, ya--si yang nulis aja, gak becus)

5. Baca Buku

Yaiyalahhh, masa' kita bisa Pintar tanpa baca buku? Nah, aktivitas klasik ini ternyata bermanfaat untuk melatih kemampuan berpikir, menambah wawasan serta meningkatkan kecerdasan. Hebat banget, yah? Rajin-rajin baca yuk!

6. Makan makanan yang bergizi

...

Nah, itu dulu deh, cara-caranya. Aku gak tau banyak memang, jadi maaf.

Kutanya lagi, kalian kepingin Pintar gak? Cerdas? Genius? Kayak Albert Einstein? B.J. Habibie? William James Sidiq? Thomas Alva Edison? Mary Curry? Walahhh, banyakbanget, ya, orang-orang yang genius kayak mereka ini.

Memang sih, mereka orang zaman dulu. Tapii, toh, ada juga kok orang Pintar zaman kita ini. Siapa? Tengok deh, B.J. Habibie. Beliau memang sudah wafat beberapa bulan lalu. Tapi aku merasa, beliau kayak masih ada di negeri ini.

Hmmm, selain B.J. Habibie, ada juga yang lain. Bahkan, artis-artis Indonesia, pun artis Hollywood, nggak ketinggalan juga Idol Korea yang sekarang lagi disenangi, juga buanyak yang cerdas. IQ nya diatas rata-rata.

Siapa coba? Pertama, Gita Gutawa. Yang kenal Gita Gutawa angkat tangan! Terus, Maudy Ayunda, Andi Arsyil yang ambil 3 jurusan sekaligus (Gila banget!). Nah, kalau yang Idol Korea, aku taunya RM (BTS). IQ nya itu mencapai 148! Hebat amat, yaaa.. Truss, ada juga Wendy dari Red Velvet. Waktu SMA, dia pernah meraih IPK 3.93 ! Bahkan, Wendy terpilih menerima penghargaan Obama Award! Aduhaiii, hebat banget ya.

Artis Hollywood? Hmmm, Natalie Portman. Ada yang kenal bintang Star Wars ini? IQ nya itu 140. Yaaa, walau nggak setinggi RM, ya kan? Yang kedua, Emma Watson! Yang sudah nonton Harry Potter tapi nggak tau siapa itu Emma Watson, wahhh, parah nihhh! IQ nya Emma Watson mencapai 138! Hampir 140, mentemen...

Nah, kita juga gak mau kalah dong, dari Maudy Ayunda, Gita Gutawa, Andi Arsyil, RM, Wendy, Emma, dan Natalie. Iya dong? Kita juga harus lebih hebat!!!

Eh, tapi, nyatanya, IQ tuh gak cukup biar kita sukses. Kita juga butuh EQ dan SQ. Kalau misalnya kita Cerdas, Genius, tapi gak punya teman, gak enak dong (EQ)? Kalau misalnya kita Genius n punya banyak teman tapi gak bahagia (SQ) gak enak banget, kannn?

Mau tau tentang EQ dan SQ? Yaudahhh, baca aja tuh, bukunya Ary Ginanjar Agustian, ESQ for Teens!

Bye dulu, ya... Thanks yang sudah baca artikelku.

Yang suka, follow. Terimakasih,

Assalamu'alaikuum!!!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Maksih infonya..suka bgt yang kaya gini. btw Jerome Polin belum di masukin xixi.. Aku belum pernah sebenarnya tes IQ, Sunny udah pernah?

19 Nov
Balas

pernah sij. tp langsung mual neglihatnya. xixixi, jd cuma main quiz aja

20 Nov



search

New Post