nadya zhafira

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Jaga Harga Dirimu dalam Pergaulan

Jaga Harga Dirimu dalam Pergaulan

Jaga Harga Dirimu dalam Pergaulan

Oleh : Nadya Zhafira

“Pergaulan Bebas”, ya kata itu mungkin sudah sering didengar akhir-akhir ini. Kata “bebas” disini dapat diartikan bahwa para remaja ini melakukan hal yang terlalu melewati batas seharusnya. Menurut para ahli, pergaulan bebas adalah kumpulan dari berbagai perilaku remaja yang tidak dapat diterima secara sosial hingga terjadi tindakan kriminal. Menurutku, apabila seorang remaja (apalagi pelajar) sudah terjerumus ke pergaulan bebas, remaja itu sudah sangat keterlaluan. Bahkan perlu dipertanyakan, apa tujuan remaja itu melakukan hal yang sudah diluar nalar.

Bagi pelajar yang telah melakukan itu, mungkin mereka belum tahu akibat kedepannya apabila ia melakukan hal yang sudah diluar nalar itu. Selagi mereka tidak merasakan akibatnya, para remaja yang telah melakukan hal itu pasti akan merasa kecanduan. Contoh pergaulan bebas tidak hanya seorang remaja yang telah hamil diluar nikah, akan tetapi contoh lainnya adalah ketika seorang remaja sudah mulai tertarik untuk meminum minuman yang beralkohol, berpacaran, membully, dan lain-lain.

Seiring dengan meningkatnya intensitas penggunaan media sosial dan sinetron yang bertema cinta-cintaan, kini pergaulan remaja mulai keluar batas. Akhir-akhir ini, warga Indonesia sedang dihebohkan dengan fenomena ratusan remaja yang diduga masih pelajar mengajukan pernikah dini. Hal ini dikarenakan banyaknya pelajar yang terjerumus ke dalam pergaulan bebas. Pengajuan pernikahan dini ini terpaksa mereka lakukan karena mereka sudah hamil dahulu sebelum menikah.

Contoh pergaulan bebas adalah ketika sekelompok remaja yang sedang berkumpul malam-malam atau bahkan saat dini hari. Perlu dipertanyakan apa yang telah mereka lakukan itu. Karena saya yakin, pasti mereka sudah melakukan hal-hal yang tidak seharusnya dilakukan oleh remaja. Remaja itu seharusnya fokus untuk belajar agar memiliki masa depan yang cerah.

Saya pernah melihat sekelompok remaja laki-laki dan seorang perempuan yang sedang nongkrong. Kejadian itu terjadi sekitar pukul setengah delapan malam di dekat perumahan saya. Saat itu, saya dan keluarga saya sedang mencari lauk untuk makan malam. Pada saat pertama kali saya melihat mereka, saya hanya berpikir jika mereka sedang berbicara untuk melepas penat, karena kebetulan malam itu adalah malam minggu.

Ketika saya hendak kembali untuk pulang, saya cukup terkejut ternyata sekelompok remaja laki-laki itu sedang membully seorang teman perempuannya itu. Saya yang melihat itu juga ikut cemas, karena disana hanya ada satu remaja perempuan yang sedang dibully itu. Terukir jelas raut cemas di wajah remaja perempuan itu. Saya melihat remaja perempuan itu hanya bisa pasrah ketika ia dibully oleh teman laki-lakinya itu. Saya yang melihat itu juga hanya bisa diam, karena saya takut dan juga saya tidak kenal dengan mereka.

Pendapat saya mengenai hal itu adalah, kita harus bijak dalam memilih teman agar mahkota kita sebagai wanita tidak hancur dan jangan sia-siakan waktu yang kita miliki. Jika saya menjadi perempuan yang dibully itu, sejak awal diajak untuk bermain dengan teman laki-laki, saya memilih untuk tidak ikut. Saya memilih untuk berdiam di rumah dan menghabiskan malam mingguku dengan belajar atau membaca buku agar bisa memperluas pengetahuan.

Dari kejadian ini, saya belajar bahwa sebagai seorang remaja perempuan, kita harus bisa menjaga diri agar harga diri kita sebagai seorang wanita tidak hancur hanya karena kita salah memilih pergaulan. Sebenarnya, semua wanita itu sama saja, namun yang membedakan hanyalah bagaimana cara kita merawat dan menjaga diri kita sebagai wanita. Sebagai seorang perempuan, tentunya kita tidak ingin dipandang rendah oleh laki-laki. Oleh karena itu, sudah menjadi kewajiban wanita untuk menuntut ilmu setinggi-tingginya, karena kelak kita akan menjadi seorang ibu yang akan ditiru oleh anak-anak kita nantinya.

Sejak duduk di bangku SMP, saya sudah memiliki salah satu orang yang menjadi motivasi belajar saya, yaitu Maudy Ayunda. Siapa sih yang nggak tahu sama Maudy Ayunda? Saya yakin seluruh anak muda bahkan kalangan orang dewasa juga pasti tahu dengan Maudy Ayunda. Maudy Ayunda adalah aktris, model, aktivis, penulis, dan penyanyi-penulis lagu berkebangsaan Indonesia. Ia masuk dalam daftar Forbes Asia 30 under 30 pada 2021 dan telah 13 kali dinominasikan Anugerah Musik Indonesia serta mendapatkan nominasi ganda Piala Citra pada FFI 2022.

Saya sangat takjub dengan kemampuan public speaking nya. Bukan hanya jago public speakingnya, wanita cantik yang satu ini juga belajar di Stanford University dan Oxford University. Maudy berhasil mendapat gelar B.A., M.A., M.B.A. Walaupun Maudy adalah seorang wanita, ia tetap gigih dan pantang menyerah untuk menyelesaikan pendidikannya.

Salah satu motivasinya yang saya terapkan dalam kehidupan sehari-hari saya adalah “Aku selalu melihat bahwa hidup itu berisikan kumpulan perjalanan-perjalanan kecil yang akan membawa kita ke self discovery masing-masing”. Artinya adalah kita tidak boleh insecure dengan orang lain, kita akan menemukan versi diri kita sendiri, karena sesungguhnya hidup itu jangan dilihat dari hasil yang telah kita capai, namun lihatlah dari proses yang telah kita lakukan untuk meraih hasil itu.

Oleh karena itu, kita sebagai remaja, sudah sepatutnya kita melaksanakan kewajiban kita sebagai seorang pelajar untuk belajar, bukan untuk melakukan hal-hal yang tidak penting atau bahkan terjerumus ke pergaulan bebas. Apabila kita mengisi masa muda kita dengan belajar, masa depan kita juga akan cerah dan terarah. Begitu juga sebaliknya, jika kita mengisi masa muda kita hanya dengan bermain tidak jelas, ya masa depan kita juga tidak jelas. Karena sejatinya, apa yang dilakukan generasi muda saat ini, akan menentukan masa depan Negara kita sendiri, Indonesia.

Hai teman-teman!! Perkenalkan namaku Nadya Zhafira, atau kerap dipanggil Zhafira. Zhafira lahir di kota Jember, tepatnya di tanggal 25 April 2009. Saat ini, Zhafira tengah duduk di bangku kelas 9 MTsN 2 Jember. Nah, sekian dulu perkenalan singkat dari aku. Kalau ingin mengenal lebih jauh tentang aku, kalian bisa contact aku di akun instagram @callmennaaa atau bisa juga di akun email [email protected]. Stay healthy and stay happy yyaaa, see u semuaaa-!!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post