NELLY ASIFA DESTY

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Hidup Sehat Karya Meningkat

Hidup Sehat Karya Meningkat

HIDUP SEHAT KARYA MENINGKAT

Ditulis oleh: Nelly Asifa Desty

Definisi sehat merumuskan dalam cakupan yang sangat luas, yaitu “keadaan yang sempurna baik fisik, mental maupun sosial, tidak hanya terbebas dari penyakit atau kelemahan/cacat”.

Menurut KBBI (kamus besar bahasa Indonesia) karya merupakan pekerjaan atau kata lainnya hasil perbuatan. Ada juga makna karya dalam bahasa sansekerta yang bermakna pembina.

Semua orang bisa membuat karya, tetapi beberapa orang lalai dalam menjaga tubuh yang sehat, padahal dengan badan yang sehat kita bisa lebih memaksimalkan hasil dari karya kita. Contohnya atlet, atlet memerlukan badan yang sehat dan bugar untuk memaksimalkan pencapaiannya. Kita juga sama, memerlukan badan yang sehat dari fisik maupun mental. Dengan badan yang sehat pikiran dan tubuh akan lebih cepat untuk melakukan sesuatu.

Menjaga tubuh sehat sangat mudah dan gampang. Tetapi mengapa masih banyak orang yang lalai untuk menjaga kesehatan? Pola makan yang tidak teratur, bermalas-malasan, jarang mandi, mood naik turun, semua ini dapat membuat dirimu menjadi tidak sehat. Hal-hal kecil seperti ini yang bisa membuat hidup menjadi kurang sehat. Berikut ini adalah delapan langkah yang dapat kita terapkan dalam menjalani pola hidup sehat:

1.Ketahui Kondisi Kesehatan Saat Ini

Kita harus mengetahui kondisi kesehatan kita mulai dari gejala, alergi, hingga penyakit kronis yang kita derita. Agar kita bisa tahu kondisi tubuh diri sendiri, lakukan pemeriksaan secara rutin ke dokter dan mendeteksi sejak dini kemungkinan adanya penyakit yang diderita.

2.Melakukan Aktivitas

Apakah aktivitas kita hanya didominasi dengan duduk dan mengetik di komputer sepanjang hari? Jika iya, berarti anda kurang beraktivitas. Para ahli kesehatan menyarankan setiap orang untuk berolahraga minimal 150 menit setiap minggu untuk mengencangkan otot. Kita bisa melakukan olahraga yang menyenangkan dan tentunya menyehatkan, seperti berjalan kaki, bersepeda, atau naik-turun tangga juga bisa dilakukan di sela-sela kesibukan kita.

3.Makanan yang Dikonsumsi

Jika berat badan kita terlalu berlebihan, itu juga akan memengaruhi kesehatan kita. Jadi kurangi makanan yang kurang sehat dan terlalu banyak mengandung kalori. Konsumsi buah dan sayuran, setidaknya 4 porsi buah-buahan dan 5 porsi sayuran dalam sehari sebagai bagian dari pola hidup sehat.

4.Perhatikan Kehidupan Sosial

Lingkungan sosial adalah tempat kita untuk berbagi pikiran, berkeluh kesah, mencari solusi, hingga menyampaikan opini. Oleh karena itu luangkan waktu kita untuk sekadar bercengkrama dengan orang terdekat. Tetapi, Perhatikan juga hubungan kalian dengan orang-orang di sekitar kita dari keluarga, teman, sahabat, maupun tetangga. Karena interaksi kita dengan orang-orang di sekitar kita dapat memengaruhi kesehatan mental dan tentu saja kesehatan tubuh juga.

5.Hentikan Kebiasaan Buruk

Gaya hidup tidak sehat seperti merokok, narkoba, dan alkohol sangat berdampak buruk pada kesehatan. Banyak macam penyakit yang dapak timbul karena kebiasaan ini seperti penyakit jantung dan paru-paru, hingga kanker. Oleh karena itu hindari kebiasaan tidak sehat seperti ini, karena hal semacam ini hanya merusak tubuh saja.

6.Kelola Stress

Stres adalah hal yang sulit untuk dihindari. Namun, kita bisa belajar mengelolanya dengan meluangkan waktu untuk rileks, baik dengan melakukan hobi atau melakukan meditasi. Mensyukuri hal-hal yang sudah kita capai, bisa membuat jiwa lebih tenang.

7.Waktu Istirahat yang Cukup

Menjalani pola hidup sehat memang tidak mudah. Salah satu hal yang paling sulit dilakukan adalah mempertahankan waktu istirahat. Istirahat cukup adalah kunci untuk mewujudkan tubuh dan pikiran yang sehat. Usahakan untuk tidur setidaknya 7–8 jam setiap malamnya dan bangun di jam yang sama. Mandi air hangat, membaca buku, atau mendengarkan musik, bisa menjadi aktivitas menjelang tidur yang membantu tubuh untuk istirahat

Pola hidup yang sehat membuat pikiran menjadi lebih teratur. Pikiran lebih mudah mencerna hal-hal yang positif. Perbaiki pola hidup menjadi lebih teratur agar bisa berpikir hal yang positif. Orang-orang banyak yang lalai dengan kesehatan diri padahal kesehatan diri sangat penting. Tugas kita sebagai orang yang bertubuh sehat adalah mengingatkan orang-orang untuk tetap menjaga kesehatan. Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali.

Dengan demikian bila tubuh kita sehat maka peluang berkarya pun dapat lebih meningkat.

-DAFTAR PUSTAKA-

gambar https://pin.it/3mHVKGF

https://bpkpenabur.or.id/bekasi/smak-penabur-kota-jababeka/berita/berita-lainnya/pojok-best-karya-karya-bersama-dengan-ketekunan

https://www.sasisabu.id/read/nurabdilahsalman221427/article/tubuh-sehat-karya-meningkat-4959218

https://www.google.com/search?q=cara%20agar%20hidup%20lebih%20sehat&hl=in

Haloo, perkenalkan nama saya Nelly Asifa Desty, biasa dipanggil Nelly. Saya siswi SMKN 12 Malang kelas X jurusan pengembangan perangkat lunak dan gim (PPLG). Saya memiliki hobi membaca dan menonton anime. Selain itu saya juga suka terhadap komik, serta action figure. Jika ingin menghubungi saya silakan hubungi di 0815-1581-9829 atau ki

rim email ke [email protected]. Itu saja yang dapat saya perkenalkan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post