Sabrina Elysia Maharani

Hai! Bagaikan seorang putri dari syurga memegang mawar putih. Namaku Sabrina!...

Selengkapnya
Navigasi Web
BUKU, PERPUSTAKAAN, DAN PRESTASI SISWA

BUKU, PERPUSTAKAAN, DAN PRESTASI SISWA

“Cuma perlu satu buku untuk jatuh cinta pada membaca. Cari buku itu. Mari jatuh cinta.” Quote tersebut pernah dilontarkan oleh Najwa Shihab seorang jurnalis sekaligus presenter TV ternama.. Membaca memang sangat sangat penting bagi kehidupan kita. Membaca juga sering di identikan sebagai salah satu bentuk kegiatan literasi. Apa itu literasi? Literasi adalah istilah umum yang merujuk kepada serangkaian kemampuan dan keterampilan individu dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung, dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian tertentu yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Begitu pentingnya literasi dalam kehidupan sehari-hari. Siswa yang memiliki kemampuan membaca dan menulis yang baik akan mampu memahami materi yang diajarkan dengan lebih mudah. Menurut data UNESCO, minat baca masyarakat Indonesia sangat memprihatinkan, hanya 0,001%. Artinya, dari 1,000 orang Indonesia, cuma 1 orang yang rajin membaca. Hal ini disebabkan oleh kebiasaan membaca yang tidak dilatih sejak dini. Saat ini orang tua cenderung lebih dominan memperkenalkan gawai dengan segala permainannya ketimbang memberikan buku bacaan kepada anak. Selain itu harga buku-buku yang mahal menjadi faktor yang membuat minat membaca di Indonesia rendah. Akantetapi sebenarnya hal tersebut dapat disiasati salah satunya melalui fasilitas umum yang diberikan oleh pemerintah untuk menggiatkan kembali kegiatan literasi yaitu dengan adanya perpustakaan.

Perpustakaan tidak hanya sebagai penyedia ruang baca, tetapi juga biasanya menyediakan ruang publik bagi komunitas atau kelompok masyarakat. Perpustakaan memiliki peran yang sangat penting untuk mendukung agar masyarakat gemar membaca, meningkatkan literasi informasi, menambah wawasan, dan memperdalam ilmu pengetahuan. Dengan membaca bisa mendapatkan banyak informasi. Berkunjung ke Perpustakaan juga memiliki manfaat yang bisa kita nikmati, contohnya dapat membaca buku secara gratis, menimbulkan kecintaan masyarakat terhadap budaya minat baca, memperluas wawasan dan pengetahuan, membangun komunitas cinta membaca, menanamkan kebiasaan belajar mandiri, serta untuk mempercepat penguasaan materi pelajaran yang disampaikan guru, dan masih banyak lagi.

Secara pribadi saya suka membaca. Bagi saya, membaca adalah hobi baru yang mengesankan. Kecintaan saya pada membaca karya sastra membawa saya menjadi penulis laman sasisabu.id. dan beberapakali sempat menjadi penulis populer. Dari situlah saya mulai belajar menuliskan beberapa karya seperti Esai, Cerpen, Resensi buku, dan puisi. Saya juga berkesempatan mengikuti beberapa perlombaan menulis pada laman sasisabu,id dengan berbagai tema yang berbeda setiap bulannya. Saya bersyukur karena saya dapat memenangkan beberapa perlombaan yang pernah saya ikuti. Sebagai pelajar sekaligus generasi muda harapan bangsa sudah selayaknya kita mencintai buku dan juga perpustakaan. "Membaca, belajar itu tidak ada batas usia. Meskipun kita kelak kita tua, belajar dan membaca selalu akan mendatangkankan manfaat. Manusia suatu saat pasti akan mati tapi ilmu mereka takkan mati.

Profil Penulis:

Halo teman teman, nama saya Sabrina Elysia Maharani. Umur saya 14 tahun. Sekarang, saya menginjak kelas 9 bangku SMP. Hobi saya menyanyi dan membaca novel. Saya bersekolah di SMPN 7 Kuningan. Saya bertempat tinggal di Jl. Balonggede, Ciomas, Ciawigebang, Kuningan, Jawa Barat. Email: [email protected] WA: 0895321177763

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post