Sofi Marshella Djuned

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Buku Adalah Dunia Keduaku

Assalamualaikum, perkenalkan namaku Sofi Marshella Djuned,

bisa di panggil Shella atau Sofi. Saya akan membuat cerpen dengan tema "Aku Membaca, Masa Depanku Cerah". Apakah diantara kalian ada yang suka membaca? Sebagian dari kita menjadikan membaca adalah hobi dan ada yang menganggap hanya sebagai aktivitas untuk kebutuhan ilmu.

Pasti banyak anak kecil yang pernah dibelikan cerita dongeng

bergambar, oleh orang tua mereka, termasuk aku sendiri. Ibuku membelikan buku cerita tentang si kancil, ada juga yang menceritakan tentang kisah nabi. Sewaktu kecil aku suka membaca buku itu, karena gambar yang ada di buku menarik perhatianku.

Tidak peduli seberapa banyak diriku membaca, aku hanya

penasaran pada lanjutan isi cerita, itu yang aku pikirkan. Jika sudah menemukan buku yang menarik, terkadang aku membacanya hingga lupa waktu. Hingga memasuki sekolah dasar, aku tidak tertarik pada buku apapun selain buku sekolah, aku hanya fokus pada buku sekolah sejak itu. Setiap kali ada soal untuk dijadikan tugas kami, aku sering mencari jawaban tersebut dibuku dengan membaca buku terlebih dahulu.

Jika suatu soal yang aku anggap sulit, lalu salah satu temanku

datang untuk memberi jawaban, saya lebih memilih untuk menanyakan hal seperti ini, "Dimana kamu dapat jawaban itu?", Itu hal pertama yang aku pikirkan, karna pada awalnya aku tidak percaya dengan jawaban orang lain. Aku lebih memilih mencari kebenaran jawaban dengan mata kepalaku sendiri.

Semenjak diriku menginjak kelas tujuh, aku mulai paham

tentang buku yang disebut novel dan komik. Aku pikir kedua buku itu mirip, ternyata berbeda. Novel adalah buku cerita panjang yang tertulis dengan beberapa teks yang dijadikan ilustrasi, atau mungkin beberapa novel ada yang menggunakan foto ilustrasi, sedangkan komik adalah cerita bergambar, namun dengan tepian banyaknya garis yang di potong sehingga membentuk gambar yang lebih dari satu pada satu lembar kertas.

awalnya aku tidak tertarik, namun semakin lama, aku semakin tergoda untuk membaca novel dan komik tersebut. ada beberapa cerita yang menarik perhatianku. "Ma, boleh beli novel nggak? Buat buku literasi di sekolah, soalnya rutin baca sebelum pelajaran, terus suruh rangkum cerita yang sudah dibaca di jurnal. Shella ngak mau buku yang cerita si kancil, soalnya itu bosenin ceritanya" tanyaku sewaktu menginjak kelas tujuh.

"Iya nak, tapi jangan yang mahal mahal, kamu mau cerita yang kayak apa?" Tanya ibuku, lalu beliau menunjukkan beberapa foto buku di ponsel nya, ia membelinya secara online untukku, setelah beberapa menit saya memilih, akhirnya telah menemukan buku yang menarik.

"Ma, beli yang ini ma, ini murah, bukunya dapet tiga lagi" ucapku yang mulai bersemangat."Beli yang ini? Nanti mama pesenin, mungkin hari Rabu pekan depan sudah sampai dirumah."Kenapa aku tertarik untuk membeli novel? Itu karena diriku menemukan teman yang bernama Amel. Dia suka membaca cerita di aplikasi Wattpad, sampai dia membeli beberapa novel yang berisi cerita di wattpad tersebut.

Dia menunjukkan beberapa buku novelnya kepadaku, sehingga aku tertarik dan ingin memilikinya sendiri. Saat buku novelku datang, aku segera mengambilnya dari pengantar tersebut lalu segera membuka nya dengan ibuku. Waktu aku membukanya ternyata benar, aku mendapatkan tiga novel. karna ini kejadian lama, aku sudah lupa judul salah satu dari ketiga novel tersebut, namun dua buku lagi saya masih ingat, itu berjudul "Kertas Gabut" dan "IPA & IPS". Ibuku dan temanku tertarik saat melihat buku novel yang berjudul "IPA & IPS" milikku, mereka bilang dari judul buku ini, cerita ini pernah tayang di televisi. namun, aku kebingungan karna tidak pernah melihat siaran televisi yang menayangkan film tersebut. Aku lebih sering menonton film kartun saja.

Hingga saat ini, kedua buku tersebut sudah selesai ku baca, saya mulai merasa bosan, karena tidak ada buku lain yang bisa saya baca di saat waktu luang. Syukurlah temanku yang bernama Amel tersebut menunjukkan novelnya yang berjudul "Santri Pilihan Bunda," setelah aku membacanya ternyata cerita nya seru, walau mengandung cerita di atas umur, karna cerita ini berlanjut dari saat mereka bersekolah hingga menikah.

saat ini pun, aku juga meminjam buku novel milik temanku yang bernama Bela, ada beberapa cerita yang berbeda disana, karena alur yang berbeda. Namun, aku berpikir mungkin ada makna dibalik cerita tersebut. buku itu cukup tebal dari novel biasanya, mungkin aku akan puas untuk membacanya di waktu luang.

Tere Liye, apakah itu nama penulis di dunia penulisan? Aku tidak tau, namun kali ini aku benar benar tertarik dengan semua buku novel yang dibuat oleh penulis ini. aku melihat semua novel temanku, ada tiga buku, yang dimana penulis tersebut adalah Tere Liye. Satu, milik Sabrina berjudul "Hujan", dua, milik Bayu berjudul "anak yang spesial", dan ketiga milik Puput, namun saya lupa dengan judul miliknya.

Disaat ada jam kosong di kelas, aku menyempatkan diri untuk membaca buku pelajaran, disaat diriku merasa bosan. aku membaca buku pelajaran yang sesuai dengan jam pelajaran yang diberikan. Contohnya disaat jam pelajaran IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial), biasanya aku membaca buku tentang materi yang kemungkinan akan dibahas oleh guru, dengan ini, saya bisa mengetahui dan mengerti lebih awal tentang materi tersebut.

Namun disaat saya tidak tertarik untuk membaca buku

pelajarannya, maka akan membaca novel yang lanjutannya belum dibaca. Dibanding membaca buku pelajaran namun tidak ada yang di mengerti, lebih baik membaca novel. Itu pendapatku.

Setelah saya pikirkan lebih lanjut, membaca cukup menyenangkan jika di waktu tertentu, bahkan akupun membaca buku novel hingga tenggelam kedalam cerita tersebut seolah olah masuk ke dunia novel. Mungkin hanya segini cerita pengalaman saya yang berkaitan dengan tema, sebelumnya saya minta maaf jika ada kesalahan kata (typo).

Wassalamu'alaikum. Wr. Wb

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post