Naisya Nabilah Agatha

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Mengembangkan Potensi Diri Lewat Pendidikan Ekstrakulikuler Pengalaman Seorang Anggota Pr

"Mengembangkan Potensi Diri Lewat Pendidikan Ekstrakulikuler: Pengalaman Seorang Anggota Pramuka"

Berpartisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler dapatmenjadi cara yang efektif untuk mengembangkan potensidiri, tidak hanya dalam hal keterampilan tetapi juga dalamhal karakter,kecerdasan dan intelektual, Salah satuekstrakurikuler yang cukup populer di Indonesia adalahpramuka, sebuah organisasi kepanduan yang memfasilitasi pengembangan keterampilan dan karaktersiswa.

Sebagai anggota pramuka di sekolah saya, saya telahmemiliki banyak pengalaman yang membantu sayamengembangkan potensi diri saya. Salah satupengalaman yang sangat berkesan adalah ketika sayaberpartisipasi dalam kegiatan perkemahan pramuka. Di perkemahan tersebut, saya belajar banyak hal tentangkehidupan di alam terbuka, termasuk bagaimana bertahanhidup dan menghormati alam. Saya belajar untuk menjadimandiri, tangguh, dan memiliki rasa empati yang tinggi.Saya juga belajar tentang kerja sama dalam tim dankemampuan untuk beradaptasi dengan situasi yang sulit.

Kegiatan Pramuka juga memberikan kesempatan bagisaya untuk belajar tentang kepemimpinan. Sebagaianggota Pramuka, saya sering dihadapkan dengan tugas-tugas kepemimpinan seperti memimpin kegiatan, mengatur jadwal, hingga mengambil keputusan dalamkeadaan yang sulit. Hal ini membantu saya untukmengembangkan kemampuan kepemimpinan danmembuat saya lebih percaya diri.

Selain itu, saya juga mendapatkan banyak teman barumelalui kegiatan Pramuka. Kami saling bekerja sama dansaling mendukung dalam setiap kegiatan. KegiatanPramuka juga memberikan kesempatan untuk berinteraksidengan siswa dari sekolah lain dalam berbagai acaraseperti jambore. saya juga menjadi lebih percaya diridalam berbicara di depan umum melalui pengalamansebagai pembawa acara dalam kegiatan pramuka. Sebagai seorang anggota pramuka, saya juga belajaruntuk menjadi lebih bertanggung jawab dalammenyelesaikan tugas dan menghargai waktu. Saya jugabelajar untuk menjadi lebih mandiri, seperti dalammembuat tenda dan memasak makanan di perkemahan.

Lebih dari itu, saya juga mengembangkan karakter positifseperti kejujuran, kesederhanaan, dan kepedulianterhadap sesama melalui kegiatan pramuka. Dalamkegiatan pramuka, saya diajarkan tentang pentingnyamemiliki sikap jujur, merendah diri, dan membantu orang lain. Saya juga diajarkan tentang pentingnya untukmemiliki sikap disiplin dan patuh pada aturan.

Melalui kegiatan pramuka, saya merasakan bagaimanapentingnya memiliki keterampilan dan karakter yang kuatdalam mencapai tujuan. Kegiatan ini membantu sayauntuk meraih potensi diri saya yang tersembunyi danmelatih saya untuk menjadi lebih siap menghadapitantangan di masa depan.

Oleh karena itu, Dari pengalaman saya sebagai anggotaPramuka, saya belajar banyak hal yang tidak bisa sayadapatkan di dalam kelas. saya sangat merekomendasikankepada teman-teman saya untuk bergabung denganpramuka dan terlibat dalam kegiatan ekstrakurikulerlainnya. Selain menemukan bakat dan minat baru, kegiatan ini juga membantu untuk mengembangkanpotensi diri secara keseluruhan dan mempersiapkan diriuntuk masa depan yang lebih baik.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post