Rina Saniati

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
INSECURE

INSECURE

Dizaman dengan era perkembangan teknologi yang begitu pesat seperti saat ini, ada banyak sekali peluang untuk para remaja dalam mengembangkan ide-ide mereka dan potensi mereka. Namun, sayang sekali mereka seringkali kurang percaya diri dengan apa yang sudah mereka rancang. Mereka seringkali berpikir apakah karya mereka akan diterima oleh masyarakat atau tidak?, apakah karya mereka akan mendapat respon positif dari masyarakat atau tidak?. Perasaan seperti itu biasa disebut insecure atau perasaan merasa tidak aman, perasaan tersebut sering muncul karena perasaan khawatir dengan apa yang kita miliki.

Perasaan insecure atau merasa tidak aman (merasa tidak percaya diri) adalah perasaan yang sedang saya sendiri alami sekarang ini. Saya sangat tidak percaya diri saat saya mulai menulis beberapa karya yang kemudian saya publish, ada rasa takut dalam diri saya sendiri akan karya yang saya tulis sendiri, "Karya ku bagus nggak sih...?", "Karyaku bakal dapet respon positif nggak ya dari masyarakat?", itu adalah kata-kata yang sering saya ucapkan. Namun pada suatu hari, saat saya berbagi cerita dengan teman saya, tentang ketidakpercayaan diri saya pada karya yang saya tulis, dia berkata bahwa setiap orang itu bebas berkarya, bebas berapresiasi. Kalau berbicara tentang respon orang diluar sana tidak akan ada habisnya. Adakalanya orang itu memberi respon positif dan adakalanya juga memberi respon negatif. Untuk respon positif dari masyarakat dapat kita jadikan acuan untuk terus mengembangkan potensi kita, untuk menambah semangat kita dalam berkarya, dan untuk respon negatif sendiri dapat kita jadikan sebagai acuan untuk mengintropeksi diri dan memeriksa karya kita sebelum kita publish, apakah karya kita menyinggung suatu pihak atau tidak.

Jadi, wajar saja jika setiap remaja memiliki rasa insecure, karena pada masa remaja mereka sedang dalam proses pencarian jati diri dan pengembangan potensi mereka. Jangan sering membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain, karena setiap orang memiliki keahlian sendiri-sendiri, dan memiliki standar kemampuan sendiri-sendiri. Dan jangan pernah merasa kecewa dengan apa yang akan menjadi hasil akhir dari karya yang telah diciptakan, karena dalam kehidupan ini kadang seseorang akan mengalami fase dimana dia akan diatas dan tak jarang dia juga akan dibawah. Jadi untuk para remaja, jangan takut untuk terus berkarya dan terus kembangkan potensi kalian dalam berbagai aspek. Banyak bersyukur dan kurangi insecure.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post