NADIN ZUHROH ADIBAH

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

20 Mei 1908 , Hari kebangkitan Nasional , Berdirinya Budi Utomo.

20 Mei diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional yang merujuk pada berdiri nya organisasi Budi Utomo yang didirikan oleh Dr. Soetomo dan para mahasiswa school tot opleiding van indische artsen atau STOVIA pada tanggal 20 Mei 1908. Dr.Wahidin sudiruhusodo adalah tokoh yang menggagas berdirinya organisasi Budi Utomo. Ia memiliki keinginan meningkatkan martabat rakyat dan bangsa indonesia.

Gagas Dr. Wahidin sudiruhusodo mendapat perhatian dari Dr. Soetomo dan kawan-kawan. Dr.Soetomo beserta para pelajar STOVIA mendirikan perhimpunan Budi Utomo dengan tujuan mencerdaskan kehidupan berbangsa.

Anggota Budi Utomo

Keanggotaan Budi Utomo terbatas pada jawa dan madura yang kemudian meluas hingga ke bali. keanggotaan Budi Utomo tidak membatasi pada keturunan, kelamin atau agama sehingga memudahkan untuk bergabung pada organisasi ini. setelah diadakan nya kongres pertama di yogyakarta pada 1908, keanggotaan Budi Utomo bertambah menjadi 1.200 anggota. pada tahun 1920, organisasi Budi Utomo mulai menerima anggota dari masyarakat biasa.

Penetapan Hari Kebangkitan Nasional

Hari Kebangkitan Nasional diperingati setiap tanggal 20 Mei. Harkitnas ditetapkan pada tahun 1948 oleh soekarno. setiap tanggal 20 Mei diadakan upacara dalam rangka memperingati harkitnas di sekolah maupun instansi pemerintah.

Kesimpulan nya , makna yang kebangkitan nasional pada tahun 1908 dalam perjuangan kemerdekaan indonesia adalah bangkitnya semangat, nasionalisme, persatuan, kesatuan, dan kesadaran rakyat indonesia sebuah bangsa.

sumber dari : 20 Mei 1908, Hari Kebangkitan Nasional, Berdirinya Budi Utomo https://sma13smg.sch.id/materi/20-mei-1908-hari-kebangkitan-nasional-berdirinya-budi-utomo/

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post