Salsabila Putri Hidayatullah

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Pentingnya Berpendidikan

Pentingnya Berpendidikan

Pendidikan adalah menciptakan seseorang yang berkualitas dan berkarakter sehingga memiliki pandangan yang luas kedepan untuk mencapai suatu cita- cita yang diharapkan dan mampu beradaptasi secara cepat dan tepat di dalam berbagai lingkungan. Pada dasarnya pendidikan itu sendiri akan memotivasi diri kita untuk lebih baik dalam segala aspek kehidupan.

Kapan seseorang mulai mendapat pendidikan? Pendidikan bisa saja berawal dari sebelum bayi lahir seperti yang dilakukan oleh banyak orang, misal dengan mendengarkan musik dan membacakan bacaan-bacaan kepada bayi dalam kandungan dengan harapan ia bisa mengajari bayi mereka sebelum lahir.

Mengapa? Karena sejak kecil setiap anak memiliki hak serta kewajiban yang melekat dalam diri pribadinya, dalam hal mendapatkan pendidikan dan tidak bisa diwakilkan ataupun dihilangkan dalam diri mereka. Sejak dini anak-anak sudah mulai dididik serta mendapatkan haknya untuk belajar, untuk mendapatkan pendidikan. Namun sayangnya itu semua belum membuka pikiran banyak orang tentang apa tujuan dalam menempuh pendidikan?.

Pendidikan sangat besar pengaruhnya dalam mewujudkan manusia yang utuh dan mandiri serta menjadi manusia yang mulia dan bermanfaat bagi lingkungannya. Pendidikan memberi kontribusi yang sangat besar terhadap kemajuan suatu bangsa dan merupakan wahana dalam menerjemahkan pesan-pesan konstitusi serta membangun watak bangsa.

Pendidikan yang telah ditetapkan oleh dinas pendidikan yaitu pendidikan wajib selama 12 tahun yang terbagi kedalam 3 tingkat (SD,SMP/MTs,SMK/MA) merupakan dasar yang wajib ditempuh seluruh pemuda dan pemudi di Indonesia. Perlu diketahui bahwasannya tujuan pendidikan adalah untuk memerdekakan manusia.

Menurut Oemar Hamalik (2001: 79) menjelaskan bahwa “Pendidikan adalah suatu proses dalam rangka mempengaruhi siswa agar dapat menyesuaikan diri sebaik mungkin terhadap lingkungan dan dengan demikian akan menimbulkan perubahan dalam dirinya yang memungkinkannya untuk berfungsi secara kuat dalam kehidupan masyarakat”.

Sedangkan menurut UU No. 20 tahun 2003 pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana pembelajaran dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan keagamaan spiritual, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya sendiri, masyarakat, bangsa, dan Negara.

Jadi, kemajuan bangsa ditentukan oleh para pemuda yang berkepribadian, cerdas, berakhlak mulia, serta memiliki ketrampilan. Tidak akan tercipta pemuda cerdas jika tidak mengambil langkah untuk terus belajar dan menempuh pendidikan. Berjuta-juta anugerah lahir dari pemuda yang berjuang menempuh pendidikan,bangkit dari keterpurukan serta ciptakan terang dalam kegelalan.

"Ketika muda kita habisi dengan bermalas-malasan, maka tua juga akan malas-malasan lalu tak terasa besok mati. Namun kalau kita banyak belajar dan banyak analisis maka saat dia tua dia menang.Keberhasilan bukanlah milik orang yang pintar. Keberhasilan adalah kepunyaan mereka yang senantiasa berusaha." -Bj-Habibie

Biodata penulis

Salsabila Putri Hidayatullah, Bekasi 8 November 2004 Saat ini bersekolah di SMK Al Muslim Tambun Email. [email protected] No WhatsApp. 0896-1716-0979

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post