QOIS ACHMAD TSAQIF AT TAHRIR

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Dengan Gawai  Kuraih Prestasi

Dengan Gawai Kuraih Prestasi

Oleh Qois Achmad Tsaqif At Tahrir

SD Luqman Al Hakim Kabupaten Nganjuk Provinsi Jawa Timur

 

Gawai sangat diperlukan untuk kegiatan di zaman sekarang. Tidak terkecuali untuk lomba. Bahkan tulisan ini saya buat dengan gawai. Gawai pun kini juga sudah bermacam-macam jenisnya, dan pastinya akan terus berkembang.

Selain gawai (handphone), salah satu contoh teknologi yang digunakan banyak orang adalah laptop. Laptop adalah komputer portable yang memiliki berat berkisar dari satu hingga enam kilogram. Fungsi laptop sama dengan komputer. Namun laptop memiliki kelebihan, yakni portable atau dapat dibawa kemana saja. Umumnya laptop digunakan oleh pelajar SMP hingga Mahasiswa di berbagai universitas.

Selain laptop, gawai sudah berkembang dan bermacam-macam. Contohnya seperti kaca mata digital. Gawai masih terus dikembangkan dan diperbarui. Jadi, ke depannya kita akan akan melihat perkembangan teknologi yang sangat maju.

Manfaat gawai adalah memudahkan pekerjaan manusia. Gawai sangat dibutuhkan di banyak kegiatan, baik lomba, seminar, pembelajaran, dan juga memudahkan pekerjaan yang melibatkan   penulisan teks digital.

Artikel yang saya tulis untuk lomba ini pun menggunakan gawai. Gawai memiliki banyak manfaat, namun juga memiliki akibat buruk bilamana disalahgunakan. Bagi orang tua, bila memberikan gawai ke anak-anak, biasakan diberi batas waktu. Bila digunakan dengan benar, gawai juga bisa mendatangkan prestasi.

Prestasi yang saya raih dengan gawai adalah lomba menulis bulanan yang diselenggarakan oleh Sasisabu Mediaguru. Lomba lainnya adalah OSK (Olimpiade Sains Kuark), olimpiade IPA di tingkat kabupaten dan karesidenan, dan banyak lomba lainnya. Suatu hari, pernah ada lomba online yang berlangsung saat saya sedang bersekolah, jadi mau tidak mau saya harus membawa gawai ke sekolah. Sebenarnya, peraturan sekolah melarang keras membawa gawai. Namun, karena untuk kegiatan tertentu maka diperbolehkan. Sangat benar bagi sekolah untuk melarang membawa gawai ke sekolah. Karena, apabila murid diperbolehkan membawa gawai ke sekolah, maka murid tidak akan fokus untuk belajar.

Pengalaman saya yang lainnya adalah membantu orang tua menggunakan gawai. Karena, tidak jarang orang tua saya membutuhkan bantuan ketika menggunakan gawai. Terutama pada beberapa aplikasi yang belum mereka pahami.

Kita harus memanfaatkan teknologi dengan bijak. Jangan hanya untuk bermain, dan jangan sampai kecanduan. Dengan teknologi, mari kita raih prestasi.

 

Lomba Maret 2023

TEMA LOMBA:

Bijak Berteknologi, Tingkatkan Prestasi.

 

PROFIL PENULIS

Qois Achmad Tsaqif At Tahrir dilahirkan di Nganjuk, pada tanggal 9 Maret 2011. Dia adalah anak dari ayah Achmad Kanapi, S.Ag. dan Ibu Nurrohmah Puji Mastuti, S.Pd. Bungsu dari tiga bersaudara ini sudah menduduki kelas lima di SD Luqman Al Hakim Kabupaten Nganjuk Jawa Timur. Kegemarannya pada angka dan pernah beberapa kali mengikuti lomba dan kejuaraan dalam bidang matematika dan IPA tidak menyurutkan kegemarannya untuk terus berburu buku. Dia juga aktif mengikuti pelatihan Sasisabu di Media Guru dan sudah menerbitkan karya solo buku kumpulan cerpen berjudul Misteri Kunci Apartemen di tengah kesibukannya daring dan mengikuti olimpiade MIPA di masa pandemi Covid-19. Juga mengikuti lomba Hi-Fest di bidang IPA dan Bahasa Inggris. Dia juga juara 2 dalam Kompetisi Sains Madrasah tingkat kabupaten dan juara harapan 3 di tingkat provinsi Jawa Timur, juara 1 KSN tingkat Kabupaten, dan Juara 1 olimpiade IPA sekaresidenan Kediri di MTsN 5 Nganjuk, dan masih banyak prestasi lainnya. Penulis adalah salah satu pemenang lomba yang tergabung dalam buku antologi berjudul Anak Indonesia Cinta Buku; Ramadan Ceria; Yuk Membuka Dunia dengan Buku; Aku Cinta Lingkunganku; Rumahku Istanaku; Bapak Ibu Guru Kami Rindu Belajar dan Bertemu; Kami Buku dan Perpustakaan; UNTUK INDONESIA: Sebuah Kisah, Cita-Cita, dan Harapan; Jasa Guru Membekas di Hati;  Ibu, Kasihmu Sepanjang Zaman; Seribu Impian Sejuta Harapan, Pramuka Muda Berkarya, dan Aku Berpuisi, Maka Aku Ada, Kisah Inspiratifku Membaca Buku, Aku Berwisata Aku Bahagia, Aku Suka Kuliner Nusantara, dan Stop Pergaulan Bebas, Fokus  Berkarya Untuk Masa Depan Yang Cerah, ini sangat menyukai komik dan buku cerita serta beberapa buku lainnya tentang sains dan bahasa Inggris. Penulis bisa di hubungi di nomor WA Ibu 081294508377 dan email Ibu [email protected].

PHOTO PENDUKUNG

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post