Sofi Marshella Djuned

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Karya Generasi Muda

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh, perkenalkan nama saya Sofi Marshella Djuned dan akan menulis cerpen tema "Yang Muda Yang Berkarya." Pada bulan Desember ini.

Disini saya menulis sebagai generasi penerus bangsa Indonesia seperti para pemuda lainnya. Yang muda, artinya ditunjukkan kepada para pemuda Indonesia, sedangkan karya adalah hasil kreasi seseorang dari pemikiran mereka sendiri, entah dalam bentuk gambar, musik, rekaman, dan sebagainya.

Yang muda yang berkarya, berarti tema ini ditunjukkan kepada para pemuda yang seharusnya berkarya dalam bentuk apapun supaya dapat mengembangkan bangsa Indonesia itu sendiri. Dengan karya karya yang mereka hasilkan, para penduduk luar negeri akan berpendapat positif tentang generasi muda negara Indonesia.

Karya itu sendiri dapat dikembangkan bersamaan dengan bakat kita. Contohnya, bakat si A menari, dia dapat merekam beberapa tarian tradisional yang bisa ia lakukan kemudian mempostingkannya di akun sosial media yang anak itu miliki. Sedangkan si B, memiliki bakat bernyanyi dan membuat musik, dia bisa saja membuat lagi lagi daerah dan menunjukkannya kepada para netizen di akun sosial medianya.

Disisi lain, apabila bakat si A dan B digabungkan justru menghasilkan karya yang lebih baik, si B bisa saja membuat lagu daerah sebagai latar belakang video si A yang sedang menari tarian tradisional dari lagu daerah tersebut.

Karya tidak hanya dihasilkan dari tarian dan musik, namun juga dapat berupa video keindahan alam, lukisan cantik, nada yang indah, gerakan lentur, alat musik yang dimainkan, tulisan yang menyentuh hati, dan karya lainnya yang dapat kita kembangkan.

Apapun karya mu, tidak peduli jika karya mu bagus atau tidak, namun setidaknya tunjukkanlah pada publik, seolah olah berkata: "Ini loh, karyaku!". Jangan hiraukan kesan negatif mereka, jadikan itu sebagai motivasi. Selama karya yang dihasilkan adalah murni dari diri kita sendiri, itu bukan masalah. Bahkan jika karya kita jelek sekalipun, kita tidak tahu apakah di masa depan akan berkembang atau tidaknya.

Tunjukkanlah pada publik bahwa kalian bisa berkarya. Dengan niat ingin menunjukkan, bukan menyombongkan. Selama niat kalian baik, In Syaa Allah respon mereka juga akan baik.

Apabila mereka melontarkan pujian, kita tidak boleh merasa bangga dengan karya kita sendiri, karena diatas langit masih ada langit. Jadikan kata kata pujian mereka sebagai motivasi kita, begitupun kata kata hinaan mereka. Tidak perlu terlalu merasa down akibat hinaan mereka, itu hanya akan mengurangi semangat kita untuk berkarya, pada akhirnya pun bisa saja kita malas untuk melanjutkan karya kita.

Dalam berkarya, kita bebas berekspresi atau berkreasi. Kita dapat memberikan sedikit bumbu untuk membuatnya menjadi karya dalam style kita. Seperti tarian yang diberikan gerakan ekstra, musik yang diberikan efek, tulisan yang diberikan majas, atau apapun itu. Dengan cara kita sendiri, karya tersebut akan mudah dikenal orang lain. Contoh mudahnya seperti karya lukisan yang terdapat tanda tangan kita, dengan begitu orang lain akan tau bahwa karya tersebut sudah jelas buatan kita.

Mungkin hanya segini yang bisa saya sampaikan, maaf apabila setiap paragraf terfokus pada kata karya, karya dan karya. Dari judul tema itu sendiri, apa yang ada di pikiran saya hanyalah kata "karya." dan tidak ada kata lain selain itu. Sekian kata kata yang bisa saya sampaikan, selebihnya mohon maaf apabila ada salah pengertian dalam suatu kalimat/kata. Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post