Sabrina Desika Pratiwi Irwanto

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
MEMBAIK DENGAN POLA HIDUP

MEMBAIK DENGAN POLA HIDUP

Assalamualaikum. Sebelumnya, saya berterima kasih karena sudah diberi kesempatan untuk mengikuti lomba ini kembali. Saya, Desi, murid dari sekolah MTsN 2 Jember, akan menceritakan tentang pola hidup saya.

Pada suatu hari, ketika saya hendak pergi ke sekolah, dan pada saat itu saya hampir terlambat, saya cepat-cepat berangkat karena bel masuk hampir berbunyi. Alhasil, saya pergi tanpa sarapan terlebih dahulu. Sesampainya saya di sekolah, untungnya saya tidak telat atau bisa dibilang tepat waktu. Saya pun bersiap untuk mengikuti upacara bendera. Di tengah-tengah upacara bendera, saya merasa pusing dan akhirnya jatuh dan pingsan. Ketika saya sudah siuman, teman-teman saya berdatangan ke saya dan bertanya tentang keadaan saya. Saya mengatakan, "Aku tidak apa-apa dan aku sudah membaik." Lalu, teman-teman saya bertanya, "Bagaimana bisa kamu pingsan, Desi?" Sebelum saya menjawab, perawat UKS di sekolahku datang dan mengatakan, "Kamu pingsan karena kamu tidak sarapan terlebih dahulu sebelum berangkat sekolah dan juga kamu tidak cukup tidur." Setelah aku mendengar hal itu, aku pun sadar bahwa pola hidupku sangat buruk, makanan yang aku makan kurang bergizi, dan bisa saja tidak baik untuk tubuhku. Karena pola hidupku yang buruk, aku sering merasa pusing, kecapean, dan sering sakit. Karena itu, aku jadi tidak fokus untuk belajar, dan aku sering tidak mengikuti pelajaran atau bahkan sering tidak masuk sekolah karena sakit. Karena itu, aku jadi ketinggalan banyak sekali pelajaran. Itu membuatku kesulitan untuk memahami pelajaran selanjutnya.

Pada malam harinya, aku mencoba untuk mengatur agar aku mendapat tidur yang cukup. Setelah mengerjakan tugas, aku mempersiapkan baju seragam serta buku pelajaran, dan setelah itu, aku mencoba untuk tidur. Pada awalnya, saya tidak dapat tidur karena aku tidak terbiasa tidur pada jam yang terlalu sore menurutku. Aku terbiasa begadang dan tidur pada jam 12 hingga jam 2 malam. Itu membuatku kurang tidur dan pusing pada pagi harinya. Setelah saya mencoba dan terus mencoba, akhirnya saya dapat tidur dengan nyenyak. Keesokan harinya, saya terbangun dan merasa badan saya jauh lebih segar, dan mata saya tidak lagi seperti mata panda. Akhirnya saya bersiap-siap dan tidak lagi terburu-buru karena semuanya sudah saya siapkan pada malamnya sebelum saya tidur. Sebelum saya berangkat, tidak lupa untuk sarapan terlebih dahulu, dan setibanya saya di sekolah, ternyata keadaan sekolah masih sangat sepi, dan tidak banyak murid yang datang, mungkin hanya 1 atau 2 orang yang datang, dan saya menaruh tas saya di tempat duduk saya dan memulai membaca materi yang akan dipelajari pada jam pertama. Tidak lama kemudian, beberapa teman-teman saya datang dan terkejut karena melihat saya yang datang lebih dulu dari mereka. Teman-teman saya bertanya, "Desi? Kenapa kamu hari ini datang sangat pagi? Bahkan kamu datang lebih dulu dari kami." Sontak mereka bertanya sambil merasa heran. Lalu, saya menjawab sambil tersenyum, "Ya, sekarang aku datang lebih awal mungkin karena aku telah mengatur jadwal tidurku dan aku tidur lebih awal dari biasanya." Setelah mereka mendengarnya, mereka terkejut karena mendengar aku tidur lebih awal. Dan saya sudah berhasil merubah jadwal tidurku.

Jadwal tidurku sudah teratur sekarang, adalah pola makanku yang harus aku atur," setelah itu aku menemui dan meminta agar dimasakkan sarapan yang sehat dan bergizi kepada ibuku. Mendengar hal itu, ibuku sangat senang karena aku meminta untuk dibuatkan masakan yang sehat, karena sebelumnya aku sama sekali tidak ingin memakan makanan sehat seperti sayur, sebagai contoh. Ibu sangat senang dan mempersiapkan masakan yang akan dibuat untuk saya. Pagi hari pun tiba, ibuku telah memasak makanan sesuai dengan permintaan ku akhirnya aku memakan masakan itu. Pada awalnya aku ragu setelah aku mencoba ternyata sayur tidak seburuk yang aku bayangkan. Lama kelamaan aku sudah terbiasa memakan sayur, bahkan aku mempunyai sayur kesukaan, yaitu wortel dan kembang kol. Tidak lupa juga aku memakan buah-buahan, dan buah kesukaan ku adalah semangka.

Hari demi hari berlalu, pola hidup yang aku pakai sekarang sudah menjadi kebiasaan. Karena pola hidupku itu, aku menjadi fokus untuk belajar, mendengarkan, dan aku sekarang tidak ketinggalan pelajaran karena saya sudah jarang sekali sakit. Karena itu, aku menjadi yang terpintar di kelas, menjadi peringkat pertama, dan aku banyak memenangkan perlombaan, dan juga banyak prestasi yang ingin aku raih karena sekarang aku tidak punya penghalang untuk aku agar tidak belajar karena tubuhku sudah sehat dan sudah jarang sekali sakit. Karena pola hidupku yang teratur, aku mendapatkan banyak prestasi. Ternyata pola hidup yang baik dan teratur itu penting untuk prestasi kita.

Sekian cerita dari saya, jika ada salah kata, saya mohon maaf. Pesan yang dapat diambil adalah, "Hidup harus dijaga, begitu pula dengan pola hidupmu. Jika pola hidupmu baik, maka akan semakin baik hidupmu, begitupun sebaliknya."

PROFIL

Sabrina Desika Prariwi Irwanto lahir di jember pada tanggal 08 Desember 2010 saat ini tercatat sebagai siswi di MTsN 2 Jember Jawa Timur bisa dihubungi melalui nomor: 081615677156 atau alamat email: [email protected]

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post