Rita Pristiawati

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Apakah Benar Dengan Teknologi Bisa Meningkatkan Prestasi?

Apakah Benar Dengan Teknologi Bisa Meningkatkan Prestasi?

Apakah Benar Dengan Teknologi Bisa Meningkatkan Prestasi?

Oleh : Rita Pristiawati

Menurut KBBI "teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang - barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia".

Di zaman modern ini kemajuan teknologi sangatlah pesat, terdengar mustahil sepertinya jika dalam suatu rumah tidak mempunyai smartphone. Bahkan, di zaman sekarang ini pengguna smartphone tidak melihat batasan usia, mulai dari anak balita sampai lansia bisa mengoprasikannya.

Semenjak Covid-19 melanda hampir semua dialihkan menjadi online seperti membeli barang, makanan, bahkan bekerja dan belajar dengan metode jarak jauh.

Tetapi, benarkah dengan metode pembelajaran jarak jauh menggunakan teknologi itu adalah hal yang tepat dan efektif serta bisa meningkatkan presasi? Itu bisa terjadi jika anak tersebut memanfaatkan teknologi secara baik dan benar, tetapi dalam kenyataannya tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Banyak pelajar yang menjadi malas dan tidak mengerjakan tugas sesuai semestinya, dengan berbagai macam alasan, seperti tidak adanya kuota internet, jaringan, atau kurangnya komunikasi sehingga anak tersebut tidak mengetahui tugasnya.

Dengan kemajuan teknologi yang sangat pesat ini, memang memungkinkan untuk lebih meningkatkan prestasi jika teknologi tersebut dimanfaatkan sebaik - baiknya. Pelajar bisa memanfaatkan teknologi untuk media belajar, dan mengikuti lomba - lomba online yang diadakan oleh pihak -pihak tertentu untuk mengasah skill dan kemampuannya.

Tetapi, disisi lain kemajuan teknologi juga menimbulkan berbagai dampak negatif, terutama malas. Pelajar di zaman sekarang cenderung lebih menginginkan hasil yang instan. Jika diberi tugas oleh guru, mereka lebih memilih mencari jawaban di internet daripada mencari di buku atau referensi. Bahkan tak jarang kasus yang ditimbulkan akibat smartphone misalnya banyak perempuan yang kenal dengan lawan jenis dari media sosial, lalu mereka bertemu dan akhirnya laki -laki itu melakukan pelecehan terhadap perempuan tersebut, sehingga pendidikannya harus terhenti. Peristiwa tersebut sudah banyak ditemukan, dan tidak menjadi sesuatu hal yang tabu lagi. Atau di daerah pedesaan misalnya, banyak anak yang putus sekolah karena memilih untuk menikah dan mempunyai keluarga sendiri.

Banyak juga pelajar yang sudah mengetahui hal - hal yang berbau dewasa. Padahal hal tersebut tidak sesuai dengan umur mereka, karena mudahnya akses untuk menonton vidio - vidio tersebut mereka menjadi kecanduan dan hilangnya semangat dalam belajar.

Dalam kondisi ini, peran orang tua sangatlah penting. Orang tua harus sadar bahwa zaman semakin berubah, dan teknologi sangat berkembang pesat, anak bisa mengakses apapun, kapanpun, dan dimanapun. Jadi, orang tua harus benar - benar memperhatikan dan memberi perhatian kepada sang anak, apa yang dia butuhkan. Jangan sampai karena anak merasa terabaikan dan tidak mendapat kasih sayang yang cukup dia menjadi depresi sehingga membuka hal - hal yang tidak senonoh di smartphonenya. Orang tua harus membimbing, dan memberi support apa yang dia sukai dan inginkan, selagi dalam hal positif sehingga anak tersebut mempunyai arah dan tujuan.

Selain orang tua. Hal ini juga yang harus diperhantikan oleh pemerintah, kemajuan teknologi memang sangat memudahkan segala sesuatu. Tetapi banyak juga pelajar yang menyalahgunakan kemajuan teknologi tersebut. Alih - alih untuk belajar malah digunakan untuk hal - hal negatif.

Pemerintah harus benar - benar mempehatikan kondisi anak - anak generasi bangsa agar tidak terjerumus kedalam hal - hal yang negatif.

Pemerintah harus memblokir situs-situs yang berbau pornografi agar tidak mudah untuk diakses, selain itu diperlukan adanya dukungan dan edukasi agar para pelajar lebih semangat dan rajin dalam mengenyam pendidikan.

Biodata

Rita Pristiawati. Lahir di Cilacap, 19 Desember 2005. Ia sedang menjalani pendidikan Sekolah Menengah Atas di SMAN 2 Banjar, dan duduk di bangku kelas XI. Seorang perempuan yang mempunyai hobi bersepeda di sore hari, dan menyukai lagu – lagu Korea. Bisa dihubungi melalui emai [email protected] dan nomor telpon 083116397658.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post