Sabrina Elysia Maharani

Hai! Bagaikan seorang putri dari syurga memegang mawar putih. Namaku Sabrina!...

Selengkapnya
Navigasi Web
Guruku Teladanku
Lomba Esai siswa November

Guruku Teladanku

Setiap warga negara Indonesia berhak menerima pendidikan yang layak. Melalui pendidikan, generasi muda nantinya akan lebih mudah untuk mewujudkan cita cita yang mereka impikan. Lalu apakah yang dimaksud dengan pendidikan itu? Definisi pendidikan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang ataupun kelompok dalam upaya mendewasakan manusia melalui sebuah pengajaran maupun pelatihan.

Berbicara mengenai pendidikan tidak bisa dilepaskan dari kegiatan pembelajaran yang melibatkan peranan seorang guru. Guru adalah seseorang yang mengajarkan suatu ilmu pengetahuan kepada orang lain, baik secara akademik maupun non akademik. Guru memiliki peran sebagai orang yang menjaga, mengarahkan dan membimbing agar siswa-siswinya tumbuh dan berkembang sesuai dengan potensi, minat dan bakatnya. Menurut saya guru yang ideal adalah guru yang memiliki pengetahuan, sikap, dan cara pandang yang baik. Guru ideal menurut saya adalah guru yang sabar dalam mengajarkan ilmu pengetahuan dan juga bisa menjadi teladan yang baik bagi siswa -siswinya sekolah, misalnya datang tepat waktu, mengenakan pakaian yang rapih, berkata santun, dan memiliki kebijaksanaan dalam menyelesaikan setiap permasalahan. Sosok guru ideal di sekolah saya adalah guru Bahasa Indonesia. Saya biasa memanggilnya Ibu Hj Enan. Beliau merupakan salah satu inspirasi saya agar selalu semangat dalam berkarya terutama dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas. Saya sangat menyukai cara beliau dalam menjelaskan suatu hal. Cara mengajarnya juga sangat mudah dipahami sehingga langsung tertanam dalam benak saya. Beliau juga sangat sabar dalam menyampaikan materi di setiap kelas yang beliau ampu. Selain itu, beliau mampu menjadi motivator saya dalam menuangkan berbagai karya seperti puisi, cerpen dan karangan bebas.

Selain memiliki guru inspiratif di kelas saya juga merasa sangat bersyukur karena terlahir dari keluarga besar guru. Kedua orang tua saya memiliki profesi guru yang selalu mendukung semua kegiatan saya, secara akademik maupun non akademik baik di sekolah maupun di luar sekolah. Kedua orang tua saya sangat senang apabila saya bisa mengembangkan diri di bidang sastra Indonesia. Ibu saya selalu membantu saya jika mengalami kesulitan mencari ide atau gagasan. Beliau juga merupakan salah satu motivator saya. Beliau juga ikut serta dalam beberapa kegiatan perlombaan gurusiana dan memenangkan beberapa lomba menulis setiap bulannya. Saya sangat bangga memiliki ibu yang berprestasi dan berkarya walaupun jadwal kegiatannya padat. Beliau adalah sosok ibu yang cerdas, tegas, disiplin, dan selalu bersemangat dalam berkarya. Ayah saya juga turut menginspirasi saya. Ayah saya adalah orang paling sabar dalam mengajarkan banyak hal. Beliau juga sosok guru yang menurut saya pandai dan kreatif yang mengajarkan saya untuk selalu konsisten dalam mempelajari sasuatu. Bagi saya kedua orang tua saya juga merupakan guru kehidupan, karena semua yang diajarkan bertujuan mengarahkan saya agar dapat hidup mandiri dan berprestasi.

Sebagai generasi muda, kita membutuhkan sosok yang mengarahkan sekaligus memberikan teladan yang baik agar kita dapat mencapai tujuan hidup yang kita inginkan. Oleh karena itu, peran guru sangat dibutuhkan keberadaannya. Guru merupakan sosok yang sangat berharga bagi kehidupan manusia. Karena, meskipun sekarang ini perkembangan teknologi sangat pesat tetap tidak akan bisa menggantikan peranan seorang guru diantaranya yaitu membantu memecahkan masalah yang kita hadapi sehari-hari, mengembangkan empati terhadap sesama manusia, serta mengembangkan kreativitas kita.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post