Prensi Rahmadaniar Hayuningtyas

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Perjalanan ku Meraih Impian

Perjalanan ku Meraih Mimpi

Menjadi seorang pelajar itu tidaklah mudah, ada kalanya merasa senang dan juga sedih. Rasa senang itu ketika kita telah berusaha dan semuanya terbalas dengan baik. Seperti contoh mendapat rangking 1 dan menang lomba rasanya itu sungguh membanggakan. Pada kesempatan kali ini, aku akan bercerita tentang perjalanan dalam mewujudkan impianku. Alhamdulillah aku berhasil mempertahankan peringkat pertama dari masa SD hingga SMP ini dan juga memenangkan lomba literasi untuk yang ke-2 kalinya.

Halo, perkenalkan nama ku Prensi Rahmadaniar Hayuningtyas, yang saat ini sedang duduk di bangku kelas 8 SMP. Tentunya banyak sekali rintangan yang aku hadapi. Dahulu, pada saat aku duduk di bangku SD, rasanya senang karena mendapat teman baru dan guru yang penyayang. Pada saat itu, aku masih belum mengerti bahwa di sekolah pasti akan ada yang namanya bersaing, entah itu dalam akademik maupun non-akademik. Aku bersekolah mengalami hari-hari seperti biasa.

Pada saat belajar aku selalu aktif dalam mata pelajaran apapun. Aku selalu bertanya jika tidak mengerti, mengerjakan tugas tepat waktu, dan aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler. Seringkali aku di olok-olok oleh teman karna setiap saat pergi ke perpustakaan untuk membaca buku, tetapi aku tidak pernah menghiraukan perkataan itu, karna bagi ku membaca buku itu penting. Hari-hari telah berlalu dan ujian pun tiba, aku yang telah belajar pun merasa percaya diri dapat menjawab soal itu.

Namun, nyatanya tidak seperti yang aku harapkan, soal tersebut sulit bagi ku, apalagi pada soal matematika karna aku harus mengerti soal itu dan hafal rumus. Menurutku matematikalah pelajaran yang sulit, sehingga nilai matematika ku selalu rendah, sempat aku berpikir untuk menyerah saja. Tetapi teringat kepada nasihat orang-orang yang ada di sekeliling ku "jangan pernah putus asa, apapun hasilnya terima saja, masih banyak waktu untuk memperbaiki" karna itulah aku tetap bersemangat. Sejak saat itu aku lebih giat lagi dalam belajar.

Dua tahun berlalu, alhamdulillah di kelas 3-6 SD aku selalu mendapat peringkat pertama. Sungguh senang rasanya bisa menjadi yang paling awal diantara lainnya. Ini adalah sebuah keajaiban, yang dulunya aku malas, tetapi sering membaca buku dan tidak begitu suka dengan pelajaran matematika, bisa menduduki peringkat pertama. Padahal aku merasa bahwa ini tidak akan mungkin terjadi, sedangkan teman-teman ku itu lebih pintar.

Hingga aku duduk di bangku SMP, tentunya sainganku akan lebih berat, tapi itu tidak mematahkan semangatku. Aku terus belajar dan belajar.

Ada waktu ketika aku gagal, yaitu pada saat kelas 7 sedang diadakan ujian harian, dan ternyata nilai yang didapatkan sangat mengecewakan. Saat itu juga aku berpikir pasti tidak akan berhasil mempertahankan peringkat pertamaku di kelas, karna ujian harian saja hasilnya sangat mengecewakan. Apalagi pada saat ujian tengah dan akhir semester, akhir semester. Tidak lupa juga ujian kenaikan kelas. Tetapi itu semua tukang membuat ku takut. Aku terus mencoba lagi dengan terus belajar, tetapi itu semuanya masih belum terbayar saat ujian tengah semester berakhir hasilnya pun tetap sama tidak ada yang berubah. Tetapi dari dari sanalah aku belajar bahwa sesuatu yang kita inginkan tidak mungkin langsung terjadi begitu saja melainkan ada proses dibaliknya. Terus mencoba hingga pada akhirnya lelahku ini terbayar dengan ujian akhir semester 2. Semoga hasil yang ku peroleh memuaskan dan membuatku merasa bangga pada diriku sendiri karna sudah mau berubah menjadi yang lebih baik dari sebelumnya.

Dari sini, ide ku mulai berkembang. Baru kali ini terpikirkan bahwa aku harus membuat tips-tips yang dapat digunakan dalam belajar, seperti : menjauhkan diri dari handphone selama belajar,mencatat atau merangkum hal yang menurutku penting di dalam buku sehingga belajar lebih efektif dan nyaman, membaca ulang materi yang diberikan pada saat disekolah dan yang terpenting selalu berdo'a dan berusaha.

Mempertahankan peringkat yang dimiliki tidaklah mudah, butuh usaha, keyakinan dan semangat yang luar biasa. Aku tau pasti semua siswa ingin dirinya berasal di peringkat pertama, tetapi itu semua tidak akan terwujud jika tdak ada usaha.

Pada bulan November tahun 2022, teman ku mengajak ku untuk ikut serta dalam kegiatan literasi. Awalnya aku menolak, karna menurut ku itu sulit. Tetapi karna kata mereka seru, akhirnya aku mencoba ikut saja. Awal aku membuat tulisan dengan tema "guruku pahlawan ku". Aku mulai mengarang sebuah tulisan untuk yang pertama kalinya, saat membuat tulisan yang ku rasakan yaitu gugup karna takut tidak bisa untuk menghasilkan ide. Karna selalu meyakinkan diri sendiri bahwa aku bisa mencobanya, dan pada akhirnya percaya diri dan semangat itu muncul. Dari sinilah ide ku berkembang untuk menghasilkan sebuah tulisan.

Membuat tulisan pun selesai, dan tinggal mengirimkan nya saja. Beberapa hari setelah itu, bapak kepala sekolah memanggil para siswa yang ikut serta dalam kegiatan literasi untuk berkumpul. Setelah itu, bapak kepala sekolah pun memulai menjelaskan bagaimana sih cara mengatang sebuah cerita. Dari sanalah aku pun paham dan bertambah semangat ku. Tetapi setelah ku baca kembali cerita yang dibuat ini, aku merasa bahwa isi dari aliran cerita tersebut sedikit sulit untuk dipahami. Maka dari itu aku tidak yakin akan berhasil. Akan tetapi, saat pengumuman lomba literasi tersebut, aku tidak menyangka bahwa tulisan yang telah ku buat ini terpilih menjadi salah satu pemenang.

Teman-teman ku bahkan ikut bahagia atas kemenangan yang aku dapatkan. Sungguh tidak percaya, yang awalnya aku hanya mencoba saja, ternyata dapat menjadi salah satu pemenang. Atas kemenangan inilah aku manjadi bertambah semangat untuk terus menjadi siswa yang bisa membuat tulisan dan insyaallah akan menakdirkan seorang penulis yang mempunyai buku karangan sendiri.

Perjalanan yang aku lalui sungguh menyenangkan dan melelahkan, karna dibalik semua itu proses yang dihadapi memiliki banyak rintangan dan dikelilingi oleh orang-orang baik.

Awal mulai aku berhasil, tapi diberi cobaan untuk gagal yang membuat ku hampir saja putus asa. Alhamdulillah aku masih dikelilingi orang-orang yang selalu menyemangati ku, yang mendukung ku apapun itu, termasuk dalam hal belajar dan prestasi.

Yang aku impikan di tahun ini hingga SMA nanti yaitu bisa dalam mempertahankan peringkat pertama ku dan juga tetap menjadi seorang siswa yang aktif dalam kegiatan literasi hingga mempunyai buku karangan sendiri.

Semoga dengan pengalaman ku, dapat menginspirasi semua orang yang membacanya dan juga meniru cara belajar ku. Dan semoga apa yang semua orang impikan terutama bagi siswa atau pelajar dapat terwujud, sesuai dengan tema cerita bulan ini yaitu "wujudkan impianmu".

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post