Queen Latifa Meitahushe

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Terampil Gunakan Teknologi Digital Sebagai Motivasi Belajar

Terampil Gunakan Teknologi Digital Sebagai Motivasi Belajar

Maraknya teknologi digital seiring berkembangnya zaman akan terus memunculkan teknologi-teknologi baru yang serba canggih sangat membanggakan. Berbagai teknologi serba digital ini tentu saja menuntut semua orang supaya lebih cerdas dalam menggunakannya terutama remaja atau siswa. Para remaja atau pun siswa dalam hal tersebut tentu saja akan selalu ikut berpartisipasi atau mengikuti perkembangan terhadap teknologi digital ini. Sebab teknologi digital yang telah tersedia harus selalu diikuti oleh penggunanya supaya manfaat positif dapat muncul dan membuat para siswa semakin cerdas, aktif, dan prestasi meningkat terutama dalam pembelajaran.

Siswa yang mengikuti atau terlibat di dalam kegiatan pembelajaran akan didorong supaya menggunakan teknologi digital yang diyakini dapat memberi manfaat lebih banyak pada mereka. Dorongan ini adalah sebuah kesadaran manusia akan pentingnya untuk terus belajar dan untuk hidup sebagai pribadi yang baik di masa yang akan datang dengan hadirnya teknologi. Hadirnya teknologi rata ke semua sektor sangat membantu dan memotivasi untuk mampu menggunakan dengan sebaik-baiknya. Kesiapan pengguna dalam mengikuti kemajuan teknologi digital juga harus mampu dan tahu akan fungsi dan manfaatnya. Terutama sektor pendidikan dalam hal ini para siswa akan lebih mudah dan terbantu untuk memperoleh kemudahan dalam menggunakan teknologi digitanya melalui pembelajaran.

Selain dampak positif ternyata dalam kemajuan teknologi digital juga ada dampak negatifnya. Sebabnya saat ini banyak sekali tindak kriminal atau kejahatan yang memanfaatkan teknologi digital sebagai penipuan, penyebaran informasi negatif, dan sebagainya. Yang kita ketahui banyak pengguna teknologi digital yang tertipu karena informasi negatif, seperti : penyebaran berita palsu atau hoax, penipuan melalui jual beli online, penipuan melalui WhatsApp, Facebook, sms, dan lain-lainya.

Keterampilan atau kemapuan dalam menggunakan teknologi digital harus dimiliki oleh semua orang, terlebih bagi para siswa supaya tidak salah dalam memanfaatkan teknologi digital. Pasalnya teknologi digital menjadi hal yang cukup penting bagi siswa dalam pembelajaran. Sehingga menjadi sebuah keharusan untuk generasi muda agar memiliki keterampilan dalam penggunaan teknologi digital untuk menyesuaikan diri terhadap perkembangan nya.

Meningkatkan kemampuan literasi para siswa juga dapat membantu meningkatkan keterampilan para siswa dalam penggunaan teknologi digital. Terampil dalam literasi yang baik dapat membuat para siswa menjadi pintar dalam memilah berbagai informasi yang baik dan tentunya dapat menambah pengetahuan mereka. Orang tua dan guru sebagai pembimbing juga harus berupaya untuk mensosialisasikan dampak juga manfaat kemajuan teknologi digital kepada anak-anak. Sebab orang tua dan guru juga harus memiliki keterampilan cakap dalam teknologi digital yang baik agar para siswa dapat memanfaatkan teknologi digital dengan bijak. Tujuannya tidak lain untuk kemajuan bangsa Indonesia dan memotivasi para siswa supaya semangat dalam belajar. Kemajuan belajar ditunjang dengan teknologi semakin meyakinkan sehingga perkembangan pendidikan dapat mudah terwujud.

Penulis:

Nama : Queen Latifa Meitahushe.Lahir di Jember. Saat ini berada di Jember sebagai pelajar di MTs.N 7 Jember. No. HP : 088234136708. Email : [email protected]

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post