Sarah Delfia Manurung

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Generasi Muda Indonesia

Generasi Muda Indonesia

Oleh : Sarah Delfia Manurung

Pemuda pemudi Indonesia adala generasi yang kelak akan melanjutkan perjuangan para pahlawan untuk mengisi kemerdekaan Indonesia. Generasi yang cerdas dan berkualitas sangat dibutuhkan untuk menunjang tercapainya kesejahteraan Indonesia. Peran generasi muda juga dibutuhkan dalam proses meneruskan Pembangunan Nasional demi kemajuan bangsa.

Kesadaran akan bagaimana masa depan Indonesia haruslah dimiliki oleh para pemuda. Kesadaran untuk menjadikan Indonesia lebih baik dan berani berkarya untuk Indonesia adalah sikap pemuda yang harus dikembangkan. Generasi muda haruslah melanjutkan dan mempertahankan sikap para pahlawan dahulu dalam mencapai kemerdekaan.

Indonesia membutukan generasi yang siap dan mampu untuk memajukan Indonesia dengan berbagai karya luar biasa. Sangat disayangkan jikalau pemuda Indonesia tidak menyadari bahkan tidak memikirkan bagaimana kelak kehidupan Indonesia jika para generasi tidak mau berusaha untuk kemajuan bangsa. Banyak pemuda masih dijajah oleh rasa malas. Bahkan pergaulan yang tidak sehat yang menjadikan para pemuda tidak sesuai dengan Pancasila. Dan masih banyak lagi tindakan pemuda yang menyia-nyiakan waktu muda nya tidak untuk masa depan yang cerah melainkan berleha-leha dengan waktu.

Sejak zaman penjajahan dahulu, peran pemuda yang cerdas, bertanggung jawab dan patriotisme sudah dirasakan Indonesia. Seperti Budi Utomo dan Sumpah Pemuda adalah bukti bahwa peran pemuda yang berkualitas sangatlah dibutuhkan Indonesia. Oleh karena itu para generasi muda sekarang haruslah melanjutkan sikap pejuang muda yang terdahulu.

Pada zaman milenial seperti sekarang ini, masih banyak generasi yang terjerumus dalam hal-hal negatif. Seperti mengonsumsi narkoba, pergaulan bebas, tawuran liar dan bahkan banyak generasi yang melupakan budaya Indonesia dan lebih menyondongkan sikap-sikap budaya asing. Hal ini sangatlah disayangkan. Generasi muda Indonesia harus memiliki karakter positif karena merekalah yang menentukan masa depan Indonesia.

Jika pemuda rusak, maka kemajuan Indonesia tidak akan ada kejelasannya. Oleh sebab itu alangkah lebih baik jika karakter para pemuda dibangun sejak dini. Pendidikan karakter sangatlah dibutuhkan untuk menciptakan generasi yang sesuai dengan sila-sila Pancasila.

Banyak cara agar pemuda memiliki karakter baik. Salah satunya adalah kegiatan pramuka. Pada masa kini pembangunan karakter para pemuda pemudi dapat dilihat dari kegiatan pramuka. Kegiatan pramuka menjadi salah satu wadah untuk para pemuda pemudi Indonesia menumbuhkan sikap-sikap yang positif. Pramuka adalah singkatan dari Praja Muda Karana yang artinya Jiwa Muda yang Suka Berkarya.

Kepramukaan adalah sebuah kegiatan pembinaan diluar jam sekolah.Prinsip dasar dan metode kegiatan pramuka adalah untuk pembentukan watak, karakter, akhlak dan budi pekerti luhur pada anggotanya.

Bukankah lebih baik jika para generasi muda menggunakan masa mudanya dengan hal positif yang bermanfaat? Mengikuti organisasi atau ekstrakurikuler diluar jam sekolah menjadi salah satu jalan alternatifnya. Daripada waktu sehabis sekolah digunakan untuk hal yang tak berguna, lebih baik mengikuti ekstrakurikuler untuk memakai waktu tersebut dengan baik. Sebenarnya masih banyak cara untuk memanfaatkan waktu tersebut, mengikuti kegiatan pramuka adalah salah satunya dengan catatan tak lalai pada sekolah yang menjadi nomor satu.

Ke-efektifan pramuka dapat terlihat dari kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam kepramukaan. Membangun sikap bertanggung jawab, bekerja keras, rela berkorban, gotong royong dan lain sebagainya dapat dilatih didalam kegiatan pramuka. Kegiatan ini juga sudah tertanam dalam diri Indonesia sejak zaman dahulu. Sikap luhur untuk menjadikan generasi muda Indonesia lebih baik haruslah ada pergerakan untuk perubahan menuju kemajuan.

Sarah Delfia Manurung adalah seorang gadis yang berasal dari Desa kecil, Semunai, yang terletak di Kecamatan Pinggir, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau. Gadis kelahiran 12 April 2008 yang akrab dipanggil Sarah adalah salah satu siswi di SMPN 1 PINGGIR, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau. Hobi akan kepenulisan membuat Sarah ingin menjadi pegiat literasi di sekolah tempat dirinya menimba ilmu. Dengan prinsip yang Ia pegang ‘boleh lelah tetapi tak boleh menyerah’ menjadikannya gigih dalam belajar kepenulisan. Dengan nomor WA aktif 082171989986 dan email [email protected].

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post