Qirani Sifa Az-zahra

Haloo semuanyaa, namaku Qirani Sifa Az-zahra, biasa disapa Qirani. Aku adalah siswi MTsN 1 Jember. Semoga karya karyaku bisa bermanfaat dan dapat menginspirasi ...

Selengkapnya
Navigasi Web

Peran Gadget Dalam Pendidikan

Peran Gadget Dalam Pendidikan

Oleh:Qirani Sifa Az-zahra

Kehidupan manusia tidak terlepas dari peran teknologi. Teknologi diciptakan dengan tujuan untuk mempermudah kehidupan manusia. Di zaman sekarang ini, teknologi mengalami perkembangan yang begitu pesat, berbagai aktivitas sehari hari kita sudah dipermudah dengan adanya teknologi.

Terlepas dari banyaknya aktivitas manusia yang di permudah dengan teknologi, hal ini juga menimbulkan beberapa dampak buruk. Orang orang menjadi bergantung pada teknologi, sehingga orang orang cenderung bersikap pemalas.

Gadget merupakan salah satu bentuk teknologi masa kini. Gadget saat ini begitu canggih, banyak yang dapat kita lakukan melalui gadget. Kita bisa berkomunikasi dengan mudah, dan bisa memperoleh berbagai informasi.

Anak muda banyak menggunakan gadget untuk bermain game dan menggunakan media sosial. Sehingga, hal ini menyebabkan anak muda cenderung malas belajar. Tetapi, menggunakan media sosial bukanlah sesuatu yang salah, asalkan kita bisa menggunakannya dengan baik dan benar. Gadget memiliki banyak manfaat jika kita bisa menggunakannya dengan bijak. Salah satunya yaitu untuk belajar. Dengan menggunakan gadget kita bisa belajar banyak hal, kita bisa menggali banyak informasi seputar pengetahuan, kita dapat menyampaikan serta menerima berbagai informasi secara cepat. Selain itu, kita juga dapat mengasah kemampuan kita melalui lomba lomba yang ada di media sosial. Melalui gadget, kegiatan belajar tak lagi membosankan, banyak cara menyenangkan untuk belajar. Saat ini, sudah banyak bermunculan aplikasi belajar yang menyenangkan, dan mudah di akses oleh siapapun.

Sebagai contoh, Pada masa pandemi Covid-19 melanda Indonesia, pemerintah memberlakukan PPKM. Para pelajar tidak bisa melakukan kegiatan pembelajaran seperti biasanya, mereka hanya bisa belajar dirumah. Berkat adanya teknologi, pandemi bukanlah halangan untuk belajar. para pelajar indonesia dapat melakukan kegiatan pembelajaran dengan baik walaupun tidak bisa bertemu secara langsung. Para pelajar melakukan kegiatan pembelajaran secara daring melalui ⁸aplikasi zoom dan berbagai aplikasi belajar lainnya, sehingga mereka tetap aktif belajar dan dapat mengukir prestasi. Hal ini, termasuk sikap bijak berteknologi.

Melalui media sosial, kita dapat memperoleh banyak informasi seputar pembelajaran dan berbagai lomba, seperti olimpiade ipa, matematika, dan lain sebagainya. Tak hanya di bidang akademis saja, masih banyak lomba lomba non akademis. Kita bisa mengikuti lomba lomba tersebut untuk mengasah dan mengukur kemampuan kita. Walaupun belum berhasil, pengalaman itu menjadi sebuah pelajaran bagi kita untuk menjadikan diri kita lebih baik. Sehingga pengalaman pengalaman itulah yang mengantarkan kita menuju keberhasilan.

Perkembangan teknologi membuat kita lebih mudah memahami berbagai materi . Pembelajaran pun tidak harus melalui tatap muka, melainkan bisa dari rumah secara daring. Dengan penggunaan gadget sebagai sarana dan sumber belajar bagi kita, kita bisa menggali minat, bakat dan mampu mengembangkan nya sehingga dapat meraih prestasi. Oleh karena itu, sepatutnya kita bersyukur karena kita hidup di zaman teknologi yang sudah canggih. Mari kita gunakan teknologi secara bijak untuk mengukir prestasi!.

Biografi Penulis

Haloo teman teman semuaa!! Perkenalkan nama saya Qirani Sifa Az-zahra. Akrab disapa Qirani. Saat ini, saya berusia 14 tahun. Saya lahir di lumajang pada tanggal 5 bulan November tahun 2008. Saat ini, saya duduk di bangku kelas 8 di MTs Negeri 1 Jember. Saya harap, karya saya kali ini dapat menginspirasi teman teman semua agar bijak dalam berteknologi. Nantikan karyaku selanjutnya yaa!! Jangan lupa mampir dan follow instagram saya @qrnsf_

kalian juga bisa menghubungi saya, di nomor whatsapp: 0857 5534 2821

Dan email : [email protected] . Terimakasih semuanyaa!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post