Salsabila Putri Hidayatullah

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Kenakalan Pada Remaja

Kenakalan Pada Remaja

Jika Kita sudah mendengar kata pergaulan bebas pasti pikiran kita langsung mengarah kepada yang negatif atau perilaku buruk. Di zaman yang semakin berkembang dan modern ini,tidak selalu membawa hal positif, ada pula hal negatif yang dapat menyeret remaja dalam pergaulan bebas. Pergaulan bebas ini bisa membawa dampak buruk bagi pertumbuhan anak remaja bahkan dapat memberikan dampak buruk bagi orang lain juga.

Pergaulan bebas yang dilakukan oleh remaja biasanya bagian dari eksistensi diri, pelampiasan emosi atau rasa kecewa yang dialami. Pergaulan bebas merupakan tindakan yang sangat tidak terpuji. Pergaulan bebas adalah jalinan pertemanan dalam kehidupan bermasyarakat yang bersifat lepas atau tidak terikat. Perilaku remaja tidak dapat diterima secara sosial hingga menyebabkan tindakan kriminal.

Macam-macam pergaulan bebas seperti penyalahgunaan narkoba, seks bebas, mabuk, dan kenakalan remaja lainnya. Dampak dari permasalahan ini juga bermacam macam, anak remaja bisa saja putus sekolah, menurun prestasi belajar bahkan hingga hamil diluar nikah. Pergaulan bebas yang penting untuk diwaspadai adalah seks bebas, merokok dan minum-minuman keras di kalangan remaja, tawuran, konsumsi obat-obatan terlarang.

Penyebab pergaulan bebas adalah lemahnya kontrol diri,mengikuti gaya hidup atau tren modern yang tidak sesuai dengan norma yang berlaku, kurangnya pendidikan agama, kurangnya kasih sayang dan perhatian dari orang tua, pengaruh teman sebaya, pengaruh internet. Dari segi agama, remaja yang terlibat dalam pergaulan bebas dan melakukan berbagai perilaku menyimpang mendapatkan dosa besar contohnya zina. Dalam Islam, zina tergolong dosa besar yang memperoleh hukuman berat di dunia dan di akhirat.

Perilaku zina adalah hubungan seksual yang dilakukan oleh dua orang berlainan jenis yang sudah baligh dan tidak terikat akad pernikahan. Dalil larangan mendekati zina ini tertuang dalam surah Al-Isra' ayat 32 sebagai berikut yang artinya "Dan janganlah kamu mendekati zina, sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan jalan yang buruk".

Pergaulan bebas sendiri bisa jadi, menjadi hal yang menyenangkan dan membahagiakan bagi sebagian orang atau masyarakat. Ia tidak dipenuhi dan direpotkan oleh berbagai aturan yang mengekang dan juga harus diterapkan oleh dirinya. Padahal, bagaimanapun juga pergaulan bebas adalah sistem yang rusak.

Pergaulan bebas akan mengedepankan kepada hawa nafsu dan kesenangan pribadi. Minum minuman khamr, membuka aurat, tanpa ada batasan lawan jenis tentu akan membuat moral masyarakat menjadi rusak tidak terkendali. Untuk itu, kerusakan moral bisa juga bermula dari pergaulan bebas tanpa batas.

Sebagai orang tua penting bagi kita untuk memahami apa itu pergaulan bebas begitu pun dengan dampak yang ditimbulkan dan cara mengatasinya. Ketika kita sudah mengerti maka komunikasikan dengan anak sebaik mungkin agar mereka memahami risiko yang ditimbulkan bila memilih pergaulan bebas.

Maka dari itu marilah para orang tua untuk mengajarkan anak-anaknya untuk menjadi orang yang baik dan belajar mendekatkan diri kepada Allah, karena agama mengajarkan ibadah dan taat, jalankan apa yang diperintahkan oleh Allah dan tinggalkan apa yang dilarang oleh Allah.

Biodata Penulis

Bekasi tahun 2004, hari Senin tanggal 8 November telah lahir seorang bayi perempuan yang diberi nama Salsabila Putri Hidayatullah. Saat ini bersekolah di SMK Al Muslim Tambun Email. [email protected] No WhatsApp. 0896-1716-0979

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post