Sanjana nazmi

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Berawal dari media sosial, berujung prestasi

Berawal dari media sosial, berujung prestasi

BERAWAL DARI MEDIA SOSIAL, BERUJUNG PRESTASI

Oleh Sanjana Nazmi

Teknologi informasi menjadi sarana utama, untuk menunjang faktor-faktor pendidikan dari hulu ke hilir. Mulai dari metode pembelajaran, media pembelajaran, kualitas sumber daya manusia, hingga menciptakan lingkungan dan suasana akademik yang mendukung.

Di zaman yang serba mustahil ini, generasi muda seperti saya sangat mengenal apa itu media sosial karena hampir setiap waktu mengaksesnya. Bagi saya, media sosial sudah sangat penting di zaman ini untuk kepentingan pembelajaran dan beragam aktivitas lain. Tidak dapat dipungkiri, bahwa setiap orang akan memiliki lebih dari satu akun di salah satu situs media sosial. Bahkan, beberapa orang menganggap, bahwa media sosial hanya membuang-buang waktu, karena mengalihkan pikiran dari rutinitas sehari-hari. Faktanya, generasi muda lebih mementingkan bermain game, menulis komentar negatif, menyebarkan berita negatif, dibandingkan memanfaatkan media sosial untuk hal positif. Padahal, banyak sekali hal-hal yang dapat dilakukan untuk berprestasi di dalam media sosial. Namun, terlepas dari itu terdapat beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan prestasi kita. Beberapa contoh aplikasi yang dapat membantu para pelajar, seperti Olimpiade Online. Kita dapat memanfaatkan sosial media, seperti Instagram, Tik tok, Twitter, Facebook, dan lainnya, untuk mencari informasi tentang peluang mengasah otak kita melalui Olimpiade Online. Olimpiade ini memudahkan para penggunanya agar tidak kesulitan moda transportasi dan tanpa menyita cukup banyak waktu.

Pemanfaatan media sosial lain dapat dibuktikan dengan peningkatan ketrampilan literasi, komunikasi, dan membaca dengan fitur tambahan yang membuat penggunanya tidak mudah bosan. Media sosial berisi chatting, video, komentar, berita, artikel, dan eBook yang dapat membantu para pelajar seperti saya, untuk mendapat banyak materi dari fitur tambahan tersebut. Media sosial juga dapat digunakan sebagai platform pengajaran. Kita dapat mengunggah video pengajaran atau akademisi di YouTube, Facebook, Twitter, Instagram, dll agar dapat dicontoh dan diakses semua orang di seluruh dunia. Cara ini dianggap efektif untuk mendapat pengakuan dari seluruh dunia dan mudah menjalin pertemanan dengan pelajar atau orang lain. Manfaat penting lainnya dari media sosial adalah kolaborasi. Melalui kolaborasi, kita dapat bekerja sama secara intelektual dan sosial, untuk mencapai tujuan bersama (mendapat ilmu baru). Kita dapat memanfaatkan media sosial untuk mengumpulkan berbagai informasi baru dari waktu ke waktu tanpa batas ruang dan waktu. Kita juga dapat membuat konten pembelajaran sendiri. Melalui konten yang dibuat, kita dapat melatih ilmu komunikasi di depan banyak orang di seluruh penjuru dunia tanpa batasan. Selain itu, kita dapat terhubung dengan teman, kolega, teman sebaya, keluarga, dan sebagainya. Media sosial juga dianggap mampu mengekspresikan diri, misalnya dengan memposting foto, vlog, artikel, video, klip audio, dan sebagainya. Hal ini memungkinkan kita untuk mempelajari bakat mereka di masa depan. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memposting sesuatu, seperti informasi yang bermanfaat, dan tidak memposting sesuatu yang berdampak negatif (menyindir, merendahkan, mengejek, dan sebagainya). Pemanfaatan sosial media untuk pembelajaran online seperti situs web e-learning secara bebas.

Selain itu, media sosial dapat menarik perhatian jutaan orang di seluruh dunia, salah satunya saya sebagai siswa yang terbantu dengan aplikasi ini. melalui fitur-fitur dalam media sosial, saya mendapatkan trik jitu mengerjakan soal-soal yang awalnya sulit seperti Matematika, IPA, dan sebagainya. Saya mengakses media sosial seperti Tik-Tok yang menawarkan cara mudah mengerjakan soal termasuk cara menghafal rumus. Alhasil, saya mendapatkan nilai bagus pada beberapa mata pelajaran (Matematika dan IPa). Bagi saya, media sosial adalah salah satu platform pembelajaran online yang bagus dan mudah diakses banyak orang jika dimanfaatkan secara positif. Saya merasakan sangat senang mengakses media sosial karena dapat membantu saya mendapatkan nilai bagus pada beberapa mata pelajaran. Semoga semua teman saya dapat berpikiran seperti saya dan lebih memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk mendapat prestasi.

Profil penulis

Sanjana nazmi lahir di Jember pada 03 September 2009. Siswi MTSN 2 JEMBER.

Memiliki hobi membaca dan menulis. Cita citanya menjadi penulis hebat yang bermanfaat bagi Nusa dan bangsa.

Dia dapat dihubungi melalui nomor WA 087828055722 atau e-mail [email protected].

Profil guru pembimbing

Heny retna anggraeny, S.S. dia seorang guru mata pelajaran bahasa Indonesia, tepatnya di sekolah MTSN 2 JEMBER

Dia dapat di hubungi melalui nomor WA 0813-3454-0308 atau melalui email [email protected]

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post