Raina Rahma Subekti

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Perpustakaan Impianku

Perpustakaan Impianku

Oleh : Raina Rahma Subekti

SMP Negeri 2 Koto Besar

Perpustakaan. Tempat dimana kita bisa membaca dan mempelajari berbagai buku yang ada. Perpustakaan adalah tempat kita untuk mencari berbagai pembelajaran dan pengalaman yang baru tentang dunia. Selama ini aku telah mempelajari dan memahami banyak hal dari perpustakaan, hal- hal yang aku pelajari tersebut telah banyak membantu dalam kehidupanku.

Perpustakaan yang selama ini aku singgahi selalu membuatku senang dengan berbagai macam yang ada didalamnya, meski ada suasana yang membuatku kurang bahagia karena sedikit pengunjung. Perpustakaan hanya ramai di awal tahun ajaran saat siswa meminjam buku paket untuk dibawa pulang. Aku selalu ingin melihat perpustakaan yang ramai akan pengunjung, terutama perpustakaan sekolahku.

Perpustakaan di sekolahku biasanya tidak banyak pengunjung. Aku tidak tahu mengapa hal itu bisa terjadi. Bisa jadi karena waktu yang tersedia di sekolah sangat sedikit untuk bisa mengunjungi perpustakaan. Kami hanya bisa berkunjung disaat jam istirahat. Menurutku akan sangat indah jika waktu kunjung pustaka yang terjadwal.

Sepinya perpustakaan bisa jadi karena kurang menariknya perpustakaan tersebut. Aku berharap dapat membantu membuat perpustakaan lebih menarik lagi dengan memberikan berapa saran. Saran pertama dariku adalah mengubah dekorasi perpustakaan agar menghasilnya suasana dan nuansa yang menyenangkan. Perpustakaan di dekorasi dengan nuansa kekinian dengan warna yang menarik. Kursi dan meja di desain dengan bentuk yang unik agar pengunjung lebih nyaman dan senang didalam perpustakaan.

Alangkah serunya jika dinding perpustakaan juga dihiasi dengan pemandangan alam sehingga selama berada diperpustakaan menjadi lebih nyaman. Disamping itu aku ingin agar ada hari kunjungan wajib perpus untuk siswa baru, agar mereka bisa mengenal perpus dengan segala isinya.Disamping itu mereka wajib menulis tentang pustaka. Tulisan terbaik dibukukan dan dipajang diperpustakaan sekolah.

Seandainya perpustakaan mengadakan lomba menulis setiap bulannya pastilah aku ikut, karena dari Sekolah Dasar aku sering menulis cerita. Hanya saja ceritaku untuk kubaca sendiri. Beruntunglah aku bisa sekolah di SMP ini dan dikenalkan dengan blog Sasisabu oleh kakak kelas dan gurukuku. InshaAllah aku akan menyalurkan hobby menulisku melalui blog keren tersebut.

Saran selanjutnya adalah menambahkan buku-buku novel, puisi atau pantun buatan siswa atau buku novel yang sedang populer. Agar lebih menarik tatanan bukunya harus dirubah lho. Tidak hanya pada rak-rak segi empat saja, tetapi dibuat tempat buku yang berbeda dan unik. Pengadaan buku-buku kerajinan tangan dan kreativitas lainnya sangat dibutuhkan agar anak-anak semakin kreatif dan semakin tertarik terhadap buku. Buku lainnya yang harus ada menurutku adalah buku-buku tokoh yang akan bisa menginpirasi pembacanya.

Menurutku akan lebih baik, jika perpustakaan memiliki hawa sejuk dan nyaman yang membuat siswa menjadi betah belajar di perpustakaan. Sehingga minat mereka untuk membaca buku akan meningkat. Minat baca yang meningkat itu pasti mereka akan semakin tertarik untuk mengunjungi perpustakaan lagi. Tak lupa pula dengan laci/rak tempat menitip barang bawaan, agar pengunjung tidak takut barangnya hilang atau ketinggalan di tempat membaca.

Mungkin itu saja saran dari ku, semoga dapat membantu meningkatkan ketertarikan orang-orang untuk membaca buku dan mengunjungi perpustakaan. Bagiku hal-hal tadi merupakan impianku terhadap perpustakaan yang nyaman dan membuat ku bisa menambah wawasan disana. Semoga suatu saat perpustakaan impianku bisa terwujud. Aku yakin buku tunggalku dan buku antologiku dengan kakak tingkat maupun dengan penulis lainnya bisa menjadi bagian dari perpustakaan itu. So love books and libraries.

Biodata Penulis

Nama : Raina Rahma Subekti

Tempat/Tanggal lahir: Yogyakarta, 7 Mei 2009

No Hp: 082169151301

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post