Nity Mazidah Ilma

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Prodistik, Sarana Berprestasi di Bidang IT

Pada abad ke-21 ini, setiap aspek kehidupan manusia sudah tidak dapat terlepas dari peranan teknologi. Teknologi menjadi hal yang sangat berperan penuh dalam perkembangan kehidupan manusia saat ini. Perkembangan teknologi ini tentu dapat menunjang kehidupan manusia menjadi lebih mudah. Seperti halnya penggunaan telepon pintar yang terhubung ke internet, menjadi peralatan yang tidak dapat terlepaskan dari kehidupan manusia. Karena teknologi yang dapat membantu seluruh kegiatan manusia sehingga menjadi lebih mudah. Seperti mampu mempermudah proses, mempersingkat waktu, hingga mengurangi biaya dalam suatu penyelesaian pekerjaan.

Contohnya teknologi komunikasi berupa ponsel. Penggunaan ponsel dalam kehidupan sehari hari manusia sangat membantu manusia dalam berkomunikasi jarak jauh sehingga dapat mempermudah proses penyampaian pesan, mempersingkat waktu, dan biaya yang diperlukan sangat ekonomis. Bahkan ponsel saat ini memiliki manfaat lebih dari sekedar alat komunikasi. Seperti dapat digunakan untuk berfoto, mengambil vidio, bahkan ponsel yang terhubung dengan internet dapat dijadikan sebagai ladang mata pencarian. Selain dari teknologi komunikasi, teknologi transportasi, medis, kontruksi dan lainnya yang telah mengalami perkembangan juga memudahkan manusia. Tentu saja penggunaan teknologi ini perlu adanya respon bijak dari penggunanya sehingga menimbulkan manfaat. Selain menjadi sarana yang membantu kehidupan manusia, penggunaan teknologi juga bisa dijadikan sebagai pintu menuju segudang prestasi.

Melalui sebuah program pembelajaran berbasis IT, sebuah instansi pendidikan dapat menorehkan banyak prestasi dari pemanfaatan teknologi. Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember, adalah salah satu sekolah yang memanfaatkan program prodistik sebagai salah satu bidang keterampilan yang ada di MAN 2 JEMBER. Prodistik sendiri ialah program pembelajaran teknis mengenai teknologi informasi. Program ini juga sebagai bentuk dari pembelajaran teknologi revolusi industri 4.0 yakni teknologi berbasis internet. Prodistik sendiri terdiri dari beberapa bidang minat. Yakni perkantoran, desain grafis, animasi, programming, dan robotika.

Bekerjasama dengan Insitut Teknologi Surabaya, prodistik MAN 2 JEMBER telah sukses menjalankan program ini dan telah melahirkan siswa siswa yang unggul dalam bidang Teknologi Informasi. Terlihat dari beberapa siswa yang mengikuti keterampilan prodistik ini telah meraih banyak prestasi. Ditahun 2020 dalam ajang lomba membuat animasi infografis dan esai gagasan visioner, siswa man 2 menjadi finalis dalam ajang lomba tersebut. Ditahun itu tim robotik MAN 2 JEMBER juga mendapat juara 2 dalam lomba desain robot dalam event PROCOMMIT V10 yang diselenggarkan oleh ITS. Karya desain robotnya yang berjudul "Masker dan APD Dilengkapi Sistem Sirkulasi Udara Terfilter dengan Otomasi Terkendali Mikrokontroler guna Pencegahan Sebaran COVID-19 pada Petugas Medis". Pada tahun ini, MAN 2 kembali mendapat juara dalam event yang sama yakni PROCOMMIT V12 lomba robot cerdas yang dimenangkan oleh tim KOMBOSIDA. Tentu saja semua itu tidak lepas dari kerja keras pembina dalam membina siswanya.

Nity Mazidah Ilma lahir di Jember pada 18 Maret 2006. Saat ini duduk si bangku kelas 10 di Man 2 Jember. Email [email protected]

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post