Riskianti

Hai! Aku Riskianti, biasanya di panggil Riski. Aku adalah siswa SMKN 12 Malang jurusan Akuntansi yang sedang menduduki bangku kelas 11. WOW! Senang sekali jika ...

Selengkapnya
Navigasi Web

Memperbanyak Membaca, Memudahkan Hidupku dengan Wawasan dan Mengembangkan Kreativitasku

“Membaca semua buku yang bagus layaknya sebuah percakapan dengan pemikiran terbaik di abad-abad sebelumnya”-Rene Descartes

Dari kutipan yang aku kutip dari Rene Descartes, mengatakan bahwa dengan membaca buku yang bagus sama dengan percakapan terbaik di abad-abad sebelumnya. Menurutku, makna dari kutipan kata tersebut adalah bahwa apabila kita membaca buku yang bagus yaitu berkualitas maka sama saja kita mencari informasi atau memperluas pengetahuan terbaik dari masa-masa yang telah lampau atau pengalaman-pengalaman terbaik yang dapat dijadikan sebagai inspirasi atau ide terbaik untuk masa kini dan masa depan.

Dulu, aku adalah orang yang sangat tidak suka membaca, karena menurutku membaca adalah hal yang membosankan. Hanya melihat kumpulan kata-kata yang ditata membuatku mengantuk karena apa yang kubaca sangat tidak menarik. Membaca juga membuatku lelah karena hanya berdiam diri tanpa melakukan aktivitas lainya, yaitu hanya membaca. Namun tiba pada akhirnya, aku mencoba untuk membaca untuk persiapan ujian pada saat kelas 3 SD aku mulai membiasakan diri untuk membaca. Kebiasaan itu mulai aku lakukan ketika aku pernah diberikan latihan soal oleh guruku, kemudian aku mencoba untuk mejawab pertanyaannya dengan membaca bacaannya terlebih dahulu. Dan betapa senangnya aku ketika aku mendapatkan nilai yang bagus dan dapat menjawab soal dengan mudah. Dari kejadian kecil ini aku menjadi senang membaca dan memiliki kebiasaan baru yaitu membaca dahulu sebelum menjawab latihan-latihan soal yang diberikan guruku. Hingga tiba saat ujian, akupun yang awalnya tidak suka membaca jadi memiliki kesukaan membaca sebelum ujian. Dan betapa senangnya lagi aku, ketika aku bisa mendapatkan ranking 1 dalam pemeringkatan di kelasku. Padahal, dahulu aku jarang mendapatkan ranking dan mendapatkan nilai yang buruk. Tetapi  ketika aku membiasakan kebiasaan baru, banyak perubahan yang bisa aku rasakan manfaatnya dari membaca yaitu mempermudahku dalam mengerjakan soal-soal latihan maupun ujianku. Membaca untuk belajar ini kemudian aku biasakan sampai sekarang.

Dulu, minatku membaca hanya membaca buku-buku nonfiksi untuk keperluan belajar di sekolah saja. Hingga kemudian aku sudah menginjak jenjang sekolah SMP, di sekolahku SMP terdapat perpustakan yang nyaman serta berisi buku-buku yang bagus. Saat pertama kali aku meminjam buku di perpustakaan SMP, aku meminjam buku novel yang ceritanya sangat bagus. Aku sangat tidak mengira jika aku akan menyukai buku fiksi, karena dulu aku adalah anak yang tidak suka membaca. Dari membaca buku itu, aku jadi menyukai susunan kata-kata yang indah dan bermakna. Namun, membaca buku nonfiksi bukanlah hal favoritku, aku hanya kagum, ternyata hanya kata-kata indah yang disusun ternyata dapat menyihirku.

Aku menyukai buku-buku nonfiksi yang menjelaskan dengan kata-kata yang tegas dan memiliki data-data fakta dan dapat dipercaya. Dan ternyata, dari sekian banyak buku yang telah ku baca, aku telah menerima banyak wawasan dan ide-ide kreatif dari para penulis terbaik. Dari bertahun-tahun aku menyukai membaca ternyata aku telah mengimpor informasi-informasi yang telah aku gunakan untuk menjalani kehidupanku selama ini. Dari membaca, aku jadi suka menulis dan ternyata dari membaca aku juga mempelajari format-format penulisan yang dapat aku gunakan sebagai pedomanku menulis.

Dari pengalaman-pengalaman menyenangkanku dalam membaca selama ini, aku bisa menambah wawasan yang tidak aku dapatkan ketika aku belajar di sekolah. Tidak semua orang mengetahui wawasan yang ku dapat dari buku tertentu. Senangnya dalam membaca, aku dapat memperoleh ilmu dan wawasan tambahan bahkan yang tidak kudapat dari belajar di sekolah. Dari banyak membaca aku juga mendapat banyak inspirasi-inspirasi untuk membuat karya-karya yang kreatif terinspirasi dari bahan bacaan yang kubaca. Dari membaca, ternyata dapat membantu dan mempermudah hidupku karena ilmuku yang kudapat dari banyak membaca.

Bahkan dari banyak membaca, sekarang aku bisa menulis essai yang sedang ku tulis sekarang, aku sangat bersyukur berkesempatan untuk menulis dan aku sangat berterimakasih kepada orang tua dan guruku yang telah memberikanku wadah untuk aku berkarya sesuai minatku.

Pesanku, banyaklah membaca untuk menambah dan memperluas wawasan. Banyak membaca juga memberikan banyak inspirasi untuk menghasilkan karya-karya yang baik dan bagus. Ketika banyak membaca, hidup menjadi lebih mudah karena terbantu ilmu yang kita dapat dari membaca. Ternyata membaca bukanlah hal yang membosankan dan hal yang sangat menyenangkan apabila kita memiliki alasan untuk buku itu dibaca, serta isinya sesuai dengan apa yang kita butuhkan.

 

Biodata Penulis:

 

Hai! Namaku Riskianti, aku biasa dipanggil Riski. Aku berusia 18 Tahun dan sedang menjalani pendidikan sekolah menengah atas di SMKN 12 Malang, tepatnya kelas 11 Jurusan Akuntansi. Aku lahir di Muara Teweh, pada tanggl 13 Januari 2006. Aku memiliki hobi membaca dan menulis. Hubungi aku lewat email: [email protected] dan wa 081903991594 (Riskianti).

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post