Sabrina Elysia Maharani

Hai! Bagaikan seorang putri dari syurga memegang mawar putih. Namaku Sabrina!...

Selengkapnya
Navigasi Web
Tubuh Kuat, Jiwa Sehat, Prestasi Meningkat

Tubuh Kuat, Jiwa Sehat, Prestasi Meningkat

“Mens Sana in Corpore Sano”, Dalam Tubuh yang Sehat, Terdapat Jiwa yang Kuat. Itulah pernyataan dari seorang penyair Romawi, Decimus Lunius Juvenalis pada abad ke-2. Quote ini biasanya sangat erat kaitannya dengan kegiatan Olahraga. Mengapa demikian? Karena menurut para ahli, olahraga merupakan salah satu alternatif kesehatan. Baik itu kesehatan fisik, juga kesehatan mental. Olahraga sering kita jumpai dalam kehidupan sehari hari. Sejak kecil kita diajarkan cara berolahraga. Namun, apakah kamu tau apa itu olahraga? Olahraga dapat di definiskan sebagai semua bentuk aktivitas fisik yang dilakukan baik dalam bentuk kompetitif atau juga santai dengan tujuan kesehatan maupun rekreasional.

Banyak sekali pilihan kegiatan olahraga yang bisa dilakukan terutama oleh remaja. Ada senam, lari, badminton, volly, basket, berenang, dan lain sebagainya. Namun, tak sedikit orang yang justru tidak menyukai olahraga. Mereka belum menyadari betapa pentingnya olahraga dalam kehidupan sehari-hari. Kebanyakan orang baru menyadari pentingnya olahraga ketika mereka sudah Lansia atau bakan sakit-sakitan. Padahal, olahraga itu banyak manfaatnya bagi tubuh kita. Mulai dari menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan daya pikir, mengidealkan badan, mengurangi stress bahkan bisa menurunkan resiko kita untuk terkena penyakit.

Berolahraga juga dapat dilakukan untuk prestasi. Indonesia sudah memiliki banyak sekali atlet olahraga. Dan tidak sedikit atlet yang berhasil menjuarai kejuaraan olahraga tingkat dunia. Untuk menjadi atlet yang berbakat diperlukan proses yang tidak mudah. Sama seperti yang saya alami, selama kurang lebih 5 tahun saya menekuni olahraga renang. Dari yang awalnya hanya sekedar bermain air sampai saya memutuskan untuk lebih serius menjadi seorang atlet renang. Harus saya akui, proses untuk menjadi atlet tidak mudah juga memakan waktu dan biaya yang banyak. Diperlukan latihan yang rutin, fokus serta harus mengerahkan tenaga yang banyak. Saya harus pandai-pandai membagi waktu, menjaga jumlah kalori makanan, serta harus istirahat yang cukup. Saya juga harus mengorbankan masa bersantai dan bergurau saya dengan teman-teman dengan berlatih minimal 2 jam sebanyak minimal 4 kali seminggu. Hal itu belum termasuk latihan fisik seperti kardio dan angkat beban.

Namun pada akhirnya, saya menyadari bahwa remaja diusia saya harus mulai fokus untuk kehidupan kedepannya. Kemana tujuan sekolah nanti, kemana hidup akan dibawa pergi. Dan setelah melewati masa-masa sulit tersebut saya mengikuti perlombaan o2sn SMP cabor Renang dan akhirnya memenangkan juara ke-3 dalam semua gaya renang tingkat Kabupaten Kuningan pada tahun ini, 2023. Sebelumnya saya pernah mengikuti perlombaan dalam bidang olahraga renang di tingkat lokal yaitu pada tahun 2022 Kabupaten Cirebon dan meraih peringkat ke-2 pada nomor pertandingan 50m gaya dada putri, dan peringkat ke 3 pada nomor lomba 50m gaya punggung putri.

Jauh sebelum keberhasilan saya raih, dulu pada saat saya masih bersekolah di Madrasah Ibtidaiyah, saya gagal mengikuti perlombaan o2sn SD tingkat Kabupaten. Hal itu dikarenakan hanya murid SD saja yang diikutsertakan dan siswa MI tidak diperbolehkan. Pada saat itu saya sangat kecewa karena sudah jauh jauh hari mempersiapkan diri, sehingga saya pernah menarik diri untuk latihan berenang lagi. Namun karena orang tua saya selalu menyemangati saya dari awal, saya akhirnya kembali lagi ke dunia renang.

Hikmah yang bisa saya ambil dari pelajaran hidup di masa lalu adalah kesabaran adalah kunci dari keberhasilan. Sebagai manusia kita juga dilarang untuk berputus asa. Oleh sebab itu, penting bagi kita agar menjadi pemuda yang selalu bersyukur dengan semua nikmat yang telah tuhan beri dengan menjaga ikatan kita dengan tuhan, ibadah dengan rajin, serta tidak lupa turut berperan aktif untuk mewujudkan kemajuan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Untuk memotivasi diri saya agar tak tetap optimis saya selalu mengingat pesan ini “Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya dan tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia”. (Q.S. Ar-Rad ayat 11), dan juga “Tuhan tidak akan pernah memberikan cobaan lebih dari yang kita mampu” (Yukimiya Kenyu-Karakter Anime Blue Lock).

Profil Penulis:

Halo teman teman, nama saya Sabrina Elysia Maharani. Umur saya 14 tahun. Sekarang, saya menginjak kelas 9 bangku SMP. Hobi saya menyanyi dan membaca novel. Aku bersekolah di SMPN 7 Kuningan. Saya bertempat tinggal di Jl. Balonggede, Ciomas, Ciawigebang, Kuningan, Jawa Barat. Email: [email protected] WA: 0895321177763

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post