Rafif Ziyad Arraihan

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
MERAIH PRESTASI DENGAN MENINGKATKAN LITERASI

MERAIH PRESTASI DENGAN MENINGKATKAN LITERASI

MERAIH PRESTASI DENGAN MENINGKATKAN LITERASI

Oleh: Rafif Ziyad Arraihan

Literasi, sebuah kata yang tidak asing di telinga kita. Literasi adalah faktor penting dalam mencapai kesuksesan, dengan kegiatan literasi, kita dapat mengetahui hal-hal yang tidak diketahui, dan membawanya ke sebuah kesuksesan.Salah satu kegiatan literasi adalah membaca, menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI), membaca adalah melihat serta memahami isi dari apa yang tertulis (dengan melisankan atau hanya dalam hati). Menurut salah satu ahli bernama Mr. Tampubalon, Membaca dapat diartikan sebagai pemikiran, sehingga dalam pemahaman dialek sebuah tulisan dengan metode membaca sebagai sebuah proses penalaran. Kegiatan membaca memang berperan penting terhadap generasi bangsa, mengapa? Karena membaca dapat mengembangkan wawasan dan pengetahuan, sehingga mereka yang suka membaca dapat menambah pengetahuan dari buku yang ia pelajari dan membawanya ke sebuah prestasi.

Buku memang hal yang dapat mengubah hidup kita. Contohnya saya, saya dulu tidak terlalu suka membaca buku, tetapi bunda saya selalu mengingatkan saya untuk membaca buku, terlebih saat akan menghadapi ujian sekolah. Awal mula memang terpaksa, tetapi jika keterpaksaan itu dilakukan secara terus-menerus, maka akan menjadi sebuah kebiasaan. Dan benar saja, apa yang telah saya pelajari dari buku yang saya baca membuahkan prestasi yang gemilang, saya berhasil mendapatkan peringkat 1 di kelas, dan saya bisa membanggakan kedua orang tua saya, begitu hebatnya buku! Berawal dari keterpaksaan yang menjadi sebuah kebiasaan dan mengubah hidup. Sejak saat itu, saya suka membaca buku, bukan hanya buku pelajaran saja, tetapi buku-buku motivasi yang dapat mengubah pemikiran / “mindset” saya.

Dari saya membaca buku, saya memperoleh beberapa manfaat, yaitu:

Menambah wawasan dan pengetahuan

Saat membaca, kita akan mengetahui hal-hal tang tidak diketahui melalui sesuatu yang kita baca, apalagi jika membaca buku-buku pelajaran, hal-hal yang baru kita ketahui akan menambah wawasan kita.

Menghilangkan stres dan menstabilkan pikiran

Ketika kita sedang membaca buku, semua permasalahan yang sedang kita alami akan terlupakan. Mengapa? Karena kita akan berusaha fokus memahami isi dari buku yang kita baca, dan semua masalah hidup akan sejenak terlupakan.

Mendapatkan motivasi baru

Membaca buku-buku Self Development dan self improvement dapat mengubah kebiasaan-kebiasaan yang tidak bermanfaat menjadi lebih bermanfaat, dan dapat mengenal lebih dalam tentang diri sendiri, serta dapat memotivasi diri kita sendiri untuk menjadi manusia yang berkualitas.

Meningkatkan prestasi

Membaca dapat meningkatkan prestasi seseorang, mengapa? Karena dengan membaca kita akan lebih mengetahui dan memahami sesuatu, dan membantu untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam suatu bidang tertentu.

Jadi kesimpulannya, membaca dapat meningkatkan prestasi seseorang. Dengan membaca secara rutin, seseorang dapat meningkatkan keterampilan, konsentrasi, dan pengetahuan, yang semuanya akan membantu meningkatkan nilai dan prestasi seseorang. Maka dari itu, teruslah membaca, agar kamu dapat meraih impian dan prestasi yang kamu inginkan, semangat para pelajar Indonesia!.

Assalamualaikum, nama saya Rafif Ziyad Arraihan, bisa dipanggil Rafif atau Raihan, seorang siswa MTsN 1 Jember yang lahir di Jember, pada 14 Maret tahun 2010. Umur saya 13 tahun, dan sedang duduk dibangku kelas 7 MTS. Untuk lebih jelasnya, bisa menghubungi saya di E-mail [email protected] dan nomor Whatsapp 081231506988. Terima kasih.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post