Naufal Razan Maulana

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
PENGALAMAN KAMI BERSAMA RUANG BERBUKU

PENGALAMAN KAMI BERSAMA RUANG BERBUKU

PENGALAMAN KAMI BERSAMA RUANG BERBUKU

Hari itu kami senang sekali. Kami berlari kecil sambil sekali kalii tertawa riang menuju ruang istimewa. Yaaa… Perpustakaanlah ruang istimewa tersebut. Kenapa istimewa? Karena banyak yang kami dapatkan di sana. Apa saja ?.Yuk… ikuti terus pengalaman kami bersama ruang berbuku.

Kami biasa menyebut perpustakaan dengan ruang berbuku. Kenapa berbuku?. Karena perpustakaan adalah tempat yang di dalamnya berisi begitu banyak buku, tidak hanya satu. Buku yang ada di sana banyak macamnya, mulai dari buku pelajaran, ilmu pengetahuan, ensiklopedia, pengetahuan, buku agama, bahkan sampai majalah dan koran juga ada di sana/ Kadang kala, kami juga sering menyebut perpustakaan dengan ruang stimewa. Kami sebut ruang istimewa karena di perpustakaan banyak kegiatan yang bisa kami lakukan. Bahkan Bapak dan Ibu guru juga sering memakai ruang perpustakaan untuk kegiatan seperti rapat, silaturahmi, bahkan kegiatan keagamaan juga pernah dilakukan di sana.

Banyak kegiatan yang bisa kami lakukan. Dulu, sebelum wabah corona datang kami selalu memanfaatkan waktu istirahat untuk berkunjung ke perpustakaan. Kami mafaatkan waktu untuk bermain di sana. Tetapi bukan bermain petak umpet atau lari larian. Kami tidak bermain seperti itu karena kami tahu perpustakaan bukan tempat untuk berlari atau kejar kejaran. Kami hanya bermain tebak kata, sambung kalimat. Sebelum permainan tebak kata dimulai, tentunya kami harus membaca buku terlebih dahulu. Setelah itu, baru kami bermain teka teki. Kadang kala kami juga membaca ensiklopedia. Setelah paham apa yang kami baca, kami bermain tebak tokoh. Tokoh yang kami baca seperti nama pahlawan, penyair, bahkan penemu.

Pengalaman kami bersama ruang berbuku tidak sampai disitu saja. Masih banyak pengalaman lain yang kami rasakan. Di kala waktu istirahat kedua tiba, kami juga mennyempatkan diri berkumpul di perpustakaan. Walau tidak pernah janjian, tapi kami selalu bertemu di perpustakaan. Jadilah teman kami bertambah karena yang berkunjung ke perpustakaan tidak saja teman sekelas tetapi ada juga teman yang berbeda kelas bahkan ada juga kakak kelas dan adik kelas. Di sini kami sudah seperti saudara. Kami merasa seolah olah di sinit empatnya orang yang haus mencari ilmu. Kami baca buku apa saja yang ada di perpustakaan. Buku buku di perpustakaan sudah terseleksi karena sudah di pilah pilih. Ketika kami baca buku, petugas perpustakaan selalu membimbing kami.

Perpustakaan tidak saja sebagai tempat menyimpan buku. Tetapi perpustakaan juga sebagai ajang kreativitas bagi kami khususnya pelajar Indonesia. Dari perpustakaanlah kami bisa mengenal literasi, dan minat baca perlahan tumbuh. Perpustakaan telah mengasah daya pikir kami. Kami jadi cerdas karena perpustakaan.

Ruang berbuku memang seru. Bagaimana tidak seru jika di ruang berbuku banayk kegiatan yang bisa kami lakukan. Dengan kegiatan itu, maka perlahan lahan bakat kami terasah. Di perpustakaan kadang ada lomba. Lombanya apa saja?. Ada lomba menulis, puisi, bahkan ada lomba dongeng. Kalau ada lomba, kami selalu mencari bahan di perpustakaan. Apa saja bahannya?. Kami mencari buku buku terkait lomba. Dari buku yang kami baca maka tercetuslah ide. Seru kan berkunjung ke perpustakaan ?.

Perpustakaan telah memberi kami banyak pengalaman. Kami, buku, dan perpustakaan adalah tiga serangkai yang tidak bisa terpisahkan. Dari perpustakaanlah kami bisa membaca buku. Minat baca tumbuh juga karena pengalaman kami bersama ruang berbuku yang kami sebut dengan perpustakaan. Kreativitas juga terasah karena pengalaman bersama ruang berbuku. Kami mengenal dunia tulis menulis juga karena indahnya berkunjung ke ruang berbuku. Dari sinilah kami jadi senang membaca dan menulis. Setiap ada lomba menulis, kami selalu ikut. Dan kami juga tidak pernah lupa untuk selalu membaca, karena bunda pernah bilang, kalau makanan penulis adalah melahap buku. Di ruang berbuku itulah kami melahap bacaan, karena kami juga paham bahwa buku adalah jendela dunia.

Kami berharap agar corona segera menjauh agar kami bisa kembali merasakan indahnya pengalaman bersama ruang berbuku.

Biografi.

Namaku Naufal Razan Maulana. Saat ini aku duduk di kelas enam SDIT Ummu’l Quro Depok. Aku suka sekali dengan dunia tulis menulis. Menulis apa saja aku suka. Aku juga senang membaca. Oh ya, Kawan. Aku tinggal di Depok. Jika kamu ingin berkenalan dengan aku, hubungi kontak aku di 081319566467. Aku juga bisa dihubungi di email [email protected]. Karena aku masih SD, jadi pakai nomor dan email bunda aku. Aku senang dengan Sasisabu karena Sasisabu telah mengasah anak Indonesia untuk selalu membaca dan menulis.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post