Nur Alif Muhammad Haqqi

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Dengan Membaca Hasilkan Suatu Karya

Dengan Membaca Hasilkan Suatu Karya

Oleh : Nur Alif Muhammad Haqqi

Membaca adalah tehnik dasar untuk belajar, dengan membaca kita dapat lebih mudah untuk memahami suatu materi yang akan dipelajari. Beberapa ahli berpendapat tentang pengertian membaca sebagai berikut :

1. Menurut F. M Hodgson Menurut F. M. Hodgson dalam buku berjudul Learning Modern Languages (1960), membaca adalah suatu proses untuk memperoleh pesan yang disampaikan penulis melalui media berupa kata-kata atau bahasa tulis.

2. Menurut R. C. Anderson Menurut R. C Anderson dalam buku berjudul Language Skill in Elementary Education (1972), membaca adalah proses penyandian kembali (recoding) dan pembacaan sandi (decoding). Di mana sandi tersebut berupa lambang atau simbol bahasa tulis.

3. Menurut Finoshiaro dan

Bonomo Menurut Mery Finocchiaro dan Micahel Bonomo dalam buku berjudul The Foreign Language Learner: A Guide for Teacher (1973), membaca adalah memetik dan memahami makna yang terkandung dalam suatu bahasa tulis.

4. Menurut Henry Guntur Tarigan dalam buku berjudul Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa (1987), membaca adalah suatu proses yang dilakukan dan digunakan oleh pembaca untuk memperoleh pesan yang disampaikan penulis melalui media kata-kata atau bahasa tulis.

5. Menurut Robert Lado Roberst Lado dalam buku berjudul Early Reading (1976), menyebutkan bahwa membaca adalah memahami pola-pola bahasa dari gambaran tertulisnya.

6. Menurut P. D. Pearson dan D. D. Johnson Menurut Johnson dan Pearson dalam buku berjudul Teaching Reading Comprehension (1978), membaca adalah praktik menggunakan teks untuk memperoleh makna.

7. Menurut Kolker Kolker dalam buku berjudul Film, Form, and Culture (1983), menyebutkan bahwa membaca adalah proses komunikasi antara pembaca dan penulis dengan menggunakan bahasa tulis.Selanjutnya, kolker juga berpendapat bahwa hakikat membaca terdiri dari tiga hal, yaitu afektif, kognitif, dan juga bahasa.

8. Menurut Gorys Keraf Menurut Gorys Keraf dalam buku berjudul Kosakata Bahasa Indonesia (1996), membaca adalah sebuah proses fisik dan mental yang memberikan makna pada simbol-simbol visual.

9. Menurut Ronsenblatt Menurut Rosenblatt, membaca adalah proses transaksional yang merliputi langkah-langkah selama pembaca membangun makna melalui interaksinya dengan teks bacaan.

10. Menurut Nur Hadi Menurut Nurhadi dalam Membaca Cepat dan Efektif (1987), membaca adalah proses pengucapan lisan untuk mendapatkan isi yang terkandung di dalam bacaan.

Dari banyaknya pendapat para ahli, dapat disimpulkan bahwa membaca itu sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Yang dimana salah satu media untuk berkomunikasi pada zaman ini berupa ketikan pada media elektronik. Jadi, jika kita tidak menguasai dalam membaca kita tidak dapat berkomunikasi lewat media elektronik tersebut.

Pada zaman ini banyak orang pintar yang dapat membuat barbagai aplikasi, diantaranya seperti : Whatsapp, ChatGPT, dan lain-lain. Untuk menjadi seperti mereka butuh keterampilan yang mencukupi. Untuk membuat aplikasi-aplikasi seperti itu, dibutuhkan keterampilan dalam materi matematika, fisika, dan lain-lain.

Nah, untuk menguasai beberapa materi tersebut kita harus memperbanyak membaca buku buku yang berisikan materi-materi tersebut. Tetapi, sebagian besar dari Gen Z seperti kita ini, ingin menjadi sukses tapi malah bermalas-malasan, terkadang di suruh belajar malah bermain game seperti : Mobile legend, Free fire, PUBG, Cod, Pes dan masih banyak lagi. Kebiasaan seperti ini yang harus kita kurangi, jika kita benar-benar ingin menjadi orang yang sukses.

Memperbanyak membaca bukan berarti memperbanyak membaca novel dan komik, tetapi harus memperbanyak membaca buku-buku pelajaran yang bermanfaat untuk kita di masa depan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post