Sekar Ayu Anindya

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Baik Jahatnya Gawai

Baik Jahatnya Gawai

Hidup di zaman seba modern ini terdapat banyak barang tentu memberi kita para manusia banyak manfaat. Berbagai teknologi-teknologi canggih yang dapat membantu manusia dalam menjalani hidup. Contohnya handphone yang selalu kita bawa kemanapun kita pergi saat ini. Handphone diambil dari nama telepon yang merupakan sebuah alat komunikasi yang dapat menghubungkan suara dari tempat yang berbeda. Berbeda dengan zaman sekarang, dulu hanya tersedia telepon bernamakan sound telegraph yang hanya bisa menghubungkan komunikasi dalam bentuk suara antara dua orang dengan menggunakan perantara kabel, hingga sekarang bisa sejauh manapun tanpa harus menggunakan kabel.

Banyak manfaat yang dapat kita petik dari teknologi ini. Salah satunya, kita jadi lebih dimudahkan dalam mencari informasi. Karena kalau pada suatu saat kita membutuhkan informasi, kita hanya perlu membuka handphone dan mencari informasi yang ingin dicari melalui google. Kemudian manfaat lainnya yaitu penyebaran informasi menjadi lebih pesat. Seperti dulu pada saat Aceh dilanda tsunami pada tahun 2004. Banyak orang diluar Aceh yang sama sekali tidak mengetahui bencana itu. Untungnya ada seorang wanita bernama Cut Putri telah merekam dan memviralkan kejadian itu lewat media sosial. Akhirnya setelah banyak orang mengetahui bencana yang telah dilanda warga Aceh waktu itu, mereka berbondong-bondong memberikan bantuan makanan, tenda-tenda, dan kebutuhan pokok lainnya. Lalu kita juga dimudahkan dalam menjalani hidup. Kita bisa membeli barang secara online jika tidak ingin keluar. Sekarang juga ada mobile banking, sebuah aplikasi yang dapat memudahkan penggunanya untuk membayar suatu barang tanpa harus lewat cash.

Namun dibalik semua itu, banyak pula dampak negatif yang diberikan oleh handphone ini. Bila penggunaan handphone dilakukan dengan waktu yang lama, maka mata akan bekerja lebih keras. Dan apabila hal ini terjadi secara terus menerus, akan ada kerusakan pada mata. Mata kita bisa saja menjadi mudah lelah, minus, bahkan silinder. Selain itu kita juga bisa mengalami penambahan berat badan akibat kurangnya bergerak.

Oleh karenanya jika kita tidak ingin mendapatkan dampak buruk tersebut, kira harus untuk membatasi penggunaan handphone. Banyak cara dapat kita gunakan agar bisa membatasi penggunaan handphone. Salah satunya kita bisa memulainya dengan belajar dengan lebih giat. Belajar apapun itu. Bisa belajar menggambar, menulis, pelajaran, atau mungkin berolahraga. Lakukan suatu kegiatan yang tidak perlu menggunakan handphone. Dengan begitu kita bisa mengurangi penggunaannya, karena dengan melakukan itu kita bisa lebih fokus untuk mengasah kemampuan yang dimiliki. Alih-alih bermain handphone kita bisa mengikuti lomba-lomba yang kita minati. Kalau kalah ya...ya sudah. Kalau menang ya alhamdulillah. Sertifikatnya pun juga pasti berguna untuk pendaftaran sekolah lanjutan.

Handphone memanglah sangat berguna untuk membantu kelangsungan hidup manusia. Namun segala sesuatu yang berlebihan pasti tidak akan berdampak baik. Gunakanlah handphone dengan bijak, dengan begitu kita bisa terhindar dari dampak buruknya dan mendapat manfaatnya.

Hai teman-teman namaku Sekar Ayu Anindya, kalian bisa memanggilku Sekar. Aku lahir pada tanggal 8 November 2008 di Jember Jawa Timur. Jika teman-teman ingin menghubungi saya, teman-teman bisa lewat email([email protected]), atau lewat WA(083852059577) atau bisa juga dm lewat instagram (@jellang_kun)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post