Rizka Rosydiana Izza

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

PADA MASA PANDEMI TIDAK MENGURANGI HIKMAH RAMADHAN

Sudah kali kedua kita merasakan bulan suci Ramadhan di tengah pandemi. Tetapi tidak mengurangi hikmah bulan Ramadhan itu sendiri. Kita tetap masih bisa melaksanakan kewajiban puasa dan beribadah salat tarawih. Walaupun harus tetap memakai protocol kesehatan.

Bulan suci ramadhan adalah bulan di tahun hijriah yang sangat ditunggu oleh umat islam. Karena begitu banyak sekali hikmah juga pahala di bulan suci ini. Dari mulai puasa wajib, shalat terawih, tadarus Al Qur’an, juga tidur pun mendapatkan pahala. Saking sucinya bulan Ramadhan ini banyak sekali masyarakat yang menyambutnya dengan sangat antusias. Karena kita dapat melaksanakan amalan ibadah yang tidak bisa dilakukan di bulan-bulan lain seperti salat terawih juga puasa 1 bulan penuh. Ditambah dengan khatamnya Al-Quran dibulan Ramadhan, itu menjadi sebuah kebahagian sendiri. Saling berlomba-lomba untuk lebih giat beribadah dan bersedekah.

Begitu banyak sekali hikmah pada bulan ramadhan ini. Bukan hanya tentang puasa wajib 1 bulan penuh, terawih, juga khatam Al Qur’an. Pada bulan istimewa ini ada yang disebut yaumul Nuzulul Quran. Dimana semua umat islam berlomba-lomba iktikaf beribadah kepada Allah subhanahu wataala. Karena di hari turun nya Al Qur’an yang berangsur-angsur ini adalah lebih baik dari pada seribu bulan.

Dan ketika tiba di penghujung bulan suci ramadhan ini semua masjid se indonesia bahkan sedunia pun mengumandangkan kalimat takbir "Allahu akbar, allahu akbar, allahu akbar laailaahailalla huwallahu akbar, allahu akbar walilla hilham". Semua berbahagia dan mulai mempersiapkan untuk hari raya idul fitri. Di situlah kebahagiaan bertambah dari mulai halalbihalal, bersalam-salaman, saling meminta maaf dan juga saling memaafkan. Kebahagiaan itu dilengkapi pula dengan makanan khas lebaran yaitu opor, gulai, rendang, dan yang lainnya.

Suasana ramdhan saat ini tentu sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Dahulu kita bisa jalan-jalan pada sore hari sambil menunggu waktu berbuka puasa atau yang sering kita sebut ngabuburit, berbuka puasa bersama teman, masjid sangat dipenuhi jemaah yang hendak melaksanakan salat tarawih, menyulut kembang api ramai-ramai baik yang dewasa maupun yang anak-anak. Namun, sejak adanya pandemi covid-19, semua kegiatan sosial menjadi terbatas. Padahal bulan Ramadhan sangat identik dengan suasana hangat keramaian, berkumpul bersama teman ataupun keluarga. Tradisi mudik dibulan ramadhan juga dilarang oleh pemerintah Karena dengan datangnya orang kota ke desa penyebaran orang yang terpapar virus covid-19 di desa menjadi bertambah. Salat Id yang dilakukan di setiap hari raya Idul Fitri pun jemaahnya dibatasi. Jarak antar Jemaah, dan juga di tiadakannya salam-salaman. Itu semua dilakukan demi menekan laju penyebaran dan penularan virus covid-19. Setidaknya kita ikut berperan membantu tenaga medis untuk melenyapkan virus di Indonesia. Dengan melaksanakan protokol kesehatan seperti sering mencuci tangan memakai sabun, menghindari kerumunan, dan juga selalu memakai masker saat berada di luar rumah.

Pada masa pandemi kali ini tidak menutupi untuk kita meningkatkan keimanan kita kepada allah subhanahu wataala. Karena begitu pun juga virus covid-19 adalah virus yang diturunkan oleh allah subhanahu wataala untuk menguji dan sebagai cobaan umat islam. Semoga dengan datangnya bulan suci ramadhan ini kita bisa meningkatkan iman walaupun dimasa pandemi seperti ini. Jangan lupa juga untuk selalu agar dapat menjaga diri kita tetap sehat juga kita bisa menjalankan perintah-Nya.

Hai, salam kenal. Namaku Rizka Rosydiana Izza, kelas dua belas jurusan Bahasa di SMA Negeri 2 Banjar tahun ajaran 2020/2021. Lahir di Banjar tepatnya pada tanggal 09 Desember 2002. Saya mempunyai hobi menonton film fantasy horor dan juga bernyanyi. Pada masa Smp/Mts saya sangat aktif dalam lomba-lomba kepramukaan. Baik tingkat kota sampai provinsi. Saya juga pernah mengikuti jambore di bandung untuk menjadi perwakilan dari kota. Alhamdulillahnya, saya juga diterima di Universitas impian saya yaitu Universitas Padjajaran lewat jalur undangan. Jika ingin lebih mengenal diriku silahkan berkunjung ke Instagram aku ya @izzarsydna__.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post