R. Athaillah Assyarif

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Melawan Dari Dampak Globalisasi Modern Dengan Cara Pendidikan

Melawan Dari Dampak Globalisasi Modern Dengan Cara Pendidikan

Melawan Dari Dampak Globalisasi Modern Dengan Cara Pendidikan

Pendidikan merupakan pembelajaran pengetahuan dan keterampilan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pembelajaran. pendidikan salah satu hal terpenting dalam kehidupan Seseorang, Pendidikan akan menentukan masa depan dan arah hidup seseorang. pendidikan tempat untuk membentuk gambaran baik dalam diri manusia agar berkembang seluruh potensi dirinya, dalam hal ini secara umum bahwa pendidikan itu tidak terbatas pada materi pelajaran tertentu saja. Melainkan mencakup segala aspek yang berkaitan dengan potensi manusia dalam pengembangan diri. Akan tetapi, untuk meraih kesuksesan dipengaruhi banyak faktor salah satunya pendidikan yang dimiliki oleh seseorang.

Pendidikan memiliki tujuan tersendiri yaitu untuk mencapai suatu kehidupan yang lebih baik dan untuk membentuk siswa yang memiliki sikap dan perilaku sesuai pada nilai-nilai Pancasila. Pendidikan bukan hanya pembelajaran saja tetapi bisa secara keahlian dengan belajar sendiri tanpa bimbingan. Akan tetapi, keahlian dengan belajar sendiri tidak secara langsung, banyak yang harus dihadapi dan merasa kesulitan karena tidak memiliki dasar dasar untuk mengejar semua tujuan.

Di era globalisasi saat ini pendidikan adalah hal terpenting dalam kehidupan Seseorang dan untuk menentukan arah hidup seseorang. Pendidikan di sebuah negara dapat bersaing dengan negara negara lain dengan pendidikan negara yang maju. Pendidikan membutuhkan untuk menciptakan penerus bangsa yang selalu menjalankan identitas bangsanya, maka nilai-nilai dari luar yang ingin masuk dan merusak nilai-nilai lokal tidak diterima begitu saja. Pendidikan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia sehingga menjadi manusia yang berkualitas dan mampu menghadapi segala tantangan dimasa yang akan datang, dengan Perkembangan zaman dalam pendidikan diharapkan mampu menguasai teknologi seperti komputer atau laptop sebagai sarana pendukung proses pembelajaran dapat menambah ilmu dan untuk meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia agar dapat bersaing di era globalisasi dengan negara maju.

Di perkembangan era globalisasi modern. Perkembangan teknologi semakin maju, tidak bisa dihindari lagi pengaruhnya terhadap dunia pendidikan. Teknologi yang semakin maju dapat membuat siswa menjadi kecanduan bermain gadget, kondisi ini akibatnya membuat siswa lebih sering bermain gadget daripada dengan belajar. Di Indonesia angka buta huruf dan putus sekolah tinggi dikarenakan Kurangnya kesadaran masyarakat dan juga faktor ekonomi yang memengaruhi siswa yang tidak mendapatkan pendidikan yang kurang memadai karena kurang mampu nya orang tua untuk menyekolahkan yang tinggi. Dalam globalisasi sangat memunculkan nilai-nilai baru seperti budaya baru yang mengikuti budaya barat. Oleh karena itu, kita harus mampu menyikapi cara memilih nilai-nilai yang masuk ke dalam budaya suatu di negara Indonesia. Peran dunia pendidikan sangat diharapkan mampu untuk menjadikan tidak berpihak nilai-nilai negatif dari dampak globalisasi.

Perkembangan teknologi yang semakin pesat di era modern saat ini tidak bisa dihindari lagi pengaruh terhadap pendidikan. Teknologi semakin berkembang mengubah kehidupan sosial masyarakat serta mengubah cara manusia bersosialisasi dengan manusia lain. Menyesuaikan perkembangan teknologi terhadap usaha dalam peningkatan kualitas pendidikan, pada kenyataannya teknologi pembelajaran akan terus mengalami perkembangan seiring perkembangan jaman. Namun, pada era globalisasi seperti saat ini pembelajaran dapat dilakukan secara mandiri tanpa harus melakukan kegiatan mengajar. Pendidikan memiliki beberapa jenjang yang harus kita lewati yaitu SD, SMP DAN SMA. Perkembangan dunia pendidikan di Indonesia tidak dapat lepas dari pengaruh perkembangan globalisasi. Untuk menghadapi perkembangan globalisasi tersebut maka kebijakan pendidikan nasional harus dapat meningkatkan kualitas pendidikan.

Dalam hal itu kita harus berpendidikan agar memiliki sikap sesuai dengan nilai Pancasila dan bisa bersaing di era globalisasi dengan negara maju. Oleh karena itu, mari kita kembangkan pendidikan agar mendapatkan kesuksesan di masa depan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post