nadya zhafira

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Pentingnya Semangat dalam Proses Meningkatkan Prestasi

Pentingnya Semangat dalam Proses Meningkatkan Prestasi

Pentingnya Semangat dalam Proses Meningkatkan Prestasi

Oleh : Nadya Zhafira

Kata “Semangat” menurut KBBI memiliki arti roh kehidupan yang menjiwai segala makhluk, baik hidup maupun mati. Maka dari itu, semangat itu akan muncul dari dalam diri kita sendiri. Apabila kita melakukan sesuatu tanpa didampingi rasa semangat, tentu kita tidak akan merasakan senang melakukan hal tersebut. Apalagi saat ini masih bisa dikatakan sebagai tahun ajaran baru, maka kita perlu menumbuhkan semangat baru pada diri kita. Tentunya, semangat itu harus lebih besar daripada tahun ajaran sebelumnya.

Tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini, saya tidak hanya memasuki tahun ajaran baru, tetapi saya juga memasuki sekolah baru saya karena saya melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi, yaitu MAN. Saat awal masuk MAN, saya memiliki keinginan yang cukup besar untuk aktif dalam beberapa kegiatan sekolah dan aktif mengikuti beberapa lomba-lomba. Namun, saya bingung bagaimana caranya. Akhirnya, setelah bertanya pada beberapa kakak kelas di MAN, saya mendapatkan kesimpulan yang cukup unik, yaitu “semua itu dimulai dari semangat masing-masing orang”. Disitulah saya tergerak untuk menanamkan rasa semangat tinggi pada diri saya untuk bisa menjadi salah satu murid berprestasi di sekolah ini.

Sejak awal saya masuk MAN, saya memiliki semangat yang kuat untuk mengikuti bimbel di luar sekolah. Alhamdulillah, kedua orang tua saya sangat mendukung akan hal itu. Selain itu, yang awalnya saya malas mengikuti kegiatan ekstrakulikuler, di MAN ini saya sangat bersemangat mengikuti beberapa kegiatan ekstrakulikuler. Karena dengan aktif mengikuti kegiatan ektrakulikuler, saya bisa lebih mengembangkan bakat dan minat kita.

Tentunya tidak mudah bagi saya untuk bisa mengikuti beberapa kegiatan ekstrakulikuler sekaligus. Saya adalah orang yang bisa dibilang cukup malas saat duduk di bangku SMP. Saya harus mengumpulkan keinginan dan semangat yang kuat untuk bisa aktif dalam kegiatan-kegiatan. Nah, dari sinilah saya percaya bahwa rasa semangat itu sangat diperlukan dalam menjalankan kegiatan sehari-hari kita. Selain itu, menurut saya semangat itu penting, karena semangat adalah kunci keberhasilan. Semangat itu ajaib karena semangat, impian menjadi kenyataan.

Coba bayangkan kalian mengikuti lomba atau olimpiade matematika. Ketika kalian tidak didampingi rasa semangat, pasti kalian akan bermalas-malasan, tidak mempersiapkan diri, dan lain sebagainya. Beda dengan apabila kalian mengikuti olimpiade itu dengan penuh semangat, pasti dari jauh-jauh hari kalian sudah mulai menyicil belajar. Tapi, setelah kalian lolos ataupun menang, kalian tidak boleh merasa puas dengan apa yang telah kalian raih. Kita haru tetap mempertahankan semangat kita. Karena pada umumnya, semangat di awal lebih kuat dibandingkan semangat di tengah dan di akhir. Maka dari itu, kita sebagai generasi penerus bangsa yang memiliki potensi sangat besar untuk sukses, penting bagi kita untuk meningkatkan semangat dan terus mempertahankan rasa semangat yang kita miliki. Karena sejatinya, semangat itu ajaib. Karena dengan semangat, kita bisa meraih prestasi yang lebih banyak dan lebih tinggi dari sebelumnya.

Hai teman-teman!! Perkenalkan namaku Nadya Zhafira, atau kerap dipanggil Zhafira. Zhafira lahir di kota Jember, tepatnya di tanggal 25 April 2009. Saat ini, Zhafira sedang duduk di kelas 10 MAN 1 Jember. Nah, sekian dulu perkenalan singkat dari aku. Kalau ingin mengenal lebih jauh tentang aku, kalian bisa hubungi aku di akun instagram @ndyazhfr atau bisa juga di akun email [email protected]. Stay healthy and stay happy yyaaa, see u semuaaa-!!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post