Raihana Chaeri

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Pramuka itu Seru dan Asyik
dok. MGI

Pramuka itu Seru dan Asyik

Pramuka Itu Seru dan Asyik

Oleh: Raihana Chaeri Kholifatulloh

(Siswi kelas VIII MTs Al-Mursyidiyyah Pamulang Kota Tangerang Selatan)

Praja Muda Karana atau disingkat Pramuka adalah ekstrakurikuler yang wajib diikuti oleh seluruh siswa di setiap sekolah. Pramuka adalah salah satu organisasi. Di semua sekolah pasti ada ekstrakurikuler Pramuka, yang biasanya diadakan setiap hari Rabu.

Bapak Pramuka dunia bernama Baden Powell. Ia juga terabadikan dalam sejarah Pramuka Indonesia dan dunia. Bagi mereka yang aktif sebagai anggota Pramuka pastinya mengenal sosok Baden Powell. Lelaki yang dilahirkan pada tanggal 22 Februari 1857 di London ini mempunyai nama lengkap Robert Stephenson Baden Powell. Beliau seorang perwira tentara yang menjabat sebagai Komandan Militer Inggris. Maka, setiap tanggal 22 Februari diperingati sebagai hari Pramuka Internasional.

Banyak yang bertanya-tanya, “Pramuka itu seru gak sih?” Asal kalian tahu ya, Pramuka itu seru banget gais ! Disana kita dilatih kekuatan mental dan fisik serta kedisiplinan. Banyak yang bilang, “Pramuka itu menakutkan?” Tidak sama sekali, karena pada Pramuka kita enjoy, seneng-seneng bareng teman-teman yang lainnya. Dalam Pramuka, pasti ada yang namanya pembina. Pembina akan mengajarkan atau mengarahkan kita saat melaksanakan kegiatan Pramuka.

Pramuka ngapain aja sih? Banyak sekali kegiatan Pramuka, ada materi dan pasti praktek. Seperti contoh ketika awal kita di jelaskan bagaimana caranya membuat tandu dan praktek membuat tandu. Tandu itu suatu alat tradisional yang di buat dari tali tambang dan bambu, yang fungsinya untuk menolong seseorang yang pingsan saat keadaan darurat. Belajar tali temali, smaphore, sandi peluit, sandi rumput dan masih banyak kegiatan Pramuka lainnya.

Kalian tau gak sih perlengkapan Pramuka apa aja?. Perlengkapan Pramuka diantaranya: topi, kacu, ring kacu, talikur, peluit, tali tambang, pisau belati, gesper atau tali ikat pinggang, bendera smaphore dan lain-lain.

Dalam Pramuka dikenal juga perkemahan. Perkemahan biasa disebut camping, yaitu kegiatan rekreasi di luar ruangan dan mungkin jauh dari perkotaan untuk menikmati keindahan alam. Makanya Pramuka seringkali mengadakan camping agar melatih keberanian dan kedisiplinan anggotanya agar lebih mandiri di dalam kehidupan.

Camping itu seru banget dan asyik, disana kita dilatih kebersamaan dan kepedulian sosial satu sama lain. Pada malam hari, ada kegiatan api unggun. Kita nyanyi-nyanyi, ngobrol-ngobrol bareng temen-temen dan masih banyak lagi yang lainnya. Semua kegiatan camping itu dilakukan bersama temen-temen, dimulai dari makan bareng, tidur bareng dan beribadah bareng dan lain-lainnya. Pokoknya seru dech!.

Sejak SD kelas 1, saya mengikuti kegiatan pramuka itu tiap hari Kamis. Biasanya kita semua diberi materi di awal kegiatan, lalu setelah dijelaskan kita akan melakukan praktek untuk lebih memudahkan materinya. Dengan penuh semangat, saya dan teman-teman pergi menuju ke lapangan. Panas dan terik matahari sudah saya abaikan karena saking asiknya Pramuka.

Pernah sekali waktu, saya dan teman-teman telat datang ke lapangan, dan kakak pembina menghukum saya dan teman-teman untuk maju ke depan, membacakan Dasa Darma Pramuka. Tapi tidak apa-apa, karena itu termasuk kesalahan kita, dan melatih kedisiplinan kita dalam menghargai waktu.

Dalam Pramuka ada juga Pasukan Baris Bebaris atau disebut PBB. Nah, dalam PBB kita di latih kekompakkan sesama satu regu, kelurusan dalam baris bebaris, gerak dan langkah harus sama dalam satu komando. Bahkan, kegiatan PBB bisa melatih mental dan jiwa Paskibra untuk kedepannya.

Sejak Maret 2020 karena pandemi korona, saya dan teman-teman tidak merasakan lagi kegiatan Pramuka lagi. Bahkan pembelajaran saja terbatas, sejak 07 Februari 2022 hingga sekarang, kembali ke PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh). Pastilah kami rindu sekali vibes-vibes Pramuka, rindu pembelajaran smaphore, rindu ikut PBB, bahkan rindu kena hukum oleh kakak Pembina, hahahaha.

Gimana, seru dan asyik bukan? Jadi, jangan takut lagi ya untuk ikut kegiatan Pramuka. Pokoknya Pramuka itu, seru dan asyik. Kita berdo’a, semoga pandemi ini segera berakhir. Kita semua bisa melakukan aktifitas seperti biasanya. Aamiin.

Salam Parmuka. Selamat Hari Pramuka International!

Tangerang Selatan, 09 Februari 2022.

Profil Penulis

Raihana Chaeri Kholifatulloh, biasa dipanggil Raihana. Lahir di Tangerang, 11 Februari 2008. Seorang siswi Madrasah MTs Al-Mursyidiyyah, yang sekarang duduk di bangku kelas 8. Pernah mengikuti pelatihan sasi sabu XI Media Guru Indonesia secara daring, pada Agustus 2021. Jika ingin lebih mengenalnya lebih dekat, ia bisa hubungi kdi @xyzrhnaa (instagram&telegram) atau bisa juga hubungi ke nomor 0881024205316 (whatsapp) dan ke [email protected] (email).

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Semangat Kak. Sudah saya follow kak. Tlg folback ya, Kak? Makasih

09 Feb
Balas



search

New Post