Salma Novia Sari

Salma Novia Sari, lahir di Padang, 27 November 2007. Saat ini bersekolah di SMPN 24 Padang. Memiliki hobi olahraga, menulis, membaca, dan menonton film. Bercita...

Selengkapnya
Navigasi Web
PERGAULAN BEBAS DAPAT MERUSAK DIRI DAN MASA DEPANMU

PERGAULAN BEBAS DAPAT MERUSAK DIRI DAN MASA DEPANMU

Sebelum berbicara soal pergaulan bebas, apakah kalian semua tahu apa itu pergaulan bebas? Pergaulan bebas adalah jalinan pertemanan dalam kehidupan bermasyarakat yang bersifat lepas atau tidak terikat.

Pergaulan bebas merupakan salah satu bentuk perilaku yang menyimpang yang melewati batas dari kewajiban, tuntutan, aturan sosial maupun agama, syarat, dan perasaan malu. Pergaulan bebas harus dihindari karena dapat membahayakan kesehatan, keselamatan, dan masa depan seseorang. Pergaulan bebas sering terjadi dikalangan remaja saat ini. Banyak kasus pergaulan bebas pada remaja yang dapat kita temukan saat ini, diantaranya adalah merokok dibawah umur, seks bebas, konsumsi alkohol, ikut serta dalam tauran. Pergaulan memiliki pengaruh dalam membentuk kepribadian seorang remaja.Pergaulan bebas pada remaja bisa berdampak baik dan bisa juga berdampak buruk bagi mereka, keluarga, lingkungan, bahkan bisa merusak masa depan seseorang.

Dampak buruk dari pergaulan bebas diantaranya adalah terhambatnya pendidikan, turunnya prestasi yang diraih, remaja akan mengalami gangguan kesehatan, bahkan dapat merenggangnya hubungan remaja dengan keluarganya.

Selain dampak buruk, ternyata pergaulan remaja juga berdampak baik. Diantaranya adalah remaja sangat mudah dalam berteman, bersosialisasi, bahkan dapat dengan mudah menerima hal baru.

Pergaulan bebas pada remaja secara umum dapat disebabkan oleh faktor lingkungan, keluarga, bahkan sekolah. Seorang remaja akan sangat mudah dipengaruhi oleh keadaan lingkungan sekitarnya, dia menemukan sesuatu yang baru dan muncullah perasa ingin mencobanya. Teman yang kurang baik juga menjadi salah satu faktornya, biasanya mereka diminta untuk melakukan apa yang diinginkan teman, karena penasaran, remaja secara tak sadar melakukannya. Selain itu, faktor keluarga juga dapat mempengaruhi remaja melakukan pergaulan bebas, salah satunya disebabkan oleh perceraian orang tua. Akibat perceraian tersebut, biasanya mereka harus memilih untuk hidup dan tinggal dengan salah satu dari orang tuanya. Mereka terasa terpukul karena hal ini biasanya terjadi karena hal yang tidak terduga. Bahkan remaja yang umumnya ceria dan tenang berubah menjadi remaja yang pendiam dan pemberontak.

Pergaulan bebas pada remaja dapat diatasi dengan cara memilih lingkungan pergaulan, memiliki dengan siapa berteman, memberikan penyuluhan tentang bahaya pergaulan bebas pada remaja, dapat membedakan mana yang baik dan mana yang buruk, adanya kesadaran remaja untuk berubah menjadi yang lebih baik lagi.

Lakukanlah yang terbaik, tidak ada kata terlambat untuk berubah. Jangan merasa paling suci, karena kita hanya beberda dalam memilih dosa. Semangat! Masih banyak hal yang baik di dalam diri kalian.

Teruslah berjuang untuk menjadi yang terbaik, karena perjuangan-perjuangan akan membawa kesulitan-kesulitan. Pengalaman besar tidak hanya menuntut pengalaman, tetapi juga menuntut keberanian.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Selamat Membaca

24 Feb
Balas



search

New Post